Berkunjung ke SMA Negeri 4 Sungai Raya Menjelang UNBK 2019

Pertemuan secara tidak sengaja dengan salah seorang guru dari Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sungai Raya ketika sedang akan mengurus proses Lapor SPT di KPP Mempawah membuat Blogger Borneo tahu bahwa ternyata di Kabupaten Kubu Raya ada sekolah ini.

Jujur saja, sebagai salah seorang warga Kabupaten Kubu Raya yang sudah sekian puluh tahun berdomisili, sepertinya baru inilah ada mendengar nama sekolah menengah atas negeri ini. Sempat berbincang sebentar dengan Sang Guru tersebut pada saat bertemu di KPP Mempawah, Blogger Borneo pun meminta informasi mengenai lokasi dimana SMA Negeri 4 Sungai Raya ini berada.

SMA NEGERI 4 SUNGAI RAYA

Karena kebetulan memiliki misi untuk melakukan sosialisasi Lembaga Pendidikan Bisnis Administrasi Indonesia (LPBAI) yang diemban kali ini, maka beberapa hari setelah pertemuan tersebut, Blogger Borneo langsung melakukan kunjungan ke SMA Negeri 4 Sungai Raya. Adapun maksud dan kunjungan perdana ini adalah melakukan silaturahim dulu kepada pihak sekolah.

Tepat pada hari Kamis, 21 Maret 2019 menjelang tengah hari Blogger Borneo melakukan kunjungan. Meskipun awalnya sempat bingung mencari jalan menuju sekolah ini, Alhamdulillah berkat bantuan dari beberapa orang di jalan, akhirnya bisa tiba di SMA Negeri 4 Sungai Raya dengan selamat.

Kesan Pertama Begitu Terkesima

Begitu sampai di pelataran parkir sekolah yang dibangun 5 (lima) tahun lalu ini, Blogger Borneo langsung teringat dengan kondisi ketika bersekolah di SMP Negeri 5 yang terletak di Jalan Parit Haji Husin II. Melihat sekeliling hanya tampak hamparan tanah lapang gambut yang ditumbuhi semak dan padang ilalang. Jarak yang ditempuh juga cukup lumayan sebenarnya, butuh semangat lebih untuk dapat belajar di sekolah ini.

Dewan Guru SMA Negeri 4 Sungai Raya
Image: Kemdikbud.Go.Id

Penampakan diatas merupakan foto yang diperoleh dari laman sekolah.data.kemdikbud.go.id untuk SMA Negeri 4 Sungai Raya. Setelah sempat melapor kepada guru piket yang sedang berjaga, Blogger Borneo pun meminta ijin untuk dapat bertemu Kepala Sekolah. Alhamdulillah meski Kepala Sekolah sedang tidak berada di tempat, masih dapat bertemu dengan Wakil Kepala Sekolah yang mewakili.

Kebetulan pada saat Blogger Borneo berkunjungan, para siswa kelas XII sedang melaksanakan Ujian Sekolah. Jadi sudah dapat dipastikan proses sosialisasi tidak bisa dilakukan. Intinya pihak sekolah melalui Wakil Kepala Sekolah nya merasa tidak keberatan dengan apa yang hendak Blogger Borneo sampaikan. Ya siapa tahu diantara para siswa kelas XII ini ada berminat mendaftar di LPBAI Pontianak.

Kondisi Salah Satu Bangunan Terkena Angin Puting Beliung Beberapa Waktu Lalu
Image: Dok. Pribadi

Sosialisasi LPBAI Pontianak

Alhamdulillah pada kunjungan silaturahim perdana ke SMA Negeri 4 Sungai Raya ini, pihak sekolah menyambut baik dengan memberikan kesempatan kepada Blogger Borneo untuk menyampaikan maksud dan tujuannya. Oleh karena itu, seminggu kemudian, tepatnya di hari Rabu (27/03/2019) mereka memberikan kesempatan untuk melakukan sosialisasi ke para siswa XII.

Karena waktu yang diberikan hanya dari jam 07.00 – 08.40 WIB, maka Blogger Borneo sudah harus meluncur dari rumah sekitar jam 06.30 WIB. Tak lama tiba di lokasi tujuan, terdengar bunyi bel masuk kelas. Lingkungan sekolah pun langsung tampak sunyi karena para siswanya sudah masuk ke kelasnya masing-masing.

Kelas XII IPA dan IPS

Sebelum masuk ke kelas, koordinasi dengan guru dilakukan. Sesuai jadwal, para siswa XII sudah dikumpulkan dalam satu ruangan yang letaknya berada di bagian belakang sekolah. Dengan diantar oleh salah seorang siswa, Blogger Borneo pun berjalan menuju ruangan kelas tersebut. Hingga akhirnya tiba di depan pintu masuk kelas……

Wefie dengan Siswa Kelas XII SMA Negeri 4 Sungai Raya
Image: Dok. Pribadi

Tampak wajah ceria langsung terpancar dari para siswa yang sudah menanti kehadiran Blogger Borneo di ruangan kelas. Sambil duduk bersila di lantai, para siswa kelas XII jurusan IPA dan IPS ini menjawab salam dengan penuh semangat. Ya tidak terasa beberapa hari kedepan mereka akan menghadapi UNBK 2019. Tentu saja pembahasan sosialisasi yang akan dibawakan pagi hari ini tidak harus terkesan resmi dan formal. Cukup dibawa santai dan intinya mereka bisa menangkap apa yang disampaikan.

Secara umum, Blogger Borneo memaparkan mengenai apa itu LPBAI Pontianak dan jurusan pendidikan apa saja yang ada didalamnya. Materi sosialisasi awal yang disampaikan adalah bagaimana angka pertumbuhan calon tenaga kerja setiap tahunnya terus bertambah, sedangkan angka lapangan pekerjaan asumsinya dianggap tetap (tidak ada perubahan).

Setiap tahunnya, lembaga pendidikan negeri maupun swasta setingkat D3 dan S1 di Kalimantan Barat meluluskan ribuan mahasiswa/i nya dengan berbagai latar belakang jurusan pendidikan. Entah berapa banyak dari para lulusan ini yang diserap di dunia kerja di Kalimantan Barat, setidaknya angka lulusan ini tiap tahunnya akan terus bertambah dan bertambah.

LPBAI PONTIANAK MEMBERIKAN SOLUSI

Nah di kondisi ini, LPBAI Pontianak masuk ke Kalimantan Barat dengan tujuan memberikan solusi bagi para lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin dapat langsung mendapatkan pekerjaan begitu selesai menempuh program pendidikan intensif selama 6 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun. Secara detail, informasi mengenai program studi yang ada bisa dilihat di website resmi www.lpbai-pontianak.com.

Jika memang sejak awalnya punya keinginan bisa langsung bekerja, maka LPBAI Pontianak adalah pilihan yang tepat. Sebagai salah satu lembaga pendidikan dengan jaringan perusahaan se-Indonesia, LPBAI Pontianak berani memberikan GARANSI UANG KEMBALI jika pada saat selesai menempuh pendidikan tidak mendapatkan pekerjaan.

Tentu saja karena jaringannya bersifat nasional, maka para lulusan nantinya harus bersedia ditempatkan dimana saja. Dan perlu diperhatikan bahwa program pendidikan LPBAI Pontianak sifatnya adalah Non Akademik, jadi tanda kelulusannya bukan berupa gelar atau ijazah melainkan dalam bentuk sertifikat. Hanya saja jika nantinya punya keinginan untuk melanjutkan kuliah, dapat dilakukan proses konversi ke jalur pendidikan Strata 1 (S1) melalui Universitas yang sudah bekerjasama dengan LPBAI.

Persiapan Menghadapi UNBK 2019

Tidak terasa satu jam berlalu, karena waktu yang diberikan sudah mendekati tenggat maka Blogger Borneo memberikan kesimpulan bahwa Hidup adalah Pilihan (Life is Choice) dan Sukses merupakan Buah dari Kerja Keras dan Do’a. Mindset kita akan menentukan kemana arah tujuan hidup kita nantinya. Oleh karena itu harus sudah dipersiapkan dan direncanakan mulai dari sekarang. Tidak lupa sebelum meninggalkan ruangan kelas, Blogger Borneo membuat video singkat. Penasaran isi video singkatnya seperti apa??? Lihat saja langsung dibawah ini yah…

Sekian tulisan hasil liputan Blogger Borneo ketikan berkunjung ke SMA Negeri 4 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Semoga tulisannya cukup seru dan bagi sekolah-sekolah yang juga berminat untuk dikunjungi dapat langsung menghubungi 0811-56-1982 (Telp/WA). Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya… (DW)

Denah Lokasi SMA NEGERI 4 Sungai Raya

Referensi:

  • http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/74174033-64DF-44F4-B77F-ADDC0095CC97
  • https://unbk.kemdikbud.go.id/jadwal

 

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More