Kegiatan Sosialisasi Dosen Ngeblog UNTAN Tahun 2020 Undang 2 Orang Blogger Pontianak Sebagai Narasumber

Dalam rangka kegiatan Sosialisasi Gerakan Dosen Nge-Blog, maka pihak penyelenggara dari Tim Pemeringkatan Universitas Tanjungpura Pontianak mengundang 2 (dua) orang Blogger Pontianak sebagai Narasumber. Hal ini dilakukan demi memberikan motivasi bagi para Dosen UNTAN untuk menulis di media blog.

Assalamualaikum Bang Dwi. Kami rencana mau adakan kegiatan sosialisasi Dosen Ngeblog UNTAN pada tanggal 4 maret dari jam 9-12 siang. Bang Dwi sudah ade jadwal di waktu diatas? Rencana mau undang Bang Dwi menjadi salah seorang narasumber. Konsepnya talkshow. Tujuannya untuk memotivasi dosen-dosen se-UNTAN agar punya semangat ngeblog.

Kalimat diatas merupakan kutipan percakapan singkat dari Ketua Gerakan Dosen Ngeblog UNTAN, Ikhwan Ruslianto S.Kom, M.Cs dengan Blogger Borneo di akhir bulan Februari 2020. Alhamdulillah meski sempat mengalami penjadwalan ulang, akhirnya kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Rabu, 11 Maret 2020.

Dosen Ngeblog UNTAN

Bermodalkan kemeja batik dengan pasangan celana kain cingkrang berwarna hitam, Blogger Borneo telah mempersiapkan diri sejak pagi hari. Sudah lama tidak manggung, perasaan jadi agak canggung. Entah kapan terakhir Blogger Borneo tampil di hadapan para audience, hanya diri ini dan Allah yang tahu.

Melihat penunjuk waktu di pergelangan tangan, sudah mendekati jam 10 pagi. Berdasarkan rundown yang diberikan pihak panitia sehari sebelumnya, sesi talkshow akan dimulai dari jam 10 pagi sampai menjelang Dzuhur. 10 menit berselang, mobil Toyota Agya yang masih ber plat putih pun masuk pelataran parkir di dekat lokasi pelaksanaan kegiatan.

“Bro, posisi detail ruangan dimana? Ane udah sampai di samping Gedung Konferensi nih.” tanya Blogger Borneo singkat via pesan WhatsApp.

“Lantai 2 Bang, langsung naik lift aja dari lantai dasar.” Bro Ikhwan merespon cepat.

Blogger Borneo langsung bergegas menuju lift yang dimaksud dan langsung memencet tombol 2. Sekejap lift tersebut bergerak naik ke atas.

Maksud dan Tujuan

Memasuki pintu utama, Bro Ikhwan pun langsung menyambut sambil mempersilakan untuk menempati kursi paling depan. Sekilas ruangan yang didesain seperti teater tersebut tampak cukup besar dan elegan. Setengah ruangan sudah terisi oleh para dosen dari semua fakultas yang diundang secara khusus.

Pada saat Blogger Borneo datang, sesi kata sambutan dari Ketua Panitia Kegiatan Sosialisasi Dosen Ngeblog UNTAN, Syamsul Bahri S.Kom, M.Cs sedang berlangsung. Meskipun tidak mengikuti sejak awal, namun secara garis besar dapat diketahui bahwa kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan untuk memancing minat dan motivasi para dosen untuk dapat menulis melalui media blog.

Kata Sambutan Ketua Panitia Kegiatan
Image: Facebook.Com/Tegams

Menurut penyampaian dari Bro Ikhwan, Gerakan Dosen Ngeblog UNTAN ini sengaja dibuat sebagai salah satu cara untuk dapat memperluas informasi mengenai keberadaan Universitas Tanjungpura Pontianak di Indonesia khususnya di dunia maya.

Dan kegiatan ini termasuk dalam salah satu rangkaian dari beberapa kegiatan lainnya. Salah satu kegiatan lain yang juga sedang dilaksanakan sekarang adalah Lomba Blog UNTAN Terbaru Tahun 2020 dengan tema UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University. Alhamdulillah meski sempat vakum di tahun lalu karena sedang fokus proses pemilihan rektor baru, maka di tahun ini kegiatan ini dilaksanakan kedua kalinya.

Narasumber Blogger Pontianak

Selain Blogger Borneo, panitia penyelenggara juga mengundang Bang Musa Amin sebagai narasumber. Sepertinya pihak panitia sengaja mengundang 2 (dua) orang praktisi blog dengan latar belakang aktivitas keseharian yang berbeda.

Untuk Bang Musa sendiri, Beliau merupakan seorang dosen di IAIN Pontianak. Sedangkan Blogger Borneo sendiri merupakan seorang pekerja yang untuk saat ini dipercaya memegang Divisi Olahan dan Franchise di perusahaan produsen Bakso Halal Pontianak yaitu Borneofood Indotama.

Narasumber Kegiatan Sosialisasi Dosen Ngeblog UNTAN

Selama kurang lebih 1 (satu) jam talkshow, kedua orang blogger Pontianak ini saling berbagi ilmu dan pengalaman mengenai bagaimana kisah awal mulanya ngeblog dan bagaimana bisa terus dan tetap eksis update blog sampai detik ini.

Perjalanan Satu Dasawarsa

Khusus Blogger Borneo sendiri, tidak ada cerita lain yang disampaikan selain perjalanan satu dasawarsa mengelola BloggerBorneo.Com.

Membuat Blog Itu Mudah, Namun Tidak Semudah Mengelolanya

Kalimat diatas menjadi paragraf pembuka ketika Blogger Borneo bercerita singkat bagaimana BloggerBorneo.Com lahir di pertengahan tahun 2009. Memang bukan waktu yang sebentar namun sepuluh tahun berlalu tanpa terasa. Alhamdulillah BloggerBorneo.Com sudah menjadi apa yang seperti diimpikan satu dasawarsa lalu.

Menulis Sesuai Hobi

Ketika ditanya mengenai tips bagaimana bisa tetap terus eksis dan semangat menulis di blog, Bang Musa Amin menjelaskan bahwa dirinya menulis sesuai hobinya selama ini. Memang jika dilihat melalui blognya yang beralamat di musaamin.web.id, tulisan-tulisan yang ada berisikan hasil ujicobanya dalam mempraktekkan bahasa-bahasa pemrograman.

Masalah rejeki dari blog jangan terlalu dipikirkan, Insya Allah jika tulisan yang dibuat dapat memberi solusi bagi orang lain maka rejeki akan datang dengan sendirinya. Alhamdulillah Beliau telah beberapa kali dihubungi pihak-pihak yang merasa butuh bantuan untuk menyelesaikan masalah terkait bahasa pemrograman.

Peserta Undangan Kegiatan Sosialisasi Gerakan Dosen Ngeblog UNTAN
Image: Dok. Pribadi

Hal yang sama diutarakan juga oleh Blogger Borneo. Menulis sesuai hobi merupakan langkah yang paling mudah sebenarnya. Tinggal bagaimana kita dapat menuangkan semua aktivitas hobi tersebut menjadi sebuah kalimat.

Actual Content Creator

Blogger Borneo dalam penyampaian materinya juga memberikan sebuah penegasan bahwa sebenarnya para dosen itu merupakan seorang konten kreator karena mereka memiliki akses langsung untuk mendapatkan sumber informasi yang cukup kredibel dan terpercaya.

“Jujur saja, saya sebenarnya iri dengan dosen karena bisa menulis tanpa perlu kuatir kehabisan kata-kata. Kalau soal trafik ga perlu kuatir deh, tinggal buat tugas kuliah dan publikasikan di blog. Jika punya 100 orang mahasiswa, otomatis akan ada 100 kunjungan. Sekarang bagaimana jika mahasiswanya mencapai 1000 orang. Wah… bisa kalah jumlah kunjungan per hari BloggerBorneo.Com kalau begitu.” demikian Blogger Borneo memberikan insight kepada para dosen yang hadir pada saat itu.

Jadi sebenarnya tidak cukup sulit untuk membuat konten, bisa dalam bentuk tulisan ataupun video. Ambil referensi yang ada, tuliskan menggunakan bahasa sendiri, dan langsung publikasikan itu ke media blog yang dimiliki. Secara otomatis kita sudah memiliki hak karya cipta dan jika itu memiliki nilai manfaat bagi orang, Insya Allah akan dapat menjadi sumber ladang amal jariyah nanti. Amin…

Penutup

Tidak terasa waktu berjalan cepat, sesi acaranya yang sebelumnya diperkirakan hanya 60 menit saja ternyata harus diperpanjang setengah jam lagi. Ternyata para dosen undangan cukup antusias dan tertarik untuk ikut serta dalam Gerakan Dosen Ngeblog UNTAN Tahun 2020.

Untuk tahapan selanjutnya, tim penyelenggara akan melakukan proses pendaftaran dimana nantinya para dosen yang telah masuk database akan diberikan pelatihan dasar dan pendampingan dalam membuat tulisan di platform blog yang akan disiapkan khusus.

Demi menambah semangat para dosen yang ikut serta, Universitas Tanjungpura akan memberikan reward dalam bentuk uang tunai dalam jumlah nominal tertentu bagi para dosen ngeblog UNTAN yang aktif menulis dan memiliki rating baik selama periode penilaian. Semakin mantappp…

Di sesi penutup, Blogger Borneo mengucapkan terima kasih banyak atas undangan untuk menjadi salah seorang narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Gerakan Dosen Ngeblog UNTAN Tahun 2020. Cukup merasa senang bisa diajak untuk dapat berbagi ilmu dan pengalaman ke almamater sendiri. Semoga bermanfaat untuk semua. Amin Ya Rabb… (DW)

4 Komentar
  1. whandi says

    Saye sebagai peserta… cukup menginspirasi dan membuat pola pikir ttg blog berkembang. semoga dengan para doses untan juga begitu

    1. Dwi Wahyudi says

      Padahal waktu di venue saye cari2 Abang kemane, rupenye tak kelihatan. 😀

  2. Irwan says

    Menarik pesan-pesannya. Saya kebetulan hadir sebagai peserta di acara Sosialisasi Dosen Nge-blog. Pembicaranya oke punya dan punya segudang pengalaman.

    1. Dwi Wahyudi says

      Alhamdulillah senang bisa diundang untuk berbagi pengalaman ke kawan2 di UNTAN.

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More