3 Aturan Penting dalam Mengkonsumsi Suplemen Zat Besi

"Suplemen zat besi, juga dikenal sebagai garam besi dan pil besi, adalah sejumlah formulasi zat besi yang digunakan untuk mengobati dan mencegah kekurangan zat besi termasuk anemia defisiensi besi." - Wikipedia

Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan cegah anemia tentunya sudah sangat diketahui, senyawa yang satu ini digunakan sebagai bahan dalam pembentukan sel darah merah, dimana ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah ini tentunya akan memicu berbagai macam kondisi kesehatan, termasuk diantaranya adalah anemia, akan semakin parah jika seandainya dalam kondisi hamil, karena rentan juga menyebabkan keguguran.

Sehingga tidak heran jika seandainya wanita sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan zat besi hariannya dengan cara mengkonsumsi suplemen zat besi ini. Apalagi di pasaran sendiri ada banyak sekali yang menjualnya, lebih praktis dibandingkan mengkonsumsi beberapa asupan makanan kaya zat besi, yang terkadang jumlahnya belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian.

Suplemen Zat Besi

Meskipun cukup praktis, namun hendaknya Anda juga harus tahu bagaimana aturan dalam mengkonsumsi suplemen zat besi semacam ini, karena jika berlebihan juga berbahaya untuk tubuh, diantaranya adalah:

  1. Memperhatikan dosis yang dikonsumsi dan juga waktu minumnya, orang dewasa umumnya membutuhkan zat besi dengan dosis 100 hingga 200 mg saja, diminum 2 kali sehari, namun dalam beberapa kondisi tertentu kebutuhan Anda juga akan meningkat, sehingga lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

  2. Menghindari beberapa jenis makanan tertentu saat mengkonsumsi suplemen ini. karena bisa memicu beberapa gangguan kesehatan seperti mual, muntah bahkan juga diare. Sebaiknya jangan konsumsi suplemen ini bersamaan dengan produk olahan susu, telur, teh, kopi, roti gandum ataupun obat maag.

  3. Lebih efektif jika diimbangi dengan konsumsi suplemen vitamin C, karena vitamin yang satu ini nantinya dapat meningkatkan proses penyerapan zat besi kedalam tubuh. Sehingga manfaat yang bisa dirasakan nantinya juga jauh lebih optimal.

Pastikan juga untuk membatasi asupan makanan yang juga kaya akan zat besi jika sudah mengkonsumsi suplemennya, karena hal ini hanya akan membuat Anda kelebihan senyawa tersebut dalam tubuh. Kenali juga pentingnya probiotik untuk kesehatan saluran cerna, dimana bakteri baik ini bekerja untuk meningkatkan sistem imuns di dalam tubuh. (ADV)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More