BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Advertisement

6 Persiapan Awal yang Harus Dilakukan Sebelum Bekerja di Jepang

Jepang merupakan sebuah negara kepulauan di Asia Timur yang lokasinya terletak di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea Selatan, serta Rusia.

Jepang disebut sebagai negara kepulauan karena terdiri dari 6.852 pulau. Diurutkan dari utara ke selatan, pulau-pulau utama yang ada di Jepang antara lain: Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau besar ini.

Bekerja di Jepang

Hampir semua pulau di Jepang bergunung-gunung dimana sebagian diantaranya masuk kategori gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji dan merupakan sebuah gunung berapi.

Jumlah penduduk Jepang adalah 128 juta orang, angka ini menempatkan Jepang berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Untuk ibu kotanya sendiri, secara de facto kota Tokyo yang dipilih dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur.

Tokyo Raya menjadi sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.

Persiapan Awal Bekerja

Banyak diantara kita berkeinginan untuk dapat bekerja di negara Jepang karena gajinya besar, suasana negaranya nyaman dan kaya akan budaya, serta banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi.

Mungkin diantara para pembaca ada yang bertanya syarat-syarat apa saja yang harus dipersiapkan jika kita ingin bekerja di Jepang. Untuk lebih jelasnya langsung saja dibaca dan dipahami pemaparan mengenai syarat bekerja di Jepang berikut ini:

Baca Juga:  Bu Niar, Sosok Guru Honorer Pedalaman Indragiri Hulu Riau

1. Belajar Bahasa Jepang

Tentu saja bisa berbahasa Jepang menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin bekerja di negeri Sakura ini. Kita bisa mengikuti kelas-kelas pelatihan maupun kursus yang sifatnya umum, salah satu contohnya adalah kursus bahasa Jepang di Pontianak.

Saat berada di Jepang, kita akan lebih banyak berkomunikasi dengan orang-orang Jepang yang masih menggunakan bahasa mereka sendiri. Mereka akan merasa lebih nyaman untuk berbicara menggunakan bahasa Jepang karena sepertinya masih banyak warga sana yang belum mahir bahasa Indonesia.

2. Sehat Jasmani dan Rohani

Jepang merupakan negara dengan 4 (empat) musim. Terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan wilayah bagian selatan.

Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropis.

Kondisi iklim seperti ini mengharuskan kita memiliki fisik yang sehat secara jasmani maupun rohani karena disini kita akan bekerja, bukan berwisata. Tentu saja jika bekerja maka waktu tinggalnya akan lebih lama, minimal setahun atau lebih.

3. Mengurus Paspor dan Visa

Bekerja di negara Jepang tentu saja harus mengurus segala bentuk perizinan yang dibutuhkan sebelum berangkat kesana. Hal pertama yang umum harus dipersiapkan adalah paspor dan visa.

Visa adalah sebuah rekomendasi yang diberikan kepada warga negara asing untuk dapat masuk ke negara Jepang dan bukan berarti izin mutlak atau jaminan untuk dapat masuk ke negara Jepang.

Keputusan terakhir untuk dapat masuk atau tidak ke negara Jepang akan diberikan oleh pihak Imigrasi Jepang pada saat mendarat di Jepang.

Visa Kerja Khusus

Nah karena disini tujuan kita adalah ingin bekerja di Jepang, maka visa yang harus dimiliki adalah visa kerja khusus atau dalam bahasa Jepangnya disebut Tokutei Ginou.

Visa Kerja Khusus harus dimiliki oleh para pendatang dengan status Pekerja Berketrampilan Spesifik (Specified Skilled Worker). Untuk mengurusnya bisa langsung melalui website Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Baca Juga:  Sosok Bung Ben, Maju Sebagai Calon DPD RI Kalbar 2019 dengan Gagasan Reformasi Intitusi

4. Mengurus Asuransi Perjalanan

Jangan lupa mengurus asuransi perjalanan keluar negeri, hal ini sangat disarankan atas beberapa pertimbangan, sebagai berikut:

  • Asuransi perjalanan luar negeri akan membuat Anda merasa aman apabila terjadi keadaan darurat, dan Anda dapat menikmati perjalanan Anda.
  • Biaya perawatan medis bisa sangat tinggi di Jepang. Jika asuransi perjalanan yang Anda miliki memberikan perlindungan yang meliputi perawatan medis yang memadai, Anda dapat menjalani perawatan tanpa rasa khawatir.

Tips: Pilih asuransi perjalanan luar negeri yang memberikan informasi mengenai pelayanan rumah sakit, jasa penerjemah kesehatan, maupun perawatan medis tanpa harus membayar tunai.

5. Memiliki Dana Cukup

Nah, untuk syarat ini sebenarnya tergantung mekanisme apa yang digunakan pada saat akan bekerja ke Jepang. Apakah mekanisme mandiri atau melalui pihak penyalur resmi calon tenaga kerja ke Jepang seperti AyokeJepang.Com.

Jika mekanisme mandiri maka dana yang dimiliki sendiri harus dipersiapkan cukup sebelum hari keberangkatan, tentu saja nominalnya dalam bentuk mata uang Yen. Sedangkan jika melalui AyokeJepang.Com, secara detail akan dijelaskan pada tulisan tersendiri yang berjudul Program Pelatihan Kerja ke Jepang Resmi Bergaransi dan Pasti Berangkat.

6. Informasi Orang Dikenal

Bagi yang baru pertama kali berangkat ke Jepang, diusahakan memiliki informasi seperti seseorang atau kenalan yang tinggal di Jepang. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Meskipun sebenarnya Jepang sendiri cukup dikenal sebagai negara yang ramah, aman, nyaman, dan bersahabat bagi siapa saja yang datang berkunjung, akan tetapi setidaknya pada saat menjejakkan kaki pertama kali kita tidak perlu bingung mau menuju kemana dan akan menginap dimana.

Gaji Kerja di Jepang

Diantara negara-negara yang memberikan gaji tertinggi di Asia, salah satunya adalah Jepang. Jepang seringkali menawarkan kesempatan untuk tenaga asing bisa bekerja di perusahaan Jepang, dengan gaji yang besar.

Baca Juga:  Mahyeldi Ansharullah, Berlian dari Sumatera Barat

Akan tetapi, sebelum kita tahu berapa besaran gaji yang akan kita terima ketika bekerja di Jepang, kita harus melihat terlebih dulu mengenai seluk beluk dan sistem pembayaran gaji di Jepang. Angka minimal gaji yang bisa diperoleh ketika bekerja di Jepang adalah sekitar 20 juta rupiah.

Nah gimana setelah melihat jumlah besaran gaji bekerja di Jepang, cukup menggiurkan bukan??? Sekarang bagi yang berminat dan ingin mencoba tantangan bisa langsung mulai searching informasi mengenai lowongan pekerjaan di Jepang terbaru tahun ini.

Atau bagi yang ingin melalui jalur khusus bisa dengan mengikuti Pelatihan Kerja ke Jepang yang diselenggarakan oleh AyokeJepang.Com. (DW)

Advertisement

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Indonesia Website Awards