Inilah 3 Tempat Wisata Ciamis dan Pangandaran yang Wajib Kamu Datangi

Tempat Wisata Ciamis dan Pangandaran – Ciamis merupakan kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat dan dikenal sebagai daerah yang paling banyak pemekaran wilayah. Misalnya saja Kecamatan Banjar yang kini sudah berubah menjadi pemerintahan kota atau berdiri sendiri pada tahun 2002. Setelah itu Pangandaran yang turut menjadi wilayah pemekaran yang saat ini bernama Kabupaten Pangandaran.

Dengan berpisahnya Pangandaran menjadi daerah otonom baru, membuat Kabupaten Ciamis kini tidak memiliki garis pantai. Namun begitu, Ciamis masih memiliki wisata alam dan wisata budaya yang masih menjadi daya tarik wisatawan. Terlebih, Ciamis memiliki peninggalan sejarah Kerajaan Galuh yang menambah kekayaan wisata budayanya.

TEMPAT WISATA CIAMIS

Nah, kali ini kami akan mengulas tentang tempat wisata Ciamis dan Pangandaran yang dirangkum dari berbagai sumber Berita Ciamis. Tempat wisata ini benar-benar menarik dan sayang apabila dilewatkan ketika tengah berlibur ke Kabupaten Ciamis.

Apabila anda berkunjung ke Ciamis wajib datang ke Situ Lengkong Panjalu. Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.

Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu sendiri adalah sebuah danau yang memiliki luas kurang lebih sekitar 57,95 hektar. Di tengah danau terdapat pulau kecil yang diberi nama Nusa Gede yang memiliki luas 9,25 hektar. Di kawasan Nusa Gede pun terdapat hutan lindung, makam keturunan Raja Panjalu dan beberapa peninggalan purbakala.

Di pulau Nusa Gede konon dulunya merupakan pusat pemerintahan kerajaan Panjalu atau berjaya pada abad ke 7. Pulau ini juga berfungsi sebagai benteng pertahanan. Di pulau ini terdapat makam penyebar agama islam yaitu Mbah Panjalu. Di Nusa Gede juga terdapat ratusan pohon yang tumbuh rindang, sehingga pengunjung akan merasa nyaman saat bersantai di pulau yang satu ini.

Curug Tujuh

Tempat wisata Ciamis yang kedua adalah Curug Tujuh. Tempat wisata ini masih berada di Kecamatan Panjalu. Tidak hanya namanya yang populer, tapi juga destinasi wisata ini benar-benar menyuguhkan tempat yang sangat menarik. Sama seperti namanya, Curug Tujuh artinya air terjun yang berunduk-unduk dengan tingkatan sampai 7 tingkat.

Tiap tingkatannya, memiliki nama masing-masing, yakni Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik dan di tingkatan paling atas diberinama Curug Cibuluh. Curug tujuh sendiri berada di ketinggian 800-900 mdpl. Tekstur tanahnya berbukit dengan suhu udara 17 sampai 18 derajat celcius.

Tentunya suhu udaranya sangat sejuk. Apabila ingin menikmati keindahan tujuh curug ini, kamu harus naik ke bukit dengan jalanan setapak yang sekelilingnya terdapat hutan pinus milik Perum Perhutani.

Mega Wisata Icakan

Tempat wisata Ciamis yang ketiga adalah Mega Wisata Icakan. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengajak keluarga berlibur. Mega wisata ini cukup populer di Ciamis. Destinasi wisata ini memiliki konsep lembah yang ditata dengan sangat apik, sehingga hasil pemandangan di tempat ini sangat memanjakan mata para pengunjung.

Mega Wisata ini memiliki lahan yang sangat luas, yakni mencapai 35 hektar. Namun area yang digunakan sebagai tempat wisata hanya seluas 15 hektar. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Lokasinya berada di kaki Gunung Syawal yang punya udara pegunungan sejuk dan kontur tanah berbukit.

Apabila berkunjung ke tempat ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah di sekelilingnya. Tidak hanya itu, di lokasi ini pun memiliki daya tarik utama, yaitu banyak wahana rekreasi yang menarik. Jadi, kamu bisa berlama-lama menikmati berbagai permainan wisata air.

Tempat Wisata Ciamis
Gerbang Selamat Datang Kabupaten Ciamis. Foto: SitusBudaya.Id

TEMPAT WISATA PANGANDARAN

Apabila sudah mengunjungi 3 tempat wisata Ciamis, tidak ada salahnya kamu berkunjung juga ke beberapa destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran. Jarak Ciamis-Pangandaran cukup dekat atau hanya memakan waktu sekitar 2 jam menggunakan kendaraan.

Di Pangandaran, terdapat objek wsiata Green Canyon. Tempat wisata ini menyuguhkan keindahan alam pinggiran sungai dengan menggunakan perahu kayu. Harga sewa perahu cukup terjangkau atau berkisar puluhan ribu per orangnya. Dengan mengunjungi tempat wisata ini, kamu bisa merasakan petualangan yang seru dan tentu menyejukkan pikiran.

Green Canyon

Di sepanjang perjalanan menyusuri sungai, pengunjung bisa melihat keindahan alam Green Canyon. Suasana pemadangan ini langka dijumpai di daerah lain. Konon nama Green Canyon diambil dari tempat wisata di benua Amerika. Karena keindahan alamnya menyerupai dengan objek wisata di sana.

Di kawasan sungai Green Canyon terdapat kawasan hutan yang pepohonannya rimbun. Selain itu, aliran sungainya pun jernih berwarna hijau. Pengunjung bisa bermain body rafting di aliran sungai dengan ditambah permainan loncat dari atas tebing ke aliran sungai.

Sungai Citumang

Selain Green Canyon, di Pangandaran juga terdapat objek wisata Sungai Citumang. Objek wisata alam ini punya daya tarik tersendiri. Yaitu memiliki air yang membelah hutan jati dengan kejernihan air yang sangat bening berwarna hijau kebiruan.  Tepian sungai yang ada di wisata ini terdiri dari ornamen padas yang relungnya dihiasi relief alami dan dialiri juga dengan aliran sungai yang dapat menembus ke dalam goa. Kondisi itu tentu membuat wisata ini semakin eksotis.

Di wisata ini juga pengunjung dapat merasakan keheningan alam dengan kicauan burung dan gemercik air sungai. Terdapat juga semilir angin yang menyelinap dari pepohonan rindang. Objek wisata ini cukup berdekatan dengan pantai Pangandaran atau hanya berjarak sekitar 15 km ke arah barat tepatnya 4 km dari jalan raya Pangandaran-Cijulang.

Semoga ulasan singkat tentang artikel mengenai tempat wisata Ciamis ini dapat memberikan manfaat untuk teman-teman yang ingin berwisata ke Kabupaten Ciamis. (ADV)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More