Tips Merawat Blog, Rutin Mengecek Broken Link dan Memperbaikinya

Proses perpindahan hosting yang kurang sempurna beberapa waktu lalu menyebabkan Blogger Borneo harus kehilangan kurang lebih 200 tulisan yang dibuat dalam rentang waktu dari tahun 2009 hingga saat ini. Dan salah satu efek yang paling terasa adalah bertambahnya jumlah broken link di blog.

Sesuai terjemahannya, yang dimaksud dengan broken link adalah tautan yang putus atau rusak dikarenakan tulisannya sudah terhapus atau domain blognya sudah expired. Secara teknis, keberadaan broken link ini secara tidak langsung akan berdampak pada kualitas dan bobot blog kita di mata Google karena akan dianggap telah melakukan tindakan manipulasi.

Sampai detik ini, satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan broken link tersebut adalah dengan menghapusnya dari dalam blog kita. Broken link ini bisa bersumber dari eksternal ataupun internal.  Dari dua faktor ini, munculnya broken link pada umumnya berasal dari faktor eksternal karena sangat sulit untuk melakukan pengawasan. Biasanya link yang disertakan seseorang ketika berkomentar di salah satu tulisan kita sudah expired dalam artian domain tersebut sudah mati dan tidak diperpanjang lagi oleh pemiliknya.

CEK BROKEN LINK

Sekarang bagaimana cara untuk memeriksa apakah blog kita mengandung broken link atau tidak? Nah, disini Blogger Borneo mendapat informasi dari salah satu tulisan miliknya Mbak Rahmah, salah seorang blogger dari Makassar. Coba perhatikan pada kata Mbak Rahmah, Blogger Borneo menautkannya dengan link domain miliknya Beliau yaitu www.chemistrahmah.com.

Untuk saat ini link tersebut masih bisa diakses karena tulisannya masih ada dan aktif di blognya. Link tersebut akan menjadi broken jika seandainya tulisan tersebut dihapus oleh Mbak Rahmah. Dalam kondisi ini, tidak ada cara lain selain melepaskan tautan ke link tersebut agar tidak menimbulkan dampak negatif nantinya.

Sampai saat ini Blogger Borneo masih belum menemukan cara cepat dan mudah menghapus semua broken link dalam satu waktu. Prosesnya harus dilakukan secara manual dan satu per satu. Oleh karena itu benar-benar harus diperhatikan untuk mekanisme pengelolaan broken link ini harus dilakukan secara rutin dalam periode waktu tertentu.

Ada 3 langkah yang harus dilakukan untuk mengecek broken link yang ada di blog, antara lain:

Langkah 1: Klik www.brokenlinkcheck.com

Cara Mengecek Broken Link di Blog
Image: BrokenLinkCheck.Com

Langkah 2: Masukkan alamat blog atau domain yang ingin dicek, klik Find Broken Links.

Masukkan Alamat Blog untuk Dicek Broken Link nya
Image: BrokenLinkCheck.Com

Langkah 3: Tunggu Hingga Proses Selesai

Hasil Pencarian Broken Link di Blog
Image: BrokenLinkCheck.Com

Perhatikan dalam tabel hasil pencarian diatas, terdapat 4 kolom, yaitu: Nomor, Alamat Link, Page Where Found dan Server Response. Di bagian bawah kiri terdapat keterangan Status mengenai proses pencarian sudah sampai berapa halaman dan berapa jumlah broken link yang ditemukan.

MULAI MEMBERSIHKAN BROKEN LINK

Setelah proses pencarian selesai, maka selanjutnya adalah mulai membersihkan satu per satu broken link yang telah ditemukan. Langsung di klik url atau src yang ada pada kolom Page Where Found. Perhatikan pada kolom Server Response ada keterangan 404, kode apakah itu?

Kode Server Response
  • 404 atau Page Not Found; link dengan respon seperti ini berarti link sudah dihapus oleh pemiliknya. Bisa jadi blog-nya sudah dihapus, domain tidak diperpanjang, dan sebagainya.
  • Bad Host atau Invalid Host Name; link yang diberikan oleh komentator di blog tidak pernah terdeteksi oleh server. Bisa jadi memang link tersebut tidak pernah ada.
  • Bad URL atau Malformed URL; link yang dituliskan kemungkinan ada kesalahan atau kurang dalam pengetikan URL, misalnya kurang garis miring, titik dua, atau nama domain yang kurang tepat.
  • 522 atau Connection Time Out; server merespon terlalu lama menuju link yang dimaksud. Bisa jadi karena link yang dituju terlalu lama loading, biasanya karena ramai traffic atau memang berat.
  • Reset; link yang dituju mengalami down connection server.

Biasanya yang paling sering terjadi adalah 404 Page Not Found dan Bad Host karena kedua kondisi ini paling sering menjadi penyebab munculnya broken link di blog kita. Broken link ini bisa berasal dari tautan komentar dan tautan di tulisan. Kita tinggal cari dan hapus untuk menghilangkan broken link tersebut. Cukup simpel bukan??? Hanya saja karena prosesnya harus dilakukan secara manual ya mau tak mau kita harus sedikit meluangkan waktu.

Sekarang bagaimana dengan kawan-kawan sendiri, apakah sudah pernah mengecek broken link di blognya. Jika belum mungkin bisa melakukan sama seperti apa yang sudah Blogger Borneo arahkan dan lakukan. Jangan lupa masukkan alamat email Anda dan klik subscribe untuk dapat selalu mendapatkan informasi terbaru dari Blogger Borneo Network. (DW)

 

 

You might also like
1 Comment
  1. Syafiq says

    Kalau di WordPress broken link bisa dilihat dan dikelola dengan mudah pakai plugin broken link checker. Alternatif lain liat menu Crawl Error di Google Search Console mas. Di situ kita juga bisa sekalian minta Google untuk menghapus broken linknya

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More