Indonesia Website Awards

8 Tips Optimasi SEO di Instagram agar Jangkau Banyak Audiens

Search Engine Optimization (SEO) memang bermanfaat untuk membantu konten agar bisa berada di halaman 1 Google. Namun siapa sangka, SEO juga bermanfaat untuk Instagram, di mana akun Instagram bisnis Anda bisa muncul paling atas di mesin pencarian!

Image: Erik Lucatero on Unsplash

Tips Optimasi SEO di Instagram

Jadi begini. Kita tahu bahwa jumlah pengguna Instagram sudah mencapai miliaran. Yang berarti untuk akun Instagram bisnis bisa di-notice oleh orang-orang menjadi pekerjaan rumah yang sulit.

Mau buat konten bagus? But, it’s super tricky. Harus mengejar momentum pula. Kalah cepat dengan kompetitor berakibat fatal pada minimnya engagement pada postingan maupun akun itu sendiri.

Kabar baiknya, sekarang Instagram memudahkan Anda sebagai penggunanya untuk membuat akun bisnis Instagram Anda muncul paling atas di mesin pencarian. Teknik ini disebut sebagai SEO.

“Lho, bukannya SEO hanya untuk artikel dan website, ya?”

Jelas tidak. Karena sekarang, hampir sebagian besar media sosial (medsos) sudah menggunakan teknik SEO. Termasuk pula Instagram.

RajaBackLink.com

Apa Itu Instagram SEO

Image: NisonCo PR and SEO on Unsplash

Sederhananya, Tips Optimasi SEO di Instagram adalah strategi optimasi akun Instagram bisnis Anda agar lebih mudah ditemukan di mesin pencarian.

Jadi, saat keyword atau hashtag yang relevan dimasukkan ke mesin pencarian Instagram, akun bisnis Instagram Anda akan muncul di posisi teratas.

“Kok bisa dengan SEO, akun Instagram bisnis jadi lebih mudah ditemukan?”

Seperti pada Google, algoritma Instagram memproses semua konten yang ada di aplikasi. Semua informasi dari setiap konten, dikumpulkan dari A sampai Z. Baru dari situ, Instagram akan menilai konten mana yang paling relevan dan bermanfaat untuk penggunanya.

Kita ambil contoh sederhananya:

Pada suatu hari, Anda ingin mencari tahu tentang digital marketing. Anda pun mengetik keyword digital marketing” di mesin pencarian dan melihat ini:

 

Cara Mencari Keyword di Instagram

Mesin Pencarian di Instagram (Image: Dok. Pribadi)

Pilihlah tulisan “Lihat Semua Hasil”. Anda akan langsung diantarkan ke explore page seperti berikut:

Explore Page Instagram

Laman Feed (Image: Dok. Pribadi)

Pilih feed yang tepat berada di sebelah bawah kiri mesin pencarian.

Konten Feed Instagram

Konten Feed (Image: Dok. Pribadi)

Postingannya keren, ya? Sekarang, coba kunjungi akun pemilik kontennya.

Akun Kreator Konten Instagram

Akun Kreator Konten (Image: Dok. Pribadi)

Wah, ternyata beliau adalah kreator konten di bidang digital marketing, khususnya sektor kesehatan gigi!

Apa Kesimpulannya?

Tanpa perlu memusingkan Instagram Ads dan sebagainya. Dengan memanfaatkan intent target audiens, tepatnya dengan keyword, Akun Instagram bisnis Anda bisa muncul di posisi teratas hasil pencarian.

Tapi, tunggu dulu. Itu kalau Instagram Ads hanya digunakan untuk menjangkau lebih banyak audiens.

Kalau untuk closing?

Tetap saja Anda membutuhkannya. Dan di sini, SEO berperan untuk melengkapi Instagram Ads, bukan menggantikannya.

Kenapa Harus Optimasi SEO di Instagram?

Kenapa Harus Optimasi SEO di Instagram

Image: Maddi Bazzocco on Unsplash

Coba bayangkan, ketika Anda hanya duduk berdiam diri lalu mendapati jumlah follower akun Instagram bisnis Anda meningkat (catatan: sudah ada beberapa konten di akun). Rasanya senang sekali bukan?

Itulah manfaat dari menggunakan Tips Optimasi SEO di Instagram.

Adanya fitur untuk mendapatkan konten yang diinginkan berdasarkan akun, hashtag, dan lokas di mesin pencarian Instagram, sangat memudahkan penggunanya.

SEO juga berperan penting di user’s suggested post. Di mana konten Anda bisa muncul di timeline follower yang tidak follow akun Instagram bisnis Anda.

Baca Juga:   Kasus Sarry Ananda Putriy Panggabean, Pelajaran Bagi Semua

Jadi, pada intinya, optimasi Instagram SEO yang bagus bisa membantu konten Anda untuk muncul di hasil pencarian paling relevan di explore page, juga menjadi akun yang disarankan untuk diikuti.

Faktor apa saja yang memengaruhi Instagram Ranking?

Kalau sudah menyangkut SEO itu memang belum ada pakemnya, termasuk pula Instagram SEO.

Tapi untungnya, sekarang sudah ada ‘bocoran’ soal Instagram Ranking. Lewat ‘bocoran’ ini, Anda bisa tahu apa saja yang membuat konten Anda mudah ditemukan di hasil pencarian.

Berikut bocorannya — tentang beberapa faktor yang memengaruhi Instagram Ranking.

Search Query

Algoritma Instagram secara otomatis akan mencocokkan konten Anda dengan postingan, username, audio, hashtag, dan tempat teratas.

Makna tersiratnya: Pelajari seperti apa konten-konten yang muncul di posisi teratas hasil pencarian, baik dari segi isi dan desain konten feed, caption, maupun tetek bengek lainnya. Sedetail mungkin.

User Activity

Apa yang bakal dicari dan diketik pengguna di mesin pencarian. Sehingga langsung muncul username, bio, caption, hashtag, dan lokasi yang paling relevan.

Makna tersiratnya: Anda harus membayangkan diri Anda sebagai target audiens untuk mengetahui keyword apa yang mereka cari sampai akhirnya muncullah akun Instagram bisnis Anda. Gunakan Google Keyword Planner, atau tool lainnya.

Ada tanda-tanda konten bakal viral

Karena konten yang viral lebih mungkin untuk berada di posisi teratas di hasil pencarian.

“Apa tanda-tanda konten bakal viral?”

Jumlah likes, klik, dan share sangat banyak. Akun tiba-tiba kebanjiran follower. Dan untuk hashtag atau lokasi tertentu, konten berada di posisi teratas.

Makna tersiratnya: Konten viral itu hukumnya wajib, tapi tidak juga yang memaksakan untuk pakai strategi riding the wave kalau belum siap. Cukup buat konten berkualitas, sesuai dengan tren atau isu terkini. Pakai hashtag yang paling sesuai, dan postinglah di waktu yang tepat.

Tips Optimasi

Tahu cara menggunakan SEO bakal membantu akun Instagram bisnis Anda untuk lebih mudah ditemukan.

Berikut beberapa tips optimasi SEO pada Instagram:

Tips Optimasi SEO di Instagram 1

Optimasi Profil Instagram Anda

Saat Anda mengetik keyword di mesin pencarian, yang paling sering muncul adalah akun Instagram. Sementara hashtag jumlahnya lebih sedikit.

Artinya, profil Instagram Anda berpengaruh terhadap jangkauan audiens. Semakin bagus profilnya, semakin mungkin pula untuk akun muncul di posisi teratas mesin pencarian.

Berikut beberapa trik untuk optimasi profil Instagram Anda:

  • Jadikan profil Anda ‘public’, bukan ‘private’
  • Gunakan logo sebagai foto profil
  • Buat @username yang mudah dikenali dan dicari
  • Buat nama profil yang mudah dicari
  • Daftar Instagram Business Account
  • Tambahkan link URL di bio Anda

Pastikan Anda melakukannya dengan benar.

Tips Optimasi SEO di Instagram 2

Tambahkan Keyword Sekunder di Bio Anda

Ingin akun Instagram bisnis Anda lebih sering muncul? Tambahkanlah keyword sekunder di bio.

Biar lebih mudah, coba kita ambil contoh sederhananya.

Katakanlah Anda punya brand hair tonic. Anda ingin agar profil tersebut banyak dikunjungi target audiens Anda.

Contoh Akun Instagram Brand Beauty

Contoh Akun Brand Beauty (Image: Dok. Pribadi)

Keyword utama akun Anda adalah “Hair Loss Defense”. Pertanyaannya, apakah keyword itu saja sudah cukup?

Jawabannya: belum tentu. Akun Anda akan lebih banyak dilirik kalau ada keyword lain yang mirip-mirip dengan keyword utama. Atau di sini bisa kita sebut sebagai keyword sekunder.

Baca Juga:   Cara Daftar Member Atomy Indonesia dan Panduan Belanja Produk Online

“Bagaimana cara membuat keyword sekunder?”

Posisikan diri Anda sebagai target Audiens. Pikirkan, kira-kira apa yang Anda inginkan saat mendengar keyword utama — seperti misalnya “Hair Loss Defense”. Tentu Anda ingin tahu seputar tentang cara merawat rambut bukan?

Maka, akan muncul beberapa keyword sekunder seperti “hair tonic concentrate”, “hair problem”, dan “hair routine”. Pertanyaannya, apakah selesai sampai di situ?

Belum. Karena sekali lagi, Anda harus memastikan apakah ketiga keyword tersebut merupakan keyword yang paling banyak diketik target audiens Anda. Seperti disinggung sebelumnya, gunakanlah tool seperti Google Keyword Planner dan lainnya.

Tips Optimasi SEO di Instagram 3

Anggap Hashtag sebagai Keyword

Mungkin Anda sering mendengar kabar kalau hashtag sudah mati. Apalagi semenjak beredar perintah untuk menggunakan 3-5 hashtag saja.

Sayangnya, itu hanya mitos belaka. Karena sampai kapan pun, hashtag sangat menentukan apakah akun Instagram bisnis Anda bisa muncul di posisi teratas mesin pencarian atau tidak.

Tapi dengan catatan, Anda menggunakan keyword pada semua hashtag Anda, di mana keyword itu juga harus ada di konten feed dan caption.

Tips Optimasi SEO di Instagram 4

Gunakan Keyword Sekunder pada Caption Konten Anda

Selain pada bio dan hashtag, ternyata sekarang optimasi SEO juga bisa pada caption konten feed.

Kabarnya, keyword pada konten feed saja sudah cukup untuk menjangkau banyak audiens, tidak perlu menambahkan hashtag (walaupun hashtag bisa memperkuatnya lagi).

Nah, Anda bisa menggunakan keyword sekunder pada caption konten feed Anda. Tapi tetap sesuai dengan isi konten feed, dan bahasan dalam caption-nya mengalir dengan jelas. Tidak memaksakan harus ada.

Kita ambil contoh brand hair tonic lagi.

Kita tahu bahwa keyword utama adalah “Hair Loss Defense”. Kebetulan topik konten bukan seputar itu. Kalau dimasukkan ke dalam caption, kesannya seperti memaksa sekali bukan?

Contoh Caption Konten Feed Instagram

Contoh Caption Konten Feed (Image: Dok. Pribadi)

Berarti, Anda hanya bisa menggunakan keyword lain di luar keyword utama tapi sesuai dengan isi kontennya. Dan itu adalah keyword sekunder.

Untuk konten ini, berarti keyword sekundernya adalah “Shampoo”, “Conditioner”, dan “merawat rambut”. Tapi sekali lagi, ketiga keyword ini harus divalidasi dulu, apakah termasuk yang sering diketik oleh target audiens atau tidak.

Nantinya, caption yang sudah ada keyword sekundernya, akan memberi sinyal pada Instagram untuk menilai kontennya. Apakah sesuai dengan algoritma Instagram atau tidak. Dan apakah kontennya bisa ditempatkan di hasil pencarian atau tidak.

Tips Optimasi SEO di Instagram 5

Manfaatkan Alt Text pada Instagram

Pernah melihat opsi untuk mengatur alt text saat mau upload konten? Bingung apa kegunaannya?

Pengaturan Alt Text pada Instagram

Pengaturan Alt Text pada Instagram (Image: Dok. Pribadi)

Ternyata oh ternyata, alt text berguna untuk optimasi SEO, lho! Cara kerjanya kurang lebih seperti alt text pada SEO on Page. Anda masukkan tulisan, maka konten Anda akan lebih mungkin untuk muncul di hasil pencarian.

Pilihan Alt Text pada Instagram

Pilihan Alt Text pada Instagram (Image: Dok. Pribadi)

Akan tetapi, Anda tidak bisa asal memasukkan tulisan. Dibutuhkan tulisan yang tepat agar sistem Instagram lebih mudah mendeteksinya. Nah, tulisan itu bisa berupa keyword utama maupun keyword sekunder.

Memasukkan Keyword dalam Alt Text Instagram

Memasukkan Keyword dalam Alt Text (Image: Dok. Pribadi)

Ingin tahu bagaimana menggunakan alt text dengan tepat sehingga bisa meningkatkan jangkauan konten Anda? Ini merupakan salah satu bagian dari Tips Optimasi SEO di Instagram.

Baca Juga:   Mengaku Aktivis HMI, Mahasiswa UIN Sumut Ini Lecehkan Islam

Tips Optimasi SEO di Instagram 6

Pertahankan Kualitas Akun Anda

Untuk akun Instagram bisnis Anda bisa disarankan untuk diikuti, itu tidak serta-merta langsung bisa seperti itu. Akun Instagram bisnis Anda harus punya rekam jejak konten yang baik.

Seperti apa rekam jejak konten yang baik?

  • Tidak sering melanggar pedoman komunitas Instagram
  • Beberapa konten punya engagement yang tinggi
  • Plagiarisme konten
  • Klaim tidak dapat dibuktikan kebenarannya
  • Tidak membeli follower

Sebagai reminder, Instagram tidak akan segan-segan untuk mematikan akun bisnis Instagram Anda. Maka itu, hindarilah keinginan untuk membeli follower, plagiat konten, dan perbuatan melanggar lainnya.

Tips Optimasi SEO di Instagram 7

Track Hasil Optimasi SEO Anda

Baru pertama kali menggunakan Instagram SEO? Jangan lupa untuk track hasilnya, ya!

Untuk permulaan, hasil Tips Optimasi SEO di Instagram harus sering-sering dicek dan dianalisis. Biar Anda tahu apa saja winning pattern SEO Anda. Entah itu jumlah keyword sekunder ataupun pengaturan bio Anda.

Gunakan fitur Instagram Insight atau tool analitik seperti Hootsuite, Sprout Social, dan lain sebagainya. Lalu, bandingkan matrik antara konten non SEO dengan konten yang sudah dioptimasi dengan SEO.

Tips Optimasi SEO di Instagram 8

Jangan Gunakan Teknik Black Hat SEO!

Siapa bilang Instagram aman dari black hat SEO? Nyatanya, Instagram benar-benar keras dalam hal ini. Akun-akun yang mencoba menipu sistem langsung ditindaklanjuti oleh mereka.

“Apa sih ‘black hat seo’ itu?

Black hat SEO merupakan teknik meningkatkan ranking akun Instagram di mesin pencarian dengan cara melanggar pedoman komunitas Instagram.

Seperti apa teknik black hat SEO pada Instagram?

  • Mencuri konten orang lain
  • Pakai bot Instagram
  • Keyword kebanyakan
  • Mengikuti banyak akun dalam sehari
  • Beli follower

Hindarilah teknik black hat SEO agar akun Anda tidak di-banned.

Jangan abaikan Instagram SEO!

Tips Optimasi SEO di Instagram sangat menguntungkan Anda dari segi cost maupun conversion rate. Walau mungkin hasilnya tidak sebanyak Instagram Ads, setidaknya Anda bisa terbantu untuk soal ranking akun di mesin pencarian. (CW)

Don`t copy text!