Home Travel Semawis dan Depok, Destinasi Wisata Kuliner Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semawis dan Depok, Destinasi Wisata Kuliner Semarang yang Wajib Dikunjungi

Wisata Kuliner Semarang
Image: Google.Com
Aplikasi Akuntansi Online

Setelah puas menikmati 9 tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi, sekarang saatnya menikmati akhir pekan dengan berkunjung ke 2 pusat wisata kuliner Semarang yang mendapat rekomendasi dari para blogger Semarang.

Melihat daftar rekomendasi tempat wisata yang harus dikunjungi di kota Semarang, sepertinya waktu seminggu tidaklah cukup. Dan semuanya sudah mewakili kategori obyek wisatanya sendiri, yaitu: Wisata Bangunan Bersejarah, Wisata Pemandangan Alam, dan Wisata Kuliner.

Wisata Kuliner Semarang

Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk menikmati semua hidangan kuliner yang ada di kota Semarang. Dari beberapa lokasi yang ada, pilihan terbaik dan terkenal jatuh pada Pasar Semawis dan Pasar Depok. Untuk menuju kedua lokasi kuliner ini bisa menggunakan jasa sewa bus semarang.

Selintas Blogger Borneo melihat kondisi kota Semarang memiliki kemiripan dengan kota Pontianak karena budaya Tionghoa nya lebih terasa. Ketika mencoba mencari referensi mengenai kedua lokasi wisata kuliner Semarang ini, dokumentasi yang muncul pada umumnya bernuansa merah.

Meskipun masyarakat yang ada di kota Semarang umumnya adalah suku Jawa dan mayoritas Muslim, ternyata Semarang juga memiliki komunitas Tionghoa yang besar. Seperti di daerah lainnya di Jawa, terutama di Jawa Tengah, mereka sudah berbaur erat dengan penduduk setempat dan menggunakan Bahasa Jawa dalam berkomunikasi sejak ratusan tahun silam.

Pasar Semawis Semarang

Pasar Semawis Semarang
Image: si-ipan.blogspot.com

Pasar Semawis sudah cukup dikenal oleh masyarakat kota Semarang sebagai pusat kuliner yang terletak di sepanjang jalan Gang Waru, Pecinan, Semarang. Destinasi wisata kuliner Semarang ini mulai buka dari hari Jum’at sampai Minggu dari jam 7 malam hingga jam 10 malam.

Jika dilihat dari nama “Pecinan” yang digunakan, sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa rata-rata penghuni di kawasan ini adalah orang Tionghoa. Istilah ini sudah melekat sejak jaman dulu, jadi bukan berarti bahwa sajian kuliner yang dijual di Pasar Semawis adalah menu Tionghoa semua.

RajaBackLink.com

Kuliner yang ditawarkan di Pasar Semawis sangat beragam dari makanan lokal hingga jajanan luar negeri. Makanan yang ditawarkan, seperti soto semarang, gudeg jogja, sate ayam, nasi hainam, salad buah, donat spanyol, dan beberapa jajanan luar negeri.

Mengenai harga makanan yang dijual tidak perlu kuatir, dijamin ramah dompet. Sebagai contoh untuk jenis Soto Semarang, hanya perlu menebusnya dengan harga 15 ribu. Sedangkan untuk Donat Spanyol harganya cuma 10 ribu, Sate Taiwan 20 ribu, dan bir pletok 5 ribu saja.

Pasar Depok Semarang

Pasar Depok Semarang
Image: SuaraMerdeka.Com

Dibandingkan Pasar Semawis, nama Depok termasuk baru. Pasar Depok mulai diperkenalkan sebagai obyek wisata kuliner Semarang pada awal tahun 2020. Sesuai namanya, lokasi ini berada di sepanjang Jalan Depok Semarang. Kehadiran Pasar Depok menambah jumlah destinasi wisata kuliner Semarang.

Tidak sulit untuk dapat menuju Pasar Depok Semarang, dari arah Simpang Lima bisa melalui Jalan Gajah Mada. Ketika sudah sampai di persimpangan antara Jalan Wahid Hasyim (Kranggan) dan Jalan Gajah Mada arah ke Jalan Pemuda, langsung belok kiri dan sampailah di lokasi baru wisata kuliner Semarang ini.

Di Pasar Depok Semarang tersedia beberapa jenis sajian kuliner berselera yang dijamin lidah siapa saja akan bergoyang ketika menyantapnya. Lontong Cap Go Meh termasuk salah satu jenis kuliner yang istimewa.

Sepiring lontong opor berisi irisan lontong, suwiran ayam, kuah opor, sayur lodeh terong, sambal goreng ati ampela dan udang, juga taburan bubuk kedelai yang menambah gurih hidangan. Selain lontong, beberapa jenis menu lain seperti Nasi Langgi, Gado-Gado, Nasi Rames, Gudeg Jogja, Sate Ayam, Sayur Lodeh, Tempe Bacem, dan Nasi Berkat patut dicoba.

Sebagai menu pelepas dahaga, bisa dipesan Kolak Santan atau Kolak Pisang yang rasanya tak kalah istimewa seperti makanannya. Berbagai jenis makanan yang ditawarkan di Pasar Depok Semarang dengan harga mulai dari 7 ribu sampai 20 ribu. 

Booking Hotel

Di sekitar kedua obyek wisata kuliner Semarang ini banyak tersedia hotel murah yang dapat dimanfaatkan di akhir pekan. Gunakan fasilitas dari Pegipegi Hotel untuk mendapatkan harga promo hotel yang ada di kota Semarang. Untuk info terbaru bisa langsung cek hotel di Pegipegi (ADV)

Referensi:

  • http://si-ipan.blogspot.com/2017/10/pesona-keberagaman-dan-rasa-wisata.html
  • https://metrosemarang.com/jelajah-rasa-di-jalan-depok-semarang-ini-kuliner-yang-wajib-dicicipi-68643