Beranda Serbaneka 3 Perbedaan Asian Games 2018 dan SEA Games

3 Perbedaan Asian Games 2018 dan SEA Games

BERBAGI
Asian Games 2018 Jakarta Palembang
Image: Pendamu9.Blogspot.Com

Komentar-komentar positif dan cukup membanggakan dapat dilihat ketika proses pembukaan mulai dilaksanakan, berbagai macam tarian kolosal dipadukan dengan komposisi ritme dan suara para vokalisnya membuat suasana stadion GBK tadi malam sangat bergemuruh. Meskipun tidak menyaksikan secara langsung, namun sudah dapat dibayangkan seperti apa hiruk pikuknya di stadion berkapasitas 78 ribuan tersebut.

Secara serentak hashtag #AsianGames dan #AsianGames2018 pun berseliweran di laman media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Hal ini menunjukkan bahwa para netizen di Indonesia turut merasakan gegap gempita open ceremony meskipun hanya bisa menikmatinya melalui siaran televisi atau livestreaming. Jika Engkau merasa bangga dengan bangsamu, maka turutlah berupaya untuk berpartisipasi meskipun itu hanya dalam bentuk hashtag.

Nah, ternyata diantara para netizen masih belum bisa membedakan antara Asian Games dan SEA Games sehingga beberapa kali dilihat yang muncul adalah hashtag #SEAGames. Sepertinya pemilik akun media sosial tersebut belum mengetahui perbedaan antara kedua kata tersebut.

PERBEDAAN ASIAN GAMES 2018 DAN SEA GAMES

Mumpung auranya masih Asian Games 2018, maka Blogger Borneo pada kesempatan ini akan membuat satu tulisan mengenai 3 Perbedaan antara Asian Games dan SEA Games. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1. BEDA NEGARA PESERTA

Yang harus diketahui pertama kali adalah SEA Games merupakan singkatan dari South East Asian Games, jadi pesertanya berasal dari negara-negara yang berada dalam kawasan Asia Tenggara. Sedangkan Asian Games pesertanya berasal dari negara-negara seluruh Asia. Jadi untuk skala penyelenggaraannya, Asian Games lebih besar dari SEA Games. Khusus pada Asian Games 2018 kali ini, ada 45 negara yang ikut serta, sedangkan SEA Games diikuti oleh 11 negara saja.

2. BEDA WAKTU PELAKSANAAN

Jika SEA Games dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali, maka Asian Games dilaksanakan setiap 4 (empat) tahun sekali. Asian Games pertama kali diselenggarakan pada tahun 1951, sedangkan SEA Games diselenggarakan pertama kali para tahun 1959. Terakhir SEA Games dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia dari 19-31 Agustus 2017. Sedangkan Asian Games diselenggarakan pada tahun ini dari tanggal 19 Agustus – 2 September 2018 dimana Indonesia menjadi tuan rumah pelaksananya.

3. BEDA CABANG OLAHRAGA

Untuk Asian Games 2018, jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade. Sedangkan pada SEA Games terakhir tahun 2017, ada 38 cabang olahraga dengan 404 nomor pertandingan yang diselenggarakan. Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan dalam setiap penyelenggaraan bisa saja berubah menyesuaikan situasi dan kondisi tempat pelaksanaan.

MESKI BERBEDA TUJUAN TETAP SAMA

Sepertinya sekarang sudah cukup jelas ya mengenai perbedaan antara Asian Games dan SEA Games, jadi jangan sampai salah hashtag lagi karena susah untuk jadi trending topic nantinya. Hehehehe… Tapi terlepas dari itu kedua event olahraga istimewa ini tetap memiliki maksud dan tujuan yang sama yaitu mempererat hubungan antar negara. Bedanya hanya di cakupan kawasannya saja.

Selalu semangat buat para atlit yang menjadi perwakilan Indonesia di Asian Games 2018, maksimalkan ikhtiar kalian sehingga bendera merah putih bisa selalu berkibar dan lagu kebangsaan Indonesia bisa selalu berkumandang di setiap cabang olahraga yang diikuti. Aku bangga dengan Bangsaku… (DW)

Referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pesta_Olahraga_Asia_2018
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pesta_Olahraga_Asia_Tenggara

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

CommentLuv badge