BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

6 Tempat Wisata Menarik yang Ada di Lombok

Selain Bali, tempat yang menjadi favorit berwisata para pelancong, baik itu pelancong domestik atau pun mancanegara, konon itu adalah Lombok. Gak heran sih jika memang benar demikian, sebab Lombok memiliki banyak sekali tempat yang indah. Apa saja tempat yang indah yang menjadi destinasi favorit berwisata di Lombok tersebut? Ini dia!

1. Gunung Rinjani

Buat para pencinta alam, gunung yang satu ini pasti masuk ke dalam daftar gunung yang harus didaki. Kenapa demikian, karena Gunung Rinjani sangatlah indah. Tak hanya para pendaki lokal, bahkan pendaki mancanegara banyak yang mengincar untuk bisa menikmati keindahan gunung Rinjani.

Ada Segara Anak yang merupakan danau berwarna biru di Rinjani. Persis seperti Ranu Kumbolo yang ada di Semeru. Namun Segara Anak di Rinjani lebih unik. Saat kita berada di pinggir danau ini, kita bisa melihat Gunung Barujari. Letaknya ada di tengah danau. Belum lagi jika bisa mencapai puncak Rinjani. Pemandangan awan yang ada di langit Rinjani sangat memukau.

Gunung Rinjani sendiri berada di Taman Nasional yang luasnya sekitar 76.000 ha. Tak heran jika di sana terdapat banyak flora dan fauna. Karena Lombok berada di Nusa Tenggara Barat, yang masuk ke daerah Wallace, maka flora dan fauna di Taman Nasional Rinjani merupakan wilayah peralihan. Sehingga flora dan faunanya kebanyakan mendapat pengaruh dari Benua Asia dan Australia.

Hal yang bisa dilakukan di Rinjani lainnya adalah mandi air panas, jalan-jalan ke goa alami yang ada di sana, melihat-lihat stalaktit dan stalagmit, serta menikmati padang savana yang luar bisa. Dan jangan lupa, jika ke Rinjani pastikan kita menyempatkan diri untuk melihat sunrise-nya. Katanya lebih cantik dari sunrise Bromo.

2. Gili Trawangan

Tempat ini adalah destinasi wajib kedua yang mutlak disinggahi saat ke Lombok. Sebab Gili Trawangan adalah tempat yang sangat menakjubkan. Untuk sampai di pulau ini, kita harus ke Pelabuhan Bangsal terlebih dahulu.

Setelah melalui perjalanan dengan menggunakan kapal selama kurang lebih 45 menit, kita akan sampai di sana. Pemandangan laut yang membiru, pemandangan pepohonan yang menghijau, penginapan-penginapan yang nyaman, serta angin sepoi-sepoi nan menyejukkan akan menyambut kita di sana.

Jangan heran ya, di Gili Trawangan, wisatawan yang datang kebanyakan adalah wisatawan asing. Namun pun begitu, wisatawan lokal dan nasional tetap ada.

3. Rumah Adat Desa Sade

Bagi siapa pun yang menyukai hal-hal yang berbau etnik serta tradisional, haruslah mengunjungi Rumah Adat Desa Sade saat ke Lombok. Rumah adat ini dihuni oleh suku asli sana, yakni suku sasak. Di desa adat ini, segala bentuk kebudayaan tradisional Lombok, lengkap tersedia di kawasan ini. Semuanya terawat dan terjaga dari zaman dahulu hingga sekarang.

Di tempat ini kita bisa melihat arsitektur rumah adat yang unik, beragam hasil kerajinan seperti kain hasil tenun khas Lombok, dan yang lainnya. Mampir ke Desa Adat Sade jelas akan memberi pengalaman yang tak akan terlupakan.

4. Bukit Merese

Bukit yang satu ini juga tak kalah indahnya. Pemandangan yang luar biasa dari atas bukit ke lautan akan membuat kita semakin mengagumi Lombok. Apalagi di pagi dan saat sore. Sebab dari bukit yang biasa disebut sebagai bukit gundul ini, kita bisa menjadi saksi akan keindahan momen Matahari terbit dan terbenam yang sangat sempurna.

5. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile berlokasi di desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sebuah tempat yang menyajikan pemandangan air terjun yang indah, berair segar, dan udara yang sejuk.

Konon, kawasan tempat Air Terjun Sendang Gile ini berada adalah salah satu dari sekian banyak titik pendakian gunung tertinggi ke tiga di Indonesia, lho. Bisa dibayangkan sendiri bagaimana perjalanan menuju ke sana. Kita harus naik sekitar 500 anak tangga terlebih dahulu.

Akan tetapi pesona hutan dan juga air terjunnya, tentu membuatnya menjadi worth it. Yang gemar jalan-jalan ke tempat tinggi, harus deh mampir ke kawasan Air Terjun Sendang Gile.

6. Taman Narmada

Taman Narmada merupakan taman wisata yang berada di Lombok Barat. Taman ini dibangun oleh Anak agung Ngurah Karangasem, dan konon merupakan taman replika Rinjani. Nama taman ini, yaitu Narmada, diambil dari salah satu nama anak Sungai Gangga yang di India sana. Dan artinya sendiri adalah mata air atau sumber kehidupan.

Taman Narmada memiliki luas sekitar 3 ha. Dibangun sebagai tempat pemujaan yang sekaligus juga merupakan kawasan peristirahatan para raja di saat musim kemarau, sejak tahun 1727. Ya, taman Narmada banyak digunakan sebagai tempat pemujan dan upacara keagamaan umat Hindu. Ah ya, salah satu dari delapan pura tertua di Bali ada di tempat ini.

Itu dia 6 tempat wisata menarik yang ada di Lombok. Siapa pun yang ke sana, wajib mampir ke tempat-tempat ini. Berencana terbang ke Lombok dalam waktu dekat? Pesan tiket promo di sini. Pasti deh nanti bisa dapat tiket dengan harga yang terjangkau, dengan waktu yang pas.

Tapi ingat ya, taati protokol kesehatan dengan disiplin. Sejak pergi hingga pulang kembali. Supaya tubuh selalu sehat dan perjalanan lancar didapat. Pasti menyenangkan, bukan? (ADV)

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Indonesia Website Awards