Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI Kalimantan Barat

Satu kesempatan emas untuk menuliskan inspirasi saya peroleh dengan mengikuti Lomba Blog dan Twit yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI). Dengan mengambil tema Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI, saya diminta untuk menuliskan mengenai gagasan apa saja yang akan dilakukan seandainya nanti saya menjadi Anggota DPD RI. Meskipun saya selama ini tidak pernah memiliki impian untuk menjadi bagian dari sistem pemerintahan, namun melalui kesempatan ini saya tetap akan berusaha mengandaikan diri sebagai Anggota DPD RI sehingga tulisan yang dihasilkan bisa lebih fokus dan terarah. πŸ™‚

Sekedar hanya ingin memperjelas saja bahwa DPD RI merupakan singkatan dari Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. Dalam parlemen nasional, DPD RI ini dapat dianggap sebagai wakil daerah dimana salah satu tugasnya adalah mengajukan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang berkaitan dengan kepentingan daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI). DPD RI mulai beroperasional pada tahun 2004 dimana dalam pelaksanaannya lembaga ini memiliki 3 fungsi pokok, yaitu: Fungsi Legislasi, Fungsi Pertimbangan, dan Fungsi Pengawasan. Untuk daerah Kalimantan Barat sendiri, pada periode kepengurusan 2009-2014 terdapat 4 orang anggota DPD RI yang secara kebetulan semuanya adalah perempuan. Keempat anggota DPD RI Kalimantan Barat tersebut, antara lain: Maria Goreti, S.Sos, M.Si, Hj. Sri Kadarwati, Hj. Hairiah, SH, MH, dan Erma Suryani Ranik, SH.

Nah, sekarang bagaimana seandainya saya menjadi Anggota DPD RI Perwakilan Daerah Kalimantan Barat untuk periode 2014-2019. Gagasan-gagasan apa saja yang akan saya angkat dalam pembahasan RUU di tingkat pusat nantinya. Nah, menurut kacamata pribadi saya sebagai seorang calon anggota DPD RI, bidang pendidikan seharusnya menjadi prioritas untuk mengembangkan sumber daya manusia daerah seutuhnya. Hal ini terkait dengan bidang-bidang lainnya, seperti: bidang kesehatan, bidang ekonomi, bidang teknologi informasi, dan bidang pertahanan keamanan karena output yang dihasilkan sangat mempengaruhi bidang-bidang tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa generasi muda sangat memegang peranan penting dalam pengembangan suatu daerah untuk kedepannya. Oleh karena itu, pembekalan secara mendasar melalui proses edukasi formal maupun informal menjadi skala prioritas untuk dilakukan. Dan untuk saat ini, menggunakan teknik pembelajaran yang mengarah kepada industri kreatif sepertinya dapat membuat para generasi muda Kalimantan Barat lebih membuka wawasan pemikirannya sehingga ide-ide cerdas dan inovatif dapat ditimbulkan. Hal ini terkait dengan perubahan paradigma yang ada selama ini dianut yaitu SELESAI PENDIDIKAN LANGSUNG MENCARI KERJA menjadi SELESAI PENDIDIKAN LANGSUNG MENCIPTAKAN LAPANGAN PEKERJAAN. Tentunya proses edukasi yang diberikan disini harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi sehingga ide-ide kreatif yang mereka miliki bersifat fresh dan up to date. Oh iya, agar nantinya tidak terkendala dengan masalah biaya pendidikan maka perlu dibuatkan sebuah konsep beasiswa kreatif dimana para generasi muda di Kalimantan Barat akan diberikan peluang sekaligus tantangan untuk memperolehnya. Disini diharapkan akan dapat tersaring generasi-generasi muda yang benar-benar memiliki talenta dan bakat dalam berwirausaha.

Jadi dengan diperolehnya pendidikan yang layak maka otomatis para generasi muda tersebut akan lebih kreatif dan lebih sehat sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang. Dan tentunya ini akan berdampak pada tingkat perekonomian mereka menjadi lebih layak dan berkecukupan. Aminnn… (DW)

Keterangan :

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
41 Comments
  1. black says

    Appreciate about your writing. Keep walking bro…

  2. honeylizious says

    nampaknye ade perubahan template nih

  3. Sukajiyah says

    Kalau pengandaian itu jd kenyataan bagaimana?? hehehe
    By the way, saya lebih suka melihat foto yang di bawah daripada yang di atas, lebih merakyat.. πŸ™‚

    1. Dwi Wahyudi says

      Hhhmmm…. Mungkin ngga mungkin sih Mbak krn sbnrnya saya g suka dengan yg namanya dunia politik, tapi ngga tahu juga ya. Roda dunia kan selalu berubah dan terkadang apa yg ngga kita sangka ternyata menjadi kenyataan pula. πŸ™‚

  4. sawali tuhusetya says

    wah, sebuah “mimpi” yang bagus. andai saja para wakil rakyat yang kini duduk di senayan bisa mewujudkan idealisme semacam itu pelan tapi pasti negeri ini akan makin makmur dan sejahtera. sayang, kalau sudah masuk dalam lingkaran kekuasaan, biasanya ndak mau lagi utk menengok ke bawah.

    1. Dwi Wahyudi says

      Bukannya ngga mau menengok kebawah mas melainkan ngga akan menengok kebawah. Saat ini dunia perpolitikan Indonesia laksana sebuah arung jeram yang memiliki arus kuat, meskipun kita berusaha utk melawannya namun lama kelamaan akan capek sendiri dan ujung2nya pasti hanyut juga. Kalau yang berprinsip pada kebenaran adalah suara minoritas disana, bagaimana bisa mengubah keadaan. Bener ngga? Trims…

  5. Blog Berita says

    mari berkompetisi… nih kontes menarik… selain hadiahnya keren… juga melatih kita utk kritis pada pemerintah..
    sukses Bro πŸ™‚

    1. Dwi Wahyudi says

      Siap bro, mari kita berkompetisi sambil menyuarakan aspirasi daerah masing2. Salam sukses selalu…

  6. dhenok habibie says

    bener, harusnya selesai pendidikan menciptakan lapangan pekerjaan, bukannya mencari pekerjaan.. hmm, semoga bisa seperti itu.. sukses kontesnya sob πŸ˜‰

    1. Dwi Wahyudi says

      Amin, thanks buat supportnya bro… πŸ™‚

  7. herry says

    Keren gan idenya, good luck ya. Salam kenal πŸ™‚

    1. Dwi Wahyudi says

      Salam kenal juga, thanks buat komentarnya yach… πŸ™‚

  8. Fazri says

    sukses selalu dengan kontestnya kang. yang kaya semakin diatas, Rakyat miskin semakin tertindas.

  9. Kabar Terbaru!! says

    Keren juga tuh gan tulisannya…. Ane juga ikutan.. Moga2 menang lomba yah!! Dan indspirasi yang agan sampaikan lewat Seandainya Saya menjadi Anggota DPD RI ini bisa jadi renungan buat anggota DPD RI

  10. Ahmed Noer says

    ide yang bgus pak…
    smoga sekarang atau 50 tahun lgi ide anda bisa terwujud πŸ™‚

    1. Dwi Wahyudi says

      Aminnn… Btw, kok komentarnya seperti lirik lagu ya? πŸ™‚

  11. Dwi Wahyudi says

    Iya mas, sama2 saling mendukung. Tetap semangat…

  12. Ewa Kartins says

    Saya mendukung beasiswa belajar saja ketimbang beasiswa dalam bentuk uang. Dalam artian, beasiswa belajar gratis sampai selesai studi. Beasiswa PPA dan BBM sering tak tepat sasaran. Sukses dan salam kenal. πŸ™‚

    1. Dwi Wahyudi says

      Betul sekali, saya dulu juga pernah kuliah dan tahu bagaimana Beasiswa PPA dan BBM itu digunakan, begitu beasiswa cair langsung makan-makan. Oleh karena itu kenapa pada tulisan diatas saya mengistilahkannya dengan Beasiswa Kreatif, jadi setiap generasi muda Kalimantan Barat yang lulus seleksi beasiswa tsb akan memperoleh kesempatan utk belajar langsung dibidang industri kreatif. Bener ngga?

  13. baburinix! says

    wah mantap nih….
    salam kenal aja.

  14. deny says

    wah…artikel yang menarik dan inspiratif…semoga sukses dengan kontesnya?
    kunjung balik ya πŸ˜€

  15. fan adie keputran says

    kampanye ya..hahaha

    semoga sukses aspirasinya dan tentu kontesnya πŸ™‚

    jadi pengen ikut..hehe

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya bro, kampanye kontes lebih sehat ketimbang kampanye politik. Kalau menang Alhamdulillah, kalau kalah ya ga papa. Namanya juga usaha tanpa modal, jadi menang kalah sante wae…

  16. Mister Bo says

    kalo seandainya jadi anggota dpr, jangan lupa usulkan libur buat mahasiswa di tambah ya bro,, hahahahahahaha,,
    good luck buat kontesnya,, πŸ™‚

    1. Dwi Wahyudi says

      Jiah, mahasiswa jgn kelamaan liburnya bro. Ntar malah lulusnya jadi lama juga, wkwkwkkw… Thanks…

  17. wujudkan aspirasi rakyat,,,insya allah barokah jadi anggota dpd RI

    Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI

    1. Dwi Wahyudi says

      Amin… Siap laksanakan…

  18. Dwi Wahyudi says

    Waduh, berat urusannya kalau sampai nanya-nanya anak cewek para Anggota DPD RI Kalimantan Barat sekarang nih. Emangnya mau diapain bro, heheheh…

  19. atdayyan says

    wah, ikut lomba sama seperti saya, semoga menang πŸ˜€

  20. Sebuah impian yang mulia bro… Semoga kelak ketika bisa menjadi wakil rakyat prinsip ini tetap dipegang teguh…
    Btw ngomong-ngomong soal kontes yang diikuti ini, sepertinya artikel ini melanggar salah satu TOS yakni panjang artikel ngga bisa lebih dari 500 kata.. coba di cek lagi bro

    1. Dwi Wahyudi says

      Thanks udah mengingatkan bro, malah ngasih ide saya untuk mengambil screenshot preview tampilan edit wordpress dimana dapat dilihat jumlah kata-katanya dipojok kiri bawah. Memang tipis sih, jumlahnya ada 497 kata. Tapi meskipun hanya selisih 3 poin hitungannya tetap dibawah 500 kan. Hehehe… πŸ™‚

  21. rafiq says

    makasi ya mas atas saran’a…:)

  22. melly says

    Halo mas..
    baru sekarang bisa berkunjung ke blognya πŸ˜€

    sampai jumpa di Jakarta ya..

    1. Dwi Wahyudi says

      Oke, btw terpilih dalam 20 besar yach? Trims…

  23. unggulcenter says

    Om Dwi emang tob banged dah!

    Sampai ketemu di IYCS dan selamat jadi top 20 yaaa !!

    1. Dwi Wahyudi says

      Untuk IYCS 2012 sepertinya masih dipertimbangkan bro, maklum waktunya ngepas banget. Bisa langsung nyambung ke Jakarta sepertinya kalau saya pergi. Lagipula, ngga dapat sponsor untuk berangkat ke Bandung nih. Hehehe…

  24. Bella Noer Achaddiah says

    Great… SDM yg berkualitas akan membawa negara kita ini yaitu “INDONESIA” kembali menjadi macan di Negaranya sendiri……

    Salam kenal Mz.. πŸ™‚ …smga ide2 dgn tujuan positif bagi negeri ini bisa menjadi masukan bagi Bapak2 dan Ibu2 anggota DPD RI… amiinn

  25. GKR Hemas says

    Selamat ya sebagai pemenang lomba DPD
    Berita berita tentang perbatasan di Kalbar, bisa menjadi bahan masukan bagi DPD

  26. bro eser says

    Congrats bro udah jadi pemenang… Enak nih bisa jalan-jalan keliling Indonesia

  27. Teguh says

    sukses om..
    memajukan blogger borneo πŸ™‚

Leave A Reply

Your email address will not be published.