Rilis Update Terbaru Android 9 Pie ASUS ZenFone 5 Series

ASUS hari ini mengumumkan akan segera menggulirkan update sistem operasi Android 9.0 Pie untuk ZenFone 5 Series terbaru mereka. Jika tidak ada aral melintang, pengguna ZenFone 5, ZenFone 5Z, dan ZenFone 5Q dipastikan akan dapat menikmati sistem operasi Android terbaru tersebut dalam waktu dekat ini.

“Semua pengguna ZenFone 5, ZenFone 5Z, dan ZenFone 5Q akan dapat menjajal beragam fitur baru di Android 9 Pie dalam waktu dekat,” ujar Jimmy Lin, Country Manager ASUS Indonesia.

“Ini merupakan bukti komitmen kami untuk memastikan pengguna ZenFone selalu mendapatkan pengalaman penggunaan yang terbaik,” tambahnya.

Update sistem operasi ini akan didistribusikan secara otomatis melalui firmware-over-the-air (FOTA). Berikut adalah jadwal distribusi update Android 9 Pie untuk setiap model ZenFone 5 Series:

  • Model ZenFone 5 ZE620KL : Awal Quarter 1 Tahun 2019
  • Model ZenFone 5Z ZS620KL : Awal Januari 2019
  • Model ZenFone 5Q ZC600KL : Akhir Januari 2019

Pengguna ZenFone 5 Series secara otomatis akan mendapatkan notifikasi ketika update Android 9 Pie telah tersedia. Pengguna juga bisa langsung mengunduh update tersebut melalui metode FOTA untuk memulai proses instalasi.

Ketika update telah selesai diunduh, sebuah notifikasi akan muncul dan pengguna bisa memulai melakukan update. Proses instalasi update Android 9.0 Pie akan berlangsung beberapa menit dan perangkat akan melakukan restart sebanyak dua kali.

AKSES UPDATE MANUAL

ASUS juga menyediakan opsi update manual untuk perangkat yang tidak mendapatkan notifikasi update Android 9 Pie melalui FOTA. Update manual ini akan tersedia satu minggu setelah update melalui FOTA tersedia ke publik. Prosedur update manual ini dihadirkan untuk memastikan semua perangkat ZenFone 5 Series bisa mendapatkan update sistem operasi Android Pie.

“Jika tidak ada notifikasi update, pengguna bisa menggunakan prosedur update secara manual,” ujar Jimmy. “Lewat prosedur manual, kami pastikan tidak ada pengguna ZenFone 5 Series yang tertinggal dan tidak bisa menikmati Android Pie.”

Prosedur update manual juga sangat mudah dilakukan, yaitu dapat diakses melalui menu Settings > System > System Updates. Sistem akan memeriksa ketersediaan update tersebut dan pengguna bisa langsung melakukan instalasi. Selama proses instalasi, perangkat akan melakukan restart sebanyak dua kali.

“Saat ini, sistem operasi Android Pie 9 untuk smartphone-smartphone ASUS ZenFone 5 series sedang dalam tahap pengujian. Jika tidak ada masalah, mudah-mudahan kita akan sediakan ke publik sesuai jadwal,” tutup Jimmy.

Android 9 Pie
Image: Google.Com

ANDROID 9 PIE

Sekilas mengenai Android 9 Pie seperti dilansir dari lama IDNTimes.Com, Kamis (09/08/2019), Google yang dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi paling terkemuka di dunia, akhirnya merilis seri terbaru dari salah satu produk mereka yaitu Android. Seri kesembilan dari keseluruhan OS Android ini diberi nama Pie.

Uniknya, tak hanya nama saja yang berubah, model dari penulisan angka yang digunakan juga diubah. Jika sebelumnya selalu diikuti dengan angka 0 dibelakang titik (semisal 7.0 atau 8.0), Android Pie kali ini hanya menggunakan angka 9 saja.

Update terbaru ini dikabarkan telah dirilis untuk smartphone flagship miliki Google yaitu Google Pixel via update over-the-air. Rencananya, beberapa smartphone lain akan mendapatkan update Android 9 Pie dalam waktu dekat. Salah satu diantaranya adalah ASUS ZenFone 5 Series. (DW)

You might also like

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More