Blogger Borneo Menang Lomba SEO Untan 2018

Alhamdulillah puji syukur Blogger Borneo panjatkan kepada Allah SWT karena setelah kurang lebih 6 (enam) bulan berjibaku membuat konten terkait tema yang diberikan oleh panitia lomba SEO Universitas Tanjungpura tahun 2018 yaitu Bersama UNTAN Membangun Negeri sekaligus mengoptimasinya, akhirnya tulisan Blogger Borneo terpilih menjadi juara pertama berdasarkan urutan peringkat di halaman pertama pencarian Google.

Sebenarnya sewaktu awal mula Lomba SEO Untan 2018 ini diselenggarakan, Blogger Borneo merasa tidak terlalu yakin untuk turut serta karena sudah bisa diprediksi hasil akhirnya akan seperti apa. Apalagi jika melihat dari masa periode lomba yang cukup panjang yaitu sekitar 6 (enam) bulan dimana kemungkinan menang akan semakin kecil karena tentu saja proses optimasi akan semakin panjang juga.

Akan tetapi sebagai salah seorang alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi UNTAN Tahung Angkatan 2000, Blogger Borneo memiliki tanggungjawab moral tersendiri untuk mengikuti kompetisi blog yang sepertinya baru pertama kali diselenggarakan ini. Jadi dengan mengucapkan Bismillah, tulisan mengenai UNTAN pun mulai dibuat.

PEMENANG LOMBA SEO UNTAN 2018

Sejak periode kompetisi dimulai, Blogger Borneo secara perlahan namun pasti mulai melakukan optimasi terhadap tulisan yang dibuat dengan judul Bersama UNTAN Membangun Negeri, Edukasi Sebagai Kunci Kemajuan Bangsa. Memang jika diperhatikan selama periode lomba, tulisan ini sudah mengalami beberapa kali pergantian judul. Selain itu, perubahan juga dilakukan untuk tanggal revisi tulisan terbarunya. Meski begitu, yang sifatnya tetap dan tidak pernah diubah adalah link dari tulisan ini sendiri.

Image: Dok. Pribadi

Berbagai cara dan upaya pun dicoba dimana hal ini sebelumnya tidak pernah dilakukan, ya maklum saja karena kompetisi kali ini faktor penilaiannya lebih ke SEO maka Blogger Borneo mencoba untuk menulis dengan gaya bahasa dan kalimat yang memang dipilih khusus dan memiliki daya tarik tersendiri di mesin pencari. Meski pada awalnya sempat pesimis, namun di pertengahan jalan justru Blogger Borneo merasa tertantang untuk dapat menyelesaikan kompetisi ini dengan hasil akhirnya adalah menjadi salah seorang pemenang.

6 BULAN MEMBERIKAN BERKAH

Siapa yang bakal mengira ternyata periode lomba selama 6 (enam) bulan memberikan berkah tersendiri karena Blogger Borneo akhirnya memiliki waktu lebih panjang untuk berimprovisasi dalam melakukan optimasi. Mungkin jika masa lombanya diperpendek, posisi tulisan yang diikutsertakan masih belum bisa menempati urutan yang diharapkan. Alhamdulillah…

Hingga pada saat deadline lomba tercapai yaitu pada tanggal 31 Agustus 2018 tengah malam, posisi tulisan Blogger Borneo masih berada pada urutan 5 besar halaman pertama untuk kata kunci pencarian “Bersama UNTAN Membangun Negeri”. Mungkin banyak yang mengira proses penilaian akan langsung dilakukan begitu deadline dilalui, namun entah kenapa justru Blogger Borneo memprediksi proses penilaian akan dilakukan oleh pihak panitia penyelenggara dalam masa tenggang sejak deadline berakhir hingga mendekati saat pengumuman para pemenang di tanggal 17 Agustus 2018.

BLOGGER BORNEO MENJADI JUARA PERTAMA

Alhamdulillah setelah melalui proses masa perlombaan dan penantian yang panjang, akhirnya pengumuman para pemenang terpilih dipublikasikan secara resmi melalui laman miliknya UPT TIK UNTAN. Rasa bahagia bercampur haru spontan dirasakan ketika melihat tulisan Blogger Borneo berada di urutan pertama halaman pencarian Google. Cukup merasa bahagia melihat pengumuman ini karena merasa semua kerja keras yang sudah dilakukan selama ini pada akhirnya membuahkan hasil seperti apa yang diharapkan.

Urutan Peringkat Tulisan Peserta Lomba SEO UNTAN 2018 di Google
Image: TIK.UNTAN.Ac.Id

Selang beberapa hari kemudian, Blogger Borneo dihubungi oleh salah seorang panitia penyelenggara yaitu Bang Wandi dan diminta datang memenuhi undangan penyerahan hadiah di basecamp UPT TIK UNTAN yang terletak di seberang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.

Sesampainya di lokasi yang dimaksud, Blogger Borneo berbincang sejenak dengan Bang Whandi yang ternyata setelah bertemu secara langsung, wajah Beliau tidak terasa asing. Cerita punya cerita, ternyata Beliau ini dulunya juga sempat aktif ngeblog juga bersama abang-abang senior seperti Bang Fadlie yang pada kesempatan ini tulisannya juga masuk dalam urutan 10 (sepuluh) besar hasil pencarian Google.

Tidak lupa Blogger Borneo ucapkan terima kasih banyak kepada para panitia penyelenggara Lomba SEO UNTAN 2018 atas inisiatif dan kerja kerasnya selama ini yang telah mengadakan kompetisi demi meningkatkan rating website www.untan.ac.id di Google. Semoga di kesempatan tahun berikutnya, kompetisi seperti ini kembali akan dilaksanakan. Amin… (DW)

2 Komentar
  1. dapur mak ita says

    wedan kali kau bang..mantabbbb.. sekali kali posting cara menangin kontes dong bang… jadi kepengin…

    1. Dwi Wahyudi, SE says

      Cara menangin kontes, yang pertama ada menulis konten. Kedua optimasi sesuai kebutuhan. Ketiga, berdo’a kepada Allah SWT. Dah itu jak…

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More