Butuh Dana Cepat? Yuk Coba Gadai Online

Meski sudah direncanakan, biasanya akan ada kebutuhan mendadak yang membuat anda kebingungan dalam mendapatkan uang. Jika sudah begini, pilihannya hanya dua yaitu berhutang pada pihak ketiga atau menjual barang berharga dengan harga di bawah pasar. Dua pilihan ini sama-sama sangat tidak menguntungkan bagi anda yang notabene berada dalam keadaan terjepit. Namun, saat ini sudah ada gadai online yang mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah keuangan anda saat ada kebutuhan mendesak.

APA ITU GADAI ONLINE?

Gadai merupakan salah satu layanan yang banyak diandalkan oleh masayarakat saat membutuhkan uang secara mendadak. Bahkan di Indonesia sendiri ada lembaga penggadaian yang dikelola oleh pemerintah demi memudahkan masyarakat untuk menggadaikan barang berharganya. Beberapa barang yang sering digadaikan adalah gadai hp, perhiasan, kendaraan, hingga peralatan elektronik. Jika dulu kebanyakan para orang tua yang menggadaikan barang, maka saat ini anak muda hingga mahasiswa juga menjadi peserta penggadaian.

Semakin berkembangnya teknologi tentunya ikut mempengaruhi trend gadai. Jika dulu kita harus mendatangi kantor penggadaian untuk bisa mencairkan dana, maka saat ini anda bisa mendapatkan dana tanpa harus ribet dari gadai secara online. Apakah anda pernah mendengar gadai online? Gadai online sudah hadir sejak beberapa tahun terakhir di mana kehadirannya memang selaras dengan gaya hidup masyarakat yang semakin praktis. Hanya dengan modal koneksi internet dan smartphone atau laptop, masyarakat cukup mengakses situs gadai online dan mengajukan proses penggadaian.

CARA GADAI ONLINE

Untuk bisa menikmati fasilitas gadai online ini anda hanya perlu memutuskan perusahaan gadai online mana yang anda pilih. Kunjungi situsnya atau unduh aplikasinya jika ada untuk memudahkan proses pengajuan gadai online. Kemudian, biasanya pihak gadai online mengharuskan peserta untuk melakukan registrasi dengan membuat akun pada situs atau aplikasi. Setelah semua data diri dimasukkan dan akun siap digunakan, maka anda bisa langsung melakukan pengajuan gadai online.

Saat melakukan proses pengajuan ini biasanya pihak gadai online akan meminta foto barang yang akan digadadaikan. Setelah pengajuan gadai disetujui maka pihak gadai online akan mendatangkan ahli taksir langsung di depan anda, sehingga bisa menimbulkan rasa aman dan puas pada diri karena bisa menyaksikan penaksiran secara langsung. Hal penting yang harus dilakukan oleh pihak gadai online dalam tren penggadaian terbaru ini adalah dengan menghadirkan ahli taksir yang memang kompeten sehingga hasil taksir barang adil untuk konsumen dan pihak gadai online itu sendiri.

Perlu anda ingat, bahwa beberapa pihak gadai online juga ada yang mengharuskan anda untuk datang ke kantor penggadaian terdekat saat penaksiran harga barang dilakukan. Anda bisa memilih gadai online yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda tentunya.

WASPADA DALAM GADAI ONLINE

Meskipun anda membutuhkan dana cepat, bukan berarti anda harus sembarangan dalam memilih perusahaan gadai online. Di tahun 2017 lalu, total ada sekitar 450 lebih usaha gadai swasta di Indonesia, di mana hanya 3 usaha gadai saja yang mendapatkan izin usaha dan 6 usaha gadai yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Melihat fenomena ini, jelas sebagai masyarakat yang akan menggunakan fasilitas gadai online, anda harus waspada. Perusahaan gadai yang tidak kompeten memiliki resiko lebih besar untuk merugikan konsumen. Tanpa legalitas, usaha gadai yang anda pilih bisa saja abai dalam memilih ahli taksir yang kompeten dan tidak adanya perawatan yang dilakukan terhadap barang yang anda gadaikan selama proses penggadaian berlangsung. (ADV)

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More