BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

9 Contoh Personal Branding Tokoh Sukses Nasional dan Internasional

Jaman sekarang, personal branding sangat penting untuk menunjang karir dan kesuksesan seseorang. Tanpa personal branding, tidak ada yang kenal dan tahu siapa Anda. Akan sangat bermanfaat bila kita melihat contoh personal branding yang sukses diterapkan tokoh-tokoh terkenal.

Belajar dari kesuksesan orang lain adalah kunci memaksimalkan personal branding untuk diri Anda sendiri. Apa pun keahlian dan bidang yang Anda geluti, beberapa contoh di bawah ini mungkin patut Anda tiru.

Contoh Personal Branding Dalam Negeri

1. Jusuf Kalla

Siapa yang tidak kenal dengan jusuf Kalla?

Mantan Wakil Presiden ini ternyata juga seorang pengusaha sukses. Profilnya sudah dikenal luas masyarakat Indonesia, terutama berkat perjalanan karirnya di politik.

Yang cukup mengejutkan adalah, ternyata Jusuf Kalla tidak mengerti apa itu personal branding. Beliau hanya fokus pada prestasi dan konsistensi, dua kualitas yang baginya adalah kunci kesuksesan dalam bidang apa pun.

Torehkan prestasi, maka personal branding akan terbentuk dengan sendirinya. Jusuf Kalla adalah salah satu contoh personal branding natural, yaitu image diri yang terbentuk secara tidak sengaja.

2. Titi Dj

Titi Dj adalah salah satu diva Indonesia. Karir musiknya berada di puncak popularitas pada tahun 2000-an. Sampai sekarang, Titi Dj tetap dikenal sebagai salah satu musisi legendaris tanah air.

Ciri khas Titi Dj adalah gaya bermusik dengan penampilan berkonsep grunge atau ghotic. Tidak banyak musisi Indonesia yang nyaman dengan konsep ini. Keunikan inilah yang menjadi nilai lebih seorang Titi Dj yang membedakannya dari musisi-musisi lain.

Penyanyi yang memiliki julukan ‘Sang Dewi’ ini adalah salah satu contoh personal branding yang menekankan pada ciri khas dan keunikan.

3. Kevin Aprilio

Setelah membahas profil-profil legenda, sekarang giliran Kevin Aprilio, sosok muda yang digemari remaja putri Indonesia. Kevin Aprilio adalah musisi sekaligus produser yang sukses berkarir di usia yang masih sangat muda.

Kevin termasuk tipe orang yang selalu ingin berkembang, tidak pernah jalan di tempat. Setelah sukses bersama band pertamanya, Vierra, Kevin melebarkan sayapnya dengan mendirikan perusahaan rekamannya sendiri.

Karena termasuk golongan muda, Kevin sangat memahami pentingnya personal branding. Ia menuturkan bahwa rahasia di balik kesuksesan personal branding adalah mengenal dan memahami diri sendiri.

Semua dimulai dari mengetahui kelebihan dan kekurangan, serta potensi yang dimiliki. Lalu mengembangkan sembari mengenalkannya ke dunia luar. Cara ini terbukti ampuh karena berhasil mensukseskan seorang Kevin Aprilio di dunia music dan jagat digital.

Kevin Aprilio adalah contoh personal branding yang membuktikan bahwa sukses di usia muda itu  mungkin dan nyata.

4. Merry Riana

Merry Riana adalah motivator terkenal dengan quote legendarisnya, “Kita semua adalah CEO dari brand kita sendiri.”

Personal branding Merry dilakukan dengan rencana dan eksekusi yang matang. Jadi, Merry tidak seperti Jusuf Kalla dan Titi Dj yang tidak sengaja membentuk personal branding.

Merry tahu persis apa kelebihan dan kekurangannya, apa yang diinginkannya, dan konsisten untuk mewujudkan semua itu. Baginya, kunci personal branding terletak pada keunikan dan konsistensi.

Agaknya konsistensi menempati ruang khusus dalam personal branding karena dikutip dari semua tokoh yang kita bahas di atas. Personal branding harus konsisten karena membentuknya juga perlu waktu.

Contoh Personal Branding Luar Negeri

1. Gari Cruze

Anda seorang copywriter? Gari Cruze adalah contoh personal branding sukses yang wajib Anda cermati.

Profesinya sebagai copywriter sangat mengandalkan portofolio untuk menunjukkan hasil kerjanya. Portofolio itu dikemasnya dalam bentuk blog pribadi. Di dalamnya, Gari Cruze menampilkan hasil copywriting yang dibuatnya untuk perusahaan ternama seperti Slack, P&G, dan U.S Xpress Shipping.

Penasaran? Cek langsung ke www.garicruze.com.

2. Robby Leonardi

Serupa dengan Gari Cruze, Robby Leonardi juga menaruh portofolio di blog pribadinya. Bedanya, kalau Gari Cruze bekerja sebagai copywriter, Robby Leonardi adalah seorang illustrative designer.

Menariknya, blog pribadi Robby Leonardi didesain menjadi resume interaktif. Blognya bahkan menyabet banyak penghargaan bergengsi di kancah internasional. Sebut saja FWA Awwwards, CSS Design Awards, dan CSS Winner.

Untuk melihat contoh personal branding Robby Leonardi, mainkan game yang disajikan di blognya: www.rleonardi.com.

3. Kendra Schaefer

Kendra adalah perempuan multitalenta asal Amerika Serikat yang menetap di Beijing. Kendra berprofesi sebagai penulis di bidang teknologi, konsultan Chinese user interface, sekaligus desainer.

Latar belakang Pendidikan dan proyek-proyek yang pernah Kendra kerjakan tersusun rapi di blog pribadinya. Tidak hanya membahas hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan, Kendra juga konsisten membagikan kehidupan dan pengalaman pribadinya.

Kendra adalah contoh personal branding dengan tone yang fun dan enerjik. Lihat langsung seperti apa hasilnya di www.kendraschaefer.com.

4. Christopher Lee

Banyak platfotm yang biasa digunakan desainer untuk memajang karya-karyanya. Beberapa di antaranya adalah Dribbble dan Pinterest. Lain halnya dengan Christopher Lee, desainer profesional yang mengunggah hasil karyanya ke website pribadi.

Reputasi Christopher Lee sebagai seorang desainer sudah tidak diragukan lagi. Pengalamannya membuat desain untuk Honda Canada, Nickelodeon, Wendy’s, dan Line Corp sudah lebih dari cukup untuk mempertegas kompetensinya.

Chistopher Lee merupakan contoh personal branding terbaik di bidang desain kreatif.

5. Gary Sheng

Saat ini, karir sebagai programmer sedang banyak diminati karena peluang penghasilan dan prestige yang tinggi. Tapi menjadi programmer profesional tidak cukup hanya dengan mengandalkan kemampuan. Personal branding juga harus dioptimalkan.

Seperti Gary Sheng, software engineer dan website developer yang sukses berkarir di bidang pengembangan perangkat lunak. Keahliannya itu terlihat sangat menonjol di web pribadinya, www.garysheng.com.

Gary menampilkan riwayat pendidikan, pekerjaan, dan pengalamannya sebagai programmer. Website pribadinya sudah lebih dari cukup untuk menjelaskan siapa Gary Sheng pada calon klien.

Mengandalkan kompetensinya di bidang web development, Gary membangun website pribadi untuk menunjukkan kualitas hasil pekerjaannya. Kalau ada calon klien yang membutuhkan jasa pembuatan website, Gary tinggal memberikan alamat web pribadinya sebagai contoh. Di dalamnya, dimuat juga portofolio lengkap yang berisi daftar klien dan proyek yang pernah Gary tangani.

Gary Sheng adalah contoh personal branding cerdas yang memanfaatkan web pribadi sebagai senjata andalan.

Belajar dari Contoh Personal Branding Terbaik

Daftar profil di atas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyaknya sosok yang sukses menerapkan personal branding. Seperti yang dikatakan banyak orang, konsistensi adalah kunci. Diperkuat dengan keahlian dan keseriusan dalam menekuni suatu bidang.

Dari dalam negeri, sudah banyak tokoh senior maupun generasi muda yang terbukti sukses memanfaatkan media digital sebagai lahan untuk mengembangkan dan mempopulerkan diri. Dunia maya memang menawarkan kemungkinan tak terbatas di segala bidang. Potensi ini sudah semestinya dimaksimalkan untuk membangun dan menguatkan citra diri Anda pada dunia.

Di artikel ini, kita lebih banyak membahas personal branding yang mengandalkan website dan blog pribadi. Pada kesempatan selanjutnya, kita akan lebih fokus membahas branding di sosial media secara rinci.

Belajar dari contoh personal branding yang kit aulas di atas, tidak ada alasan lagi untuk menunda personal branding Anda sendiri. (CW)

Advertisement

Indonesia Website Awards