Employee Gathering, Tujuan dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan menengah keatas, kegiatan seperti employee gathering biasa masuk sebagai salah satu agenda rutin yang diselenggarakan tahunan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini biasanya diadakan pada awal tahun.

Sesuai bahasanya, yang dimaksud dengan employee gathering dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan yang mempertemukan seluruh karyawan dalam sebuah perusahaan. Karena dalam pelaksanaannya membutuhkan anggaran operasional yang besar, maka biasanya perusahaan menengah keatas yang memiliki agenda rutin tahunan seperti ini.

Selain mengajak para karyawan, pada kesempatan ini biasanya perusahaan juga turut mengajak keluarga inti karyawannya turut serta. Sering disebut juga sebagai family gathering. Sedangkan untuk bentuk kegiatannya dapat bermacam-macam, seperti: Trip Wisata, Fun Outbound, Live Music, Permainan Keluarga, dan sejenisnya.

Manfaat Employee Gathering

Bagi perusahaan-perusahaan skala menengah keatas yang memiliki jam operasional tinggi dengan jumlah karyawan banyak, kegiatan seperti employee gathering ini dilaksanakan dengan tujuan ingin memberikan refreshing (penyegaran) kembali ketika selama setahun para karyawan ini telah dianggap cukup memberikan andil dalam perjalanan operasional perusahaan.

Ternyata selain dapat memberikan penyegaran, kegiatan employee gathering dapat memberikan beberapa manfaat lainnya bagi para karyawan dan perusahaan, antara lain:

1. Mengembalikan Kondisi

Setahun berjibaku dengan aktivitas operasional rutin perusahaan tentu saja akan menimbulkan rasa bosan, penat, muncul konflik internal, dan permasalahan-permasalahan yang sering muncul dalam dunia kerja lainnya. Dengan adanya kegiatan seperti employee gathering, semua permasalahan tersebut bisa dihilangkan. Karena tujuannya demi mengembalikan kondisi, maka pilihlah tempat-tempat gathering yang segar dan sejuk seperti daerah Puncak, Bogor, Bandung, dan lain-lain.

2. Mempererat Hubungan

Bicara konflik internal, hal ini sudah menjadi hal umum yang sering terjadi di sebuah perusahaan skala menengah keatas. Apalagi jika didalam perusahaan tersebut terdapat beraneka ragam divisi sesuai bidang kerjanya masing-masing. Masalah dalam sebuah team biasanya tidak terlihat dalam bentuk konflik, melainkan bisa dilihat dari sikap antar karyawan yang membuat kelompok-kelompok kecil. Agar hal ini tidak menimbulkan efektifitas yang tidak baik dalam hasil kerja team, maka kegiatan gathering seperti ini sangat dibutuhkan.

3. Membangun Tim Kerja

Masih terkait dengan konflik internal yang sering terjadi dalam perusahaan-perusahaan, perselisihan antar karyawan secara tidak langsung akan berpengaruh kepada perputaran operasional perusahaan nantinya. Beda divisi, beda target tujuan, beda cara kerja, namun pada akhirnya semua tetap akan bermuara ke satu tujuan yaitu keberhasilan perusahaan mencapat target tahunannya. Bagaikan sebuah mata rantai dimana satu sama lain saling terkait, maka kesolidan tim dalam perusahaan perlu selalu dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.

4. Memperkuat Kebersamaan

Terkotaknya masing-masing individu pekerja dalam sebuah perusahaan dikarenakan pembagian tugas dan kelompok kerja menjadikan momen employee gathering ini menjadi saat yang tepat untuk memperkuat kembali rasa kebersamaan diantara mereka. Satu pemahaman yang harus terus ditanamkan dalam benak masing-masing karyawan adalah mereka tetap merupakan bagian dari kesatuan besar perusahaan. Jadi, apapun divisinya, apapun bagiannya, apapun departemennya, mereka saling terkait satu sama lain.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan employee gathering dapat dikelola secara internal maupun memanfaatkan jasa Event Organizer (EO). Untuk perusahaan dengan jumlah karyawan tak lebih dari 50 orang, dapat dibentuk panitia kecil untuk mengurus kegiatan ini. Akan tetapi, jika dirasa tugas ini dapat mengganggu kinerja para karyawan maka pilihan untuk memanfaatkan jasa EO dirasa bakal lebih efisien.

Nah, bagi perusahaan yang memiliki rencana untuk melaksanakan employee gathering di Bandung dapat menggunakan jasa employee gathering dari Java Organizer. Java Organizer merupakan perusahaan yang sudah cukup berpengalaman di bidang Employee Gathering, Family Gathering, Outbond, Meeting (MICE), City Tour, dan Paket Golf. Info lengkap mengenai perusahaan ini dapat dilihat melalui laman website resminya di www.javaorganizer.co.id.

Referensi:

  • https://sybillian.com/6-tujuan-dan-manfaat-diadakannya-gathering-bagi-perusahaan.html

 

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More