Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Hujan Tak Kunjung Datang, Sholat Istisqo Menjadi Pilihan

BLOGGERBORNEO.COM – Sudah menjadi “tradisi” tahunan bahwa setiap hujan tidak turun dalam kurun waktu tertentu, secara perlahan beberapa daerah di Indonesia, seperti Kalimantan, Riau, dan Palembang akan tertutup oleh kabut asap yang pekat. Tak bisa dipungkiri, penerapan metode pembukaan lahan dengan pembakaran yang dilakukan secara turun temurun menyebabkan kondisi “musim” asap akan terus berulang, berulang, dan berulang.

Khusus di Kalimantan Barat sendiri, setelah lebih dari 3 (tiga) bulan hujan tidak turun membasahi bumi, kondisi asap untuk saat ini sudah semakin mengkhawatirkan. Menurut BMKG Bandara Supadio Pontianak kandungan asap dalam udara sudah melewati batas ambang kesehatan. Oleh karena itu, pengenaan masker WAJIB dilakukan demi mencegah udara “berasap” terhirup secara langsung.

Melihat kondisi ini, beberapa elemen masyarakat dari kaum Muslimin di kota Pontianak berinisiatif untuk melaksanakan sholat Istisqo. Sampai saat ini, sudah ada beberapa pihak yang melakukan sholat Istisqo, salah satu diantaranya adalah pihak Yayasan Rumah Sakit Islam (YASRI) Pontianak.

Sholat Istisqo di Depat Rumah Sakit Yarsi Pontianak
Sholat Istisqo di Depat Rumah Sakit Yarsi Pontianak (Sumber: Facebook.Com)

Secara definisi, Wikipedia Indonesia menjelaskan bahwa Sholat Istisqo adalah sholat sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Sholat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan atau hajat tertentu. Sholat Istisqo dilakukan secara berjamaah dipimpin oleh seorang imam.

Setelah pihak YARSI melakukan sholat Istisqo dua hari lalu, Insya Allah pada hari Ahad, 20 September 2015 juga akan dilaksanakan sholat Istisqo dengan mengambil tempat di halaman Auditorium Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak. Dengan mengambil tema “Mari Bertaubat untuk Kalbar Bebas Asap”, sholat Istisqo ini Insya Allah akan dipimpin oleh Ustadz Drs. H. Nasution Usman sebagai imam dan Ustadz H. Luqmanulhakim, SE.I, MM. sebagai khatib.

Berikut merupakan susunan acara pelaksanaan sholat Istisqo di halaman Auditorium UNTAN Pontianak yang informasinya dilansir langsung dari halaman facebook Ustadz Luqman PMMAY:

08:00 – 08:15 : Dzikir

08:15 – 08:30 : Muhasabah

08:30 – 08:45 : Dzikir

08:45 – 09:00 : Panduan Tata Cara Sholat Istisqo

09:00 – 09:15 : Sholat Istisqo

09:15 – 09:45 : Khutbah dan Do’a

Jika ada yang ingin diketahui lebih rinci mengenai rencana pelaksanaan sholat Istisqo ini silahkan langsug menghubungi pusat informasi kami via telepon, SMS, atau WA ke 082255170527 an. Gun Mayudi.

Semoga dengan kita memohon ampun kepada Allah SWT, Allah SWT akan menurunkan segala rahmat dan hidayah-Nya untuk kota Pontianak tercinta. Amin… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.