Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Info CPNS 2013 Terbaru Kalimantan Barat

Di tahun 2013 ini, sebanyak 295 instansi pemerintah akan membuka seleksi CPNS dari jalur pelamar umum. Pengumuman formasi dan pendaftaran jalur pelamar umum dimulai minggu ketiga-keempat Agustus 2013. Ujian Seleksi CPNS 2013 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) pada bulan September-Oktober 2013. Khusus Sistem ujian CAT diberlakukan hanya pada 12 kantor regional Badan Kepegawaian Nasional (Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Jakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, Pekanbaru, dan Jayapura (dalam proses). Adapun daerah selain beberapa kota diatas masih menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Syarat CPNS 2013

Materi Resmi Soal Ujian Seleksi CPNS 2013

1. Tes Kompetensi Dasar (TKD)

a) Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
b) Tes Intelegensi Umum (TIU)
c) Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

2) Tes Kompetensi Bidang (TKB) untuk Formasi Tertentu

(semua materi tersebut dapat dipelajari di http://www.cpnsonline.com/?id=okecpns)

Khusus ujian bagi para honorer akan dilakukan pada bulan Oktober 2013 menggunakan LJK, tidak menggunakan CAT. Jumlah honorer K-2 yang akan ikut seleksi sekitar 611.692 orang, terdiri dari instansi pusat sejumlah 72.064 orang dan instansi pemerintah daerah sejumlah 539.632 orang. Disamping itu, Pemerintah akan menerima CPNS dari pelamar umum meliputi: 295 instansi yang akan menggelar seleksi CPNS yang terdiri atas 68 kementerian/lembaga dengan jumlah formasi sekitar 20.000 orang, sedangkan 40.000 orang lagi untuk 30 pemerintah provinsi, serta 197 kabupaten/kota.

Pelaksanaan tes bagi CPNS yang berasal dari Tenaga Honorer K-2 akan dilakukan menggunakan LJK, sedangkan bagi pelamar umum pada prinsipnya akan menggunakan CAT. Saat ini di kantor pusat BKN tersedia 2 CAT Station dengan kapasitas 140 komputer. Sedangkan di daerah tersedia 600 komputer yang tersebar di 12 kantor regional, masing-masing 50 Komputer. Kedua belas kantor regional tersebut, antara lain: Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Jakarta, Medan, Palembang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, Pekanbaru, dan Jayapura (dalam proses).

Selain itu, pada tahun 2013 ini pemerintah juga akan mengakomodir pelamar umum dari para difabel, pemuda-pemudi Papua yang potensial, serta atlet berprestasi, yang jumlahnya sebanyak 565 formasi. Untuk para difabel bagi K/L dialokasikan 62 formasi, dan untuk Daerah sebanyak 263 formasi. Sedangkan untuk putra-putri potensial Papua disediakan 100 formasi, yang akan ditempatkan di sejumlah K/L. Adapun formasi untuk atlet berprestasi sebagai pelatih olahraga sebanyak 140 formasi, untuk ditempatkan di Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sistem seleksi terhadap kebijakan tersebut sama dengan seleksi untuk pelamar umum yang lain. Khusus untuk Papua seleksi sesama putra/putri Papua.

Dibawah ini adalah nama-nama instansi pemerintahan yang telah mengeluarkan informasi lowongan CPNS terbaru yang dibutuhkan, antara lain:

  1. Info CPNS Kementerian Keuangan Republik Indonesia
  2. Info CPNS Kejaksaan Republik Indonesia

Sumber Referensi:

  • http://menpan.go.id

Sumber Gambar:

  • http://zhafif-perawatkesehatanmasyarakat.blogspot.com/2013/08/syarat-pendaftaran-online-cpns-tahun.html

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.