BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Ini Cara Tepat Mengelola Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Bumi kita ini memiliki banyak sumber daya alam yang tersebar di berbagai wilayah. Berbagai sumber daya alam ini pada dasarnya bisa digunakan untuk mendukung keberlangsungan kehidupan manusia.

Secara garis besar, sumber daya akan bisa dibedakan menjadi 2 kalompok, yakni: sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya akan yang tidak dapat diperbaharui.

Pengertian Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah berbagai kekayaan alam yang dapat digunakan untuk menjaga dan mendukung keberlangsungan hidup manusia, namun bisa habis jika digunakan terus menerus.

Sumber daya alam ini hanya ada dalam jumlah yang terbatas saja dan tentu saja tidak bisa diperbanyak atau diproduksi. Hal inilah yang menjadi tantangan sumber daya alam tersebut, sebab akan habis suatu saat nanti.

Jika digunakan terus menerus dalam waktu yang panjang, maka besar kemungkinan generasi yang akan datang tidak akan sempat menikmati berbagai sumber daya alam yang seperti ini lagi di masa yang akan datang.

Ada banyak contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, antara lain: minyak bumi, batu bara, gas alam, emas, dan yang lainnya. Sebagian besar sumber daya alam ini termasuk langka dan hanya bisa ditemukan di wilayah-wilayah tertentu saja.

Kendaraan Pengangkut Mineral Alam
Image: https://pixabay.com/users/stafichukanatoly-3558116/

Kelola Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui dengan Bijak

Untuk menjaga kecukupan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui ini, sebagai manusia kita harus memiliki kesadaran untuk mengelolanya dengan cara yang tepat mulai sekarang.

 Hal ini akan memungkinkan generasi berikutnya bisa ikut menikmati dan menggunakan berbagai sumber daya alam tersebut di masa-masa yang akan datang.

Berikut ini adalah beberapa cara tepat yang bisa dilakukan untuk mengelola sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui:

1. Menghemat Pemakaian

Cara pertama yang wajib kita lakukan untuk mengelola sumber daya akan yang tidak bisa dperbaharui adalah dengan menghemat penggunaanya. Hal ini tentu membutuhkan komitmen yang tinggi.

Kia harus membiasakan diri untuk memakai berbagai sumber daya alam ini dengan sehemat mungkin dan sesuai dengan kebutuhan saja, sehingga tidak ada yang terbuang atau tidak terpakai dengan tepat.

2. Bijak Mengelola Ekspor Hasil Tambang

Selama ini negara kita kebanyakan melakukan ekspor berbagai hasil tambang dalam kondisi mentah. Dengan kata lain, negara tujuan ekspor inilah yang akan mengolah berbagai hasil tambang ini.

Jika ingin mengelola sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dengan bijak, maka kebiasaan ekspor yang seperti ini harus segera dihentikan dan diubah dengan cara yang baru.

Kita harus mengolah sendiri bahan tambang menjadi bahan baku jadi, sehingga dapat mengelola pengolahan ini secara maksimal di dalam negeri, bukan di negeri orang.

3. Membuat Inovasi Baru

Selain kedua langkah di atas, mencari inovasi baru yang dapat menggantikan sumber daya alam tak tidak bisa diperbaharui merupakan satu-satunya cara untuk menghentikan ketergantungan kita pada sumber daya alam tersebut.

Gunakan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui dengan Bijak

Negara kita menjadi salah satu negara kaya yang memiliki banyak sumber daya alam, termasuk yang tidak dapat diperbaharui.

Namun meski begitu, kita harus mulai mengelola dan menggunakan sumber daya alam ini dengan bijak, agar generasi berikutnya bisa ikut menikmatinya. (ADV)

Advertisement

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Indonesia Website Awards