BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Advertisement

Inilah 7 Hewan Omnivora di Darat yang Perlu Anda Ketahui

Seluruh makhluk hidup di dunia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Dalam ilmu biologi, terdapat jenis-jenis hewan yang dilihat dari makanan yang dikonsumsi oleh mereka, seperti dikelompokkan menjadi karnivora, omnivora, herbivora, dan insektivora.

Omnivora merupakan jenis hewan yang memakan segalanya, seperti memakan daging dan tumbuhan. Dalam ulasan ini, kami akan membahas beberapa contoh hewan omnivora yang berada di daratan, yaitu:

1. Gorilla

Terdapat gorilla yang termasuk dalam hewan omnivora. Hewan dengan tangan yang kekar, cukup besar, dan bergigi tajam yang dapat memakan tumbuhan dan daging, terutama jika tidak ada tumbuhan disekitarnya.

Gorilla
Image: Pexels.Com

Sebenarnya tidak semua hewan gorilla dikategorikan sebagai hewan buas, tetapi terkadang gorilla dapat berubah menjadi buas saat sedang kelaparan atau ada gangguan dari hewan lain. Gorilla termasuk pada hewan yang terancam punah dan harus dilindungi.

2. Burung Jalak

Hewan yang satu ini memiliki tubuh yang berukuran sekitar 20 hingga 25 cm dan memiliki bulu yang didominasi dengan warna hitam.

Burung jalak termasuk pada hewan omnivora, karena burung jalak pemakan segalanya, seperti buah-buahan (pisang dan pepaya) dan serangga.

Burung Jalak
Image: Pexels.Com

Burung jalak termasuk hewan yang lincah dan dapat menirukan suara burung lain, hal ini memudahkan burung jalak saat memangsa makanan untuk dimakan sehari-hari.

3. Anjing Hutan

Selanjutnya terdapat anjing hutan yang termasuk dalam hewan omnivora, karena anjing hutan memakan buah-buahan seperti berry, carrio, dan rumput.

Selain itu, anjing hutan juga memakan daging dari hewan yang memiliki tubuh lebih kecil dari mereka.

Anjing Hutan
Image: Pexels.Com

Biasanya hewan yang sering menjadi sasaran anjing hutan yaitu kelinci, ular, tupai, burung, berang-berang, serangga, dan lain lain.

Anjing hutan termasuk sebagai hewan yang cukup buas, karena anjing hutan akan menyerang ketika merasa terancam, terutama hewan yang berada dibawah tingkatnya atau lebih kecil.

Baca Juga:  Catatan Harian Ini Bukti Ketabahan Seorang Istri di Hari Wafatnya Sang Kekasih Hati

4. Monyet

 

Hewan yang satu ini terlihat seperti simpanse dan gorilla, tetapi memiliki tubuh yang lebih kecil dan ekor yang panjang.

Monyet
Image: Pexels.Com

Monyet termasuk pada hewan omnivora, karena monyet memakan berbagai sayur-sayuran, buah-buahan, serangga, dan hewan kecil lainnya.

5. Tupai

Hewan omnivora selanjutnya yaitu tupai. Hal ini dapat dilihat dari makanan yang tupai makan di setiap harinya, seperti kulit kayu, buah, biji-bijian, jamur, dan lain lain.

Tupai
Image: Pexels.Com

Selain itu, tupai juga kerap memakan serangga-serangga kecil disekitarnya. Makanan khas yang sering dimakan oleh tupai yaitu biji kenari.

6. Tikus

Hewan ini terkadang cukup menganggu terutama ketika berada di rumah dan termasuk sebagai bagian dari hewan omnivora, yaitu tikus. Dalam kesehariannya, tikus memakan tumbuh-tumbuhan, seperti kelapa, jagung, dan padi.

Tikus
Image: Pexels.Com

Tikus sering mencuri makanan seperti daging yang berada di rumah-rumah, itulah mengapa tikus termasuk pada hewan omnivora.

7. Landak

Hewan ini memiliki tubuh yang tajam dan termasuk sebagai hewan omnivora. Landak memakan segala makanan seperti katak, cacing, semut, jangkrik, dan lain lain.

Landak
Image: Pexels.Com

Tidak hanya memakan daging, landak juga sering memakan tumbuhan, seperti akar, batang daun, daun-daunan, dan pohon lainnya yang memiliki kulit kayu muda.

Sekian ulasan mengenai berbagai hewan omnivora yang berada di darat. Beberapa hewan omnivora termasuk pada kategori hewan yang cukup buas, terutama ketika mereka merasa terancam saat berhadapan dengan hewan lainnya.

Berdasarkan ulasan diatas, bagaimana menurut Anda mengenai hewan omnivora yang hidup di darat? (ADV)

Advertisement

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Indonesia Website Awards