Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Install WordPress Manual di Byethost

Huh… Setelah selama ini selalu melakukan instalasi secara otomatis menggunakan fasilitas Auto Sript Installer miliknya Byethost, kali ini saya terpaksa harus melakukan proses instalasi tersebut secara manual. Sebenarnya hal ini pernah saya lakukan dulu sewaktu masih menggunakan jasa 000WebHost  dan berhasil. Cuma karena fasilitas di 000WebHost jarang diupdate (mungkin gara-gara gratis kali yach), saya memutuskan untuk pindah provider. Sempat mencari-cari di Google akhirnya menemukan provider yang bersedia memberikan gratis space hostingnya yaitu Byethost. Nah, kebetulan saat ini dari pihak provider Byethost masih menutup fasilitas Auto Script Installernya dikarenakan masih dalam tahap maintenance rutin berkala.

Bisa sih kalau saya mau menunggu sampai proses maintenancenya selesai, namun karena saya sudah tidak sabar lagi untuk mencoba mengaktifkan salah satu domain yang saya miliki,  Mbah Google kembali saya obrak-abrik guna mencari cara untuk melakukan proses instalasi wordpress secara manual. Alhamdulillah akhirnya saya menemukan sebuah tulisan yang berjudul Instalasi WordPress Manual di 000WebHost di blog miliknya Mas Hery Antony. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak buat beliau yang telah membagi sedikit ilmunya.

Hal pertama yang mesti dipersiapkan adalah memiliki akun di Byethost terlebih dahulu. Untuk proses pendaftarannya cukup mudah kok, masuk saja ke www.byethost.com dan Signup for Free Hosting. Kemudian persiapkan domain yang akan digunakan, bisa menggunakan layanan domain gratis yang disediakan oleh www.co.cc, atau dapat juga menggunakan subdomain yang telah disediakan oleh hosting byethost.com. Bagi yang sudah sedikit expert bisa juga menggunakan domain berbayar seperti yang saya lakukan dimana kali ini domain yang mau saya setup adalah www.sangbintangschool.com.

Langkah berikutnya adalah membuat database yang akan digunakan dari menu MySQL yang ada di Control Panel. Isikan data-data yang diminta seperti: MySQL database name, MySQL user name, dan Password. Jika telah selesai diisi, selanjutnya tekan tombol Create database. Berikutnya akan ditampilkan daftar dari database yang telah Anda buat. Silakan catat, karena data tersebut diperlukan untuk ditambahkan pada file wp-config.php. Memang ada sedikit perbedaan dengan cara menginstall WordPress Offline.

Berikutnya, silakan upload engine WordPress, ke dalam direktori utama public_html. Sebaiknya diupload dalam format zip terlebih dahulu, agar keseluruhan file terupload semua. Untuk mengupload software WordPress tersebut dapat menggunakan File Manager yang ada di CPanel atau menggunakan Software FTP, seperti: SmartFTP, dan FileZilla. Setelah diupload, silakan ekstrak file zip tadi sehingga keseluruhan file WordPress terletak di dalam direktori public_html.

Agar WordPress ini dapat diinstall, maka kita harus mengatur konfigurasi terlebih dahulu. Yaitu dengan menambahkan database yang telah dibuat tadi, dengan cara mengedit file wp-config-sample.php menggunakan text editor, seperti Notepad, kemudian rename menjadi wp-config.php. Tambahkan data-data yang ada di MySQL, yaitu dengan mengedit database sebagai berikut:

(‘DB_NAME’,’sesuai di MySQL‘) misalnya: b2_bloggerborneo_dbname. b2_bloggerborneo adalah nama akun Anda, sedangkan dbname adalah nama database yang Anda buat tadi. Jika telah Anda masukkan maka formatnya akan menjadi (‘DB_NAME’,’b2_bloggerborneo_dbname‘)
(‘DB_USER’,’sesuai di MySQL‘) sama seperti di atas, misalnya: b2_bloggerborneo. Jika telah Anda masukkan maka formatnya akan menjadi (‘DB_USER’,’b2_bloggerborneo‘)
(‘DB_PASSWORD’,’password Anda‘) sesuai dengan password login Anda di Byethost.
‘DB_HOST’,’sesuai database‘) sesuai dengan data yang disediakan di MySQL untuk akun Anda, yaitu pada bagian MySQL Host, misalnya: sql99.byethost.com. Jika telah Anda masukkan maka formatnya akan menjadi (‘DB_HOST’,’sql99.byethost.com‘).

Berikutnya, silakan disimpan perubahan yang telah dibuat. Dan pastikan nama filenya sudah diganti menjadi wp-config.php. Tahapan berikutnya, silakan akses domain yang Anda gunakan tadi, misalnya: www.domainanda.com atau www.domainanda.co.cc, dll. Setelah itu akan ditampilkan halaman untuk menginstall WordPress. Masukkan data yang diperlukan, seperti: Judul Blog dan Email Address.

Sekarang Anda telah berhasil menginstall WordPress manual, selamat mencoba dan semoga berhasil. (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
10 Comments
  1. Adi Imam Pratomo says

    nice inpo gan…. thanks..

  2. iwan says

    walapun artikelnya dah lama, tp masalah di byethost ini muncul kembali di bln juni 2011 ini, yaitu fitur fantastico-nya gak bisa dipakai, sy sdh coba dengan langkah2 spt yg sdh dijelaskan, tp pas sy ketik alamat web sy di browser ko, gak bisa muncul menu install wordpressnya ya ?
    thank for all

  3. gmbelART says

    thanks .. ini yg di cari2 dari tadi .. 😀

    1. Dwi Wahyudi says

      Silahkan dipelajari bro, fasilitas hosting gratis tuh. Lebih bagus ketimbang pake 000webhost.com

  4. widyantara says

    Mantab mas tutorialnya.
    saya mau install buat domain yang satunya, tapi saya lupa caranya maklum dah lama banget. hehehehe
    eh malah nemu tutorial di sblog ini. terimakasih..

    1. Dwi Wahyudi says

      Alhamdulillah tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang lain, byethost ini merupakan hosting pertama saya waktu masih belajar ngeblog. Sampai sekarang masih belajar juga sih, cuma udah pake hosting yang berbayar via ARDHOSTING 🙂

  5. Jefry says

    sepertinya cukup rumit ya kalau mau menginstall blog wordpress secara manual ni..
    btw, apa byethost memperbolehkan kita menggunakan blog gratisannya untuk tujuan komersial ya ?
    terima kasih infonya

    1. Dwi Wahyudi says

      Untuk saat ini saya tidak lagi menggunakan byethost karena ternyata fasilitas hosting gratis yang diberikan cuma setahun, lebih dari itu kita mesti bayar biaya berlangganannya. Kmrn saya sempat kecolongan dan database saya langsung dihapus. Trims…

  6. training komputer says

    Salam kenal Bang dari pemilik kursus komputer online terbaik di Indonesia, kalau Abang tidak keberatan bolehlah saya menumpang komentar disini sekaligus promosi mengenai jasa kursus saya? Terima kasih banyak sebelumnya Bang… 🙂

    1. Blogger Borneo says

      Oke Bro, selama komentarnya masih berada pada alur yang tepat maka saya mengijinkan komentar dalam bentuk bahasa promosi seperti ini. Hitung2 bantu kawan berbisnislah. Ma kasih udah berkunjung ya…

Leave A Reply

Your email address will not be published.