Artefak (sering juga dieja sebagai “artefak” atau “artefact”) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada objek atau benda buatan manusia yang memiliki nilai sejarah, arkeologis, budaya, atau ilmiah.

Artefak-artefak ini dapat berupa benda-benda fisik atau bahan yang diproduksi, digunakan, atau dimodifikasi oleh manusia dalam konteks berbagai periode waktu dan budaya.

Pameran Artefak Rasulullah

Pameran Artefak Rasulullah merupakan sebuah peristiwa di mana artefak atau benda-benda yang terkait dengan kehidupan Rasulullah Muhammad SAW dan periode awal Islam dipamerkan untuk tujuan pendidikan, penelitian, atau kepentingan budaya.

Artefak-artefak ini bisa berupa benda-benda seperti pakaian, alat-alat rumah tangga, tulisan-tulisan tangan, senjata, dan lainnya yang memiliki kaitan sejarah dengan Rasulullah dan awal perkembangan Islam.

Namun, perlu diingat bahwa dalam Islam, penghormatan terhadap Rasulullah Muhammad SAW sangat penting. Oleh karena itu, pameran artefak Rasulullah harus dilakukan dengan rasa hormat dan ketelitian yang tinggi.

Penggunaan artefak terkait Nabi Muhammad SAW dalam pameran seharusnya tidak melanggar prinsip-prinsip agama atau budaya Islam.

Pameran seperti ini biasanya diselenggarakan di museum Islam atau institusi budaya yang memiliki koleksi sejarah Islam. Pameran ini dapat memberikan wawasan berharga tentang kehidupan dan warisan Rasulullah serta periode awal Islam.

Selain itu, pameran ini juga dapat menjadi sumber penelitian yang berharga untuk ilmuwan, sejarawan, dan peneliti yang tertarik dalam studi Islam dan sejarahnya.

Diselenggarakan di Kota Pontianak

Alhamdulillah menjelang penutup tahun 2023, tepatnya pada awal November nanti Pameran Artefak Rasulullah akan digelar di Kota Pontianak, tepatnya di Pontianak Convention Center (PCC). Insya Allah pameran ini akan dilaksanakan selama 6 (enam) hari mulai dari tanggal 5-10 November 2023.

Pameran Artefak Rasulullah

Selama pameran akan dihadiri oleh beberapa ustadz maupun ustadzah yang cukup terkenal di Kalimantan Barat, seperti:

  • KH. Luthfah Khibar A’lam
  • Habib Thoha Al Jufri
  • KH. Adi Pratama Larasindo
  • Ustadzah Hj. Mirani Mauliza
  • Habib Fahmi Al Muthahar
  • KH. Muhammad Nur Hasan
  • Ustadz Berry El Makky

Nantinya akan dipamerkan 35 artefak yang pernah digunakan oleh Nabi Muhammad SAW pada saat awal mula menjadi seorang nabi hingga akhir hayatnya. Selain itu terdapat juga beberapa benda peninggalan dari para sahabat Rasulullah, seperti: Abu Bakar, Umar bin Khattab dan lainnya.

Tata Cara Pendaftaran

Bagi siapa saja yang ingin hadir dan melihat barang peninggalan bersejarah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat, dapat langsung datang ke PCC pada tanggal 5-10 November 2023. Mengenai info lengkap bisa update ke beberapa nomor kontak yang tertera di leaflet Pameran Artefak Rasulullah diatas.

Alhamdulillah setelah sekian lama menantikan event Pameran Artefak Rasulullah, akhirnya di tahun 2023 ini benda-benda peninggalan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat dapat diperlihatkan di beberapa kota di Indonesia, salah satunya di Kota Pontianak.

Bagi yang merasa penasaran dan ingin melihat seperti apa suasana Pameran Artefak Rasulullah 2023 di beberapa kota lain di Indonesia, dapat langsung menonton videonya dibawah ini:

Video diatas merupakan salah satu hasil dokumentasi dari KompasTV Pontianak ketika meliput Pameran Artefak Rasulullah di Kabupaten Mempawah pada bulan Agustus 2023. Kegiatannya sendiri diselenggarakan di GOR Opu Daeng Manambon.

Kegiatan ini merupakan satu rangkaian dari Festival Pencak Silat Tradisional, yang digelar sejak awal Agustus hingga 17 Agustus 2023. Sedangkan khusus untuk Pameran Artefak Rasulullah  dimulai sejak tanggal 1 hingga 5 Agustus 2023.

Oh iya, satu hal lagi. Untuk dapat masuk dan melihat benda peninggalan sejarah Rasulullah SAW, para pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 100.000,- per orang.

Penutup

Pameran Artefak Rasulullah ini terbuka untuk umum, semua usia, laki-laki maupun wanita, dan tidak memandang latar belakang agama. Ya, Blogger Borneo sendiri mengakui dan meyakini bahwa Nabi Muhammad SAW itu The Best Leader and Motivator in the World.

Jadi kenapa tidak belajar dari kisah perjalanan hidupnya? Di Pameran Artefak Rasulullah inilah kita akan melihat bagaimana sejarah dunia dan kejayaan Islam diukir oleh Baginda Muhammad SAW beserta para sahabatnya yang mulia. Yakinlah kita juga akan mendapat banyak pelajaran disana. Insya Allah…

Lokasi Pontianak Convention Center