BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Karyawan Wajib Miliki Produk-Produk Asuransi Ini

Di Indonesia produk asuransi bukanlah sesuatu yang baru lagi. Seiring dengan begitu banyaknya perusahaan penerbit asuransi tersebut. Membuat banyak orang yang juga menggunakannya.

Asuransi didefisinikan sebagai pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran/kontribusi/premi. Pihak yang lainnya memiliki kewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran/kontribusi/premi apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat).

Definisi Asuransi

Istilah diasuransikan biasanya merujuk pada segala sesuatu yang mendapatkan perlindungan. Dikatakan sebagai produk perlindungan, karena memang asuransi merupakan sebuah perjanjian yang dibuat oleh kedua belah pihak dengan tujuan untuk proteksi, terhadap kemungkinan kerugian dikarenakan kondisi-kondisi tertentu.

Pada dasarnya setiap orang penting untuk memiliki produk proteksi dari asuransi tersebut. Diantaranya adalah karyawan atau pekerjaan, mereka memiliki kebutuhan yang tinggi akan produk proteksi ini, diantara jenis yang wajib dimiliki adalah:

Asuransi Kecelakaan Kerja

Apapun bidang pekerjaannya tetap memiliki resiko untuk terjadinya kecelakaan kerja, hal ini bahkan bisa menyebabkan terjadinya cacat fisik sampai dengan kematian. Sebagai bentuk proteksi maka penting sekali bagi Anda dalam memiliki asuransi kecelakaan kerja.

Asuransi Kesehatan

Tak ada tawar menawar terhadap datangnya penyakit, namun Anda bisa sedini mungkin melakukan persiapan jika seandainya memang terserang penyakit. Diantaranya adalah dengan membeli asuransi kesehatan, jadi ketika sudah sakit tidak perlu khawatir akan mahalnya biaya berobat.

Asuransi Jiwa

Sebagai karyawan dan juga tulang punggung keluarga, mungkin pernah terpikirkan dalam benak Anda bagaimana jika seandainya meninggal dunia, bagaimana dengan masa depan buah hati dan juga kelangsungan hidup mereka. Itulah mengapa harus dilindungi dengan produk asuransi. Apalagi manfaat asuransi jiwa masa kini juga semakin beragam, apalagi jika Anda menambahkan rider.

Asuransi Dana Pensiun

Persiapan masa depan ketika sudah masuk usia pensiun juga sangat penting. Paling tidak harus dilakukan sekarang juga dengan menggunakan asuransi. Sehingga ketika sudah pensiun maka masa depan Anda akan lebih terjamin.

Karena selalu ada uang yang masuk untuk kebutuhan melanjutkan hidup. Karena tidak semua perusahaan akan menjamin dana pensiun untuk karyawan mereka saat sudah tidak lagi bekerja disana.

Elemen dalam Asuransi

Premi

Premi merupakan kewajiban yang dibayar pihak tertanggung kepada pihak penanggung (penyedia layanan asuransi) sebagai jasa pengalihan risiko. Pembayaran premi ini wajib dilunasi oleh pihak tertanggung untuk dapat menggunakan manfaat asuransi saat diperlukan.

Polis Asuransi

Polis asuransi merupakan dokumen legal yang menjadi dasar hukum hubungan antara pihak tertanggung (nasabah) dan pihak penanggung (penyedia layanan/perusahaan asuransi). Polis bertindak sebagai dasar untuk membayar biaya ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan yang dialami pihak tertanggung. Polis dibuat berdasarkan kesepakatan dan harus dibuat secara tertulis.

Klaim

Klaim asuransi merupakan permohonan resmi yang diajukan nasabah terhadap perusahaan asuransi untuk melakukan pembayaran sebagai bentuk ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan berdasarkan ketentuan polis asuransi. Sebelum melakukan pembayaran tersebut, pihak perusahaan asuransi akan memeriksa validitas klaim terlebih dahulu.

 

Belilah asuransi di tempat yang tepat sehingga kedepannya tidak akan menyesal, seperti diantaranya adalah dari Taspen Life yang akan berikan proteksi terbaik bagi hidup Anda. (ADV)

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.