BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Komunitas Blogger Kalimantan Barat, Mimpi yang Tak Mudah untuk Dieksekusi

Sebuah nama besar tentu saja memiliki konsekuensi yang besar juga. Bermimpi itu boleh, namun menjadikannya terealisasi tentu saja membutuhkan upaya yang kuat. Kunci dasarnya ada pada pondasi yang kuat karena semakin tinggi sebuah pohon maka akan semakin kuat angin akan menerpanya.

Komunitas Blogger Kalimantan Barat, beberapa kali Blogger Borneo secara tidak sengaja melihat hashtag ini melintas di sekelebat mata. Dalam benak pikiran langsung terbayang jika seandainya kata tersebut bisa benar-benar menjadi nyata.

Membawa nama besar sebuah wilayah setingkat provinsi tentu saja bukan pekerjaan mudah, apalagi jika melihat dari pengalaman beberapa komunitas yang terlebih dahulu sudah pernah dibentuk. Seperti apa nasibnya sekarang dan apa kabar juga para pengurusnya kini.

Komunitas Blogger Kalimantan Barat

Ketika bicara mengenai Kalimantan Barat, bayangan besarnya dapat dilihat dari kutipan informasi yang Blogger Borneo ambil dari salah satu sumber referensi yang cukup terpercaya yaitu Wikipedia Indonesia.

Berikut adalah profil singkat mengenai Provinsi Kalimantan Barat:

Kalimantan Barat (disingkat Kalbar) adalah provinsi di Pulau Kalimantan, Indonesia, dengan ibu kota Pontianak. Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). Merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi “Seribu Sungai”. Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang di antaranya dapat dan sering dilayari.

Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.

Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia. Walaupun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut, akan tetapi Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Jumlah penduduk Kalimantan Barat menurut Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat adalah 5.001.664 jiwa tahun 2014 (1,88% penduduk Indonesia).

Satu Mimpi Bersama

Blogger Borneo yakin para blogger yang ada di Kalimantan Barat apapun asal domisili kota kabupatennya memiliki sebuah mimpi bersama yaitu membentuk Komunitas Blogger Kalimantan Barat. Akan tetapi jika dilihat kondisinya sekarang, sepertinya mimpi bersama ini baru akan menjadi nyata entah bila-bila masa.

Seperti apa yang telah dijelaskan di awal tulisan ini bahwa membentuk sebuah komunitas dengan membawa nama besar wilayah bukan satu pekerjaan mudah, butuh kerja ekstra dari para foundernya dan tentu saja harus juga mendapat backup dari para stakeholders yang memiliki keterkaitan.

Tapi biar bagaimanapun juga, sebuah mimpi bersama tetap akan bisa dieksekusi karena gambaran besarnya sudah dapat dibayangkan seperti apa. Sekarang tinggal menyiapkan pondasi dasar yang kuat karena inilah kunci utama dari semuanya.

Komunitas Blogger Daerah

Membahas khusus mengenai komunitas blogger di Kalimantan Barat, pertama yang harus disebutkan adalah Komunitas Blogger Pontianak. Komunitas blogger pertama di Kalimantan Barat ini sudah berdiri sejak tahun 2012 dan pada minggu lalu baru saja melakukan kopdar untuk menentukan para pengurus yang baru.

Pengurus Baru Komunitas Blogger Pontianak Tahun 2021
Image: BloggerPontianak.Org

Berikutnya ada juga Komunitas Blogger Singkawang yang sejak berdiri pada tahun 2017 lalu hingga saat ini dipunggawai oleh beberapa orang Blogger Singkawang, salah seorang diantaranya yang cukup Blogger Borneo kenal adalah Multi Juniar Siahaan.

Nah untuk komunitas blogger daerah yang baru saja terbentuk adalah Komunitas Blogger Kubu Raya. Meskipun sebenarnya ide gagasan pembentukan komunitas blogger ini sudah tercetus pada tahun 2012, namun atas dasar banyak pertimbangan baru benar-benar terealiasi 9 tahun kemudian tepatnya pada tanggal 16 Januari 2021.

Daftar Komunitas Blogger Daerah

  • Komunitas Blogger Mempawah
  • Komunitas Blogger Sintang
  • Komunitas Blogger Sekadau
  • Komunitas Blogger Ketapang
  • Komunitas Blogger Sintang
  • Komunitas Blogger Melawi
  • Komunitas Blogger Kapuas Hulu
  • Komunitas Blogger Sanggau
  • Komunitas Blogger Bengkayang
  • Komunitas Blogger Landak
Kopdar Blogger Kubu Raya Perdana 2021
Image: BloggerCorners.Com

Sebenarnya masih ada dua daerah lagi di Kalimantan Barat yaitu Sintang dan Ketapang masuk kategori kabupaten besar namun sepertinya masih belum ada keberadaan komunitas blogger disana. Padahal jika dilihat berdasarkan luas wilayah, jumlah penduduk khususnya Gen Z, dan kualitas akses internet di kedua wilayah ini, sudah selayaknya ada komunitas blogger.

Berpikir Logis dan Realistis

Sekarang sudah dapat dibayangkan bagaimana jika Komunitas Blogger Pontianak, Komunitas Blogger Singkawang, Komunitas Blogger Kubu Raya, Komunitas Blogger Sintang, dan Komunitas Blogger Ketapang saling berkolaborasi dalam satu aksi. Apa yang akan terjadi nanti? Hanya rumput yang bergoyang bisa menjawabnya.

Yang pasti, semua tulisan diatas masih berupa mimpi dan angan-angan belaka. Jangan terlalu dianggap serius dan dimasukkan ke hati untuk saat ini. Berpikir logis dan realistis, itu saja prinsipnya.

Blogger Borneo adalah seorang Blogger Kubu Raya, jadi sekarang yang menjadi fokus adalah bagaimana Komunitas Kubu Raya dapat terus eksis dan menanjak sesuai dengan tagline miliknya Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang sedang santer digaungkan saat ini.

Semoga satu mimpi bersama ini bisa menjadi nyata nanti, namun yang terpenting sekarang adalah bagaimana para founder BKR Community bisa menjadikan Komunitas Blogger Kubu Raya bisa memberikan manfaat positif bagi para anggotanya secara internal dan masyarakat luas secara eksternal.

Salam Menanjak dari Blogger Kubu Raya untuk Indonesia. (DW)

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Indonesia Website Awards