Indonesia Website Awards

Optimis!!! Komunitas Blogger Kubu Raya akan Solid dan Terus Eksis

Image: BloggerCorners.Com

Alhamdulillah… Meskipun rentang waktu mulai dari diskusi awal hingga waktu perencanaan pelaksanaannya cukup pendek, kegiatan Kopdar Komunitas Blogger Kubu Raya untuk pertama kalinya terlaksana dengan lancar dan sukses. Tidak perlu banyak orang, yang terpenting solid dan eksis.

Hari ini menjadi saat spesial karena di waktu yang bersamaan Blogger Borneo menghadiri dua kegiatan langsung, yaitu Diskusi Asyik UMKM Pontianak bersama Komunitas UMKM Kalbar Borneo Istimewa, LinkAja, dan Borneofood Indotama dan Kopdar Perdana Komunitas Blogger Kubu Raya.

Kopdar Perdana Komunitas

Karena di agenda pertama harus menyesuaikan waktu selesainya dari sebelum Dzuhur menjadi setelah Dzuhur, maka Blogger Borneo terpaksa harus datang agak telat ke Warung Evergreen, lokasi dimana kegiatan Kopdar Perdana Komunitas Blogger Kubu Raya dilaksanakan.

Begitu selesai kegiatan diskusi di Gedung UMKM Center Pontianak, Blogger Borneo pun langsung meluncur ke TKP. Tidak lupa sebelum menekan pedal gas, satu pesan singkat berisikan kata “OTW” dikirim ke nomor whatsapp salah seorang founder Komunitas Blogger Kubu Raya.

Setengah jam kemudian Blogger Borneo pun tiba di lokasi, kondisi jalanan cukup lancar dan tidak terlalu ramai memudahkan perjalanan siang itu.

Alhamdulillah ketika masuk ruangan pertemuan yang ada di lantai atas Warunk Evergreen, menu makanan yang dipesan sehari sebelumnya baru selesai disiapkan. Jadi ceritanya masih kebagian jatah makan siang. Hahahaha…

Tidak butuh waktu lama menanti hidangan makan siang tersaji di depan mata. Semangkuk soto daging ditambah dengan sepiring nasi putih dengan taburan bawang goreng diatasnya menjadi pemandangan sangat menggoda saat itu. Spontan suara alam langsung muncul dari dalam perut ini.

Tanpa sadar dalam waktu sangat singkat mangkok dan piring terlihat bersih, entah karena faktor kelaparan atau memang citarasa masakannya enak yang pasti semuanya dilahap tanpa sisa.

Sengaja pada kesempatan ini Blogger Borneo berpesan kepada pemilik Warung Evergreen untuk membuat makanan yang menggunakan bahan baku daging rendang kerbau.

Hal ini sengaja Blogger Borneo lakukan dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat terutama bagi para undangan kopdar yang hadir bahwa daging kerbau itu sama enaknya dengan daging sapi.

Baca Juga:   Update Kondisi PLIK Sungai Raya Ternyata Cukup Memprihatinkan

Lagipula jika dilihat dari segi harga, daging kerbau lebih murah dan memang sebenarnya lebih enak jika pandai mengolahnya.

BKR Community

Sesi makan siang selesai, demi mempersingkat waktu maka kesempatan selanjutnya langsung diberikan kepada Blogger Borneo karena sebelumnya ketiga founder yaitu Om Qbenk, Bang Feriyanto, dan Bro Iyhu telah memberikan kata sambutannya.

Founder Yale Communication Memberikan Kata Sambutan Sebagai Salah Seorang Founder
Image: BloggerKubuRaya.Com

Tidak banyak hal yang disampaikan, hanya menceritakan sekilas bagaimana ide untuk membentuk Komunitas Blogger Kubu Raya pada akhirnya bisa dieksekusi setelah sekian lama hanya berbentuk gagasan dan wacana.

Memang jika diperhatikan, pembentukan komunitas blogger ini masihlah belum sempurna karena untuk beberapa hal seperti logo komunitas dan sebutan apa yang cocok untuk digunakan masih belum ada.

Setelah dilakukan komunikasi intens melalui tatap muka dan diskusi internal via grup whatsapp para founder, akhirnya diambil keputusan untuk logo komunitas nantinya akan dibuat sayembara saja dan sebutan nama yang digunakan adalah BKR (Blogger Kubu Raya) Community.

Bingung Mau Menulis

Sudah menjadi hal umum bahwa kalimat diatas akan menjadi pertanyaan “klasik” dari para peserta setiap Blogger Borneo mengisi kegiatan kopdar seperti ini.

Dan karena pertanyaan seperti ini terus berulang maka jawaban yang selalu diberikan adalah “mulailah menulis dari apa yang disukai”.

Blogger Borneo Memberikan Kata Sambutan dalam Kopdar Perdana Komunitas Blogger Kubu Raya
Image: BloggerKubuRaya.Com

Secara personal Blogger Borneo menganggap bahwa apa yang dilakukan selama ini adalah bagian dari tanggung jawab moral karena menyandang label “blogger” tidaklah mudah.

Akan ada 2 (dua) pertanyaan yang akan muncul ketika label ini melekat, antara lain: alamat blognya apa dan kapan terakhir kita melakukan update tulisan di blog kita.

Selain itu, ada beberapa hal juga disampaikan pada saat itu yaitu jangan mudah patah semangat karena bagaimanapun juga segala sesuatu yang dilakukan secara konsisten tetap akan menghasilkan suatu saat nanti.

Dan persiapkan blognya semenarik mungkin karena kesempatan berharga dalam bentuk penawaran kerjasama itu biasanya datang secara tiba-tiba dan tidak terduga.

Mempersiapkan Terlebih Dulu

Dalam setiap kesempatan sharing pengalaman, Blogger Borneo tidak lupa untuk selalu menyampaikan pernyataan dibawah ini karena telah beberapa kali telah mengalaminya langsung. Baik dalam dunia blogging ataupun dunia usaha, kalimat itu berlaku universal.

Baca Juga:   Dokumentasi Penandatanganan Naskah Deklarasi Heart of Borneo

Jangan tunggu kesempatan itu ada baru akan mempersiapkan, tapi persiapkan terlebih dahulu dan kamu telah siap ketika kesempatan itu ada. 

Dalam dunia serba digital saat ini, semua aktivitas yang dilakukan akan terekam dengan baik dalam bentuk jejak-jejak yang secara mudah dapat ditelusuri.

Dan biasanya pihak-pihak yang akan menawarkan kerjasama memantau sendiri pergerakan melalui rekam jejak digital sesuai dengan kebutuhannya.

Disinilah kenapa kita harus mempersiapkan terlebih dulu apa yang menjadi kebutuhan mereka, bisa dalam bentuk blog, channel YouTube, akun media sosial seperti Instagram, TikTok, dan sejenisnya.

Menggagas Tidak Semudah Menjalankan

Sharing materi selanjutnya disampaikan oleh Om Qbenk, demikian panggilan akrabnya di dunia maya. Terus terang, sebelum bicara lebih dalam mengenai materi yang akan disampaikan, Beliau termasuk salah seorang yang sangat mendukung terbentuknya BKR Community.

Seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa memang sebenarnya ide untuk membentuk Komunitas Blogger Kubu Raya ini sudah ada sejak 9 (sembilan) tahun lalu. Namun berdasarkan pengalaman yang namanya “menggagas” itu tidak semudah menjalankannya.

Oleh karena itu ketika di awal tahun 2021 ini ada 4 (empat) orang bersedia untuk “mengorbankan” diri menjadi founder maka gagasan ini boleh untuk direalisasikan. Alhamdulillah prosesnya berlangsung cepat dan lancar.

Menulis Sesuai SEO

Kembali ke fokus materi, Om Qbenk selama ini fokus ke dunia SEO (Search Engine Optimization) dimana jika diperhatikan tekniknya agak sedikit berbeda dibanding tulisan suka-suka tanpa beban.

Akan tetapi sebenarnya kedua hal ini bisa dipadukan, hanya saja butuh pembelajaran tersendiri untuk ini. Dan nantinya materi pembelajarannya akan diberikan bagi para anggota Komunitas Blogger Kubu Raya.

Sesi Pemateri Founder SEO Moms Community
Image: Dok. Pribadi

Menjadi satu keinginan besar bagi sosok yang juga merupakan founder dari Komunitas Jaringan Blogger Perempuan Indonesia, dikenal dengan nama SEO Moms Community bahwa nantinya semua member BKR Community memiliki blog yang tangguh dan siap ketika akan diajak kerjasama oleh para agency atau advertiser.

Baca Juga:   Para Siswa Antusias Ikuti Pelatihan Menulis di Desa Teluk Empening Kubu Raya

Untuk menjadi sebuah komunitas yang solid dan eksis kuncinya sebenarnya ada beberapa orang yang mampu menjadi pondasi dasar kuat dan mampu bersinergi satu sama lain.

Dan dalam kepengurusan BKR Community tidak ada istilah Ketua Komunitas karena semua founder memiliki pangkat dan jabatan sama.

Sebagai penutup, Blogger Borneo merasa optimis dengan kehadiran Komunitas Blogger Kubu Raya ini karena semua foundernya memiliki visi dan misi yang sama yaitu bagaimana bisa membuat para anggota komunitas nantinya dapat memberikan kontribusi positif baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Amin Ya Allah…

Dari Kubu Raya untuk Indonesia, Salam Menanjak dari Para Blogger Kubu Raya… (DW)

RajaBackLink.com
Don`t copy text!