Indonesia Website Awards

Menu

Mode Gelap
Testimoni Mosehat, Merasakan Sendiri Efeknya untuk Vitalitas Setelah 3 Hari Konsumsi Darul Fikri Kubu Raya, Melihat dari Dekat Pondok Pesantren dengan Konsep Alam Terbuka Milenial Kreatif Selenggarakan Workshop Digital Skills Pontianak Pertama untuk UMKM Kalimantan Barat Inisiatif Mandiri, Relawan TIK Kalbar Lakukan Pemberdayaan Pandu Digital di Desa Tae Kabupaten Sanggau Digital Netizen Fair 2021 Pontianak, Ajari Masyarakat Kalimantan Barat Budaya Bermedia Digital

Serbaneka · 11 Agu 2015 14:57 WIB

Mengenal Cara Mengolah Jenis Teh Hijau


 Mengenal Cara Mengolah Jenis Teh Hijau Perbesar

BLOGGERBORNEO.COM – Indonesia merupakan salah satu penghasil daun teh terbesar di dunia. Hal ini didukung suatu fakta bahwa Indonesia memiliki banyak daerah berdataran tinggi. Dimana apapun jenis teh akan memiliki kualitas terbaik jika ditanam pada suhu udara lembab dan hangat sebagaimana asal tumbuhan teh yaitu Negeri Cina. Dari Cina kemudian tanaman satu ini menyebar ke seluruh dunia, dimulai dari Jepang, Eropa sampai akhirnya benua Amerika.

Berdasarkan pengolahannya, tanaman teh menghasilkan berbagai macam jenis yang berbeda. Sehingga dengan pengolahan yang berbeda, maka rasa maupun aroma dari masing-masing teh juga tidak akan sama. Aneka macam jenis teh berdasarkan cara pengolahannya adalah:

  1. Teh hijau,
  2. Teh hitam,
  3. Teh putih, dan
  4. Teh oolong.
Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan (Sumber: Daherba.Com)

Berbagai ragam teh diatas biasanya akan memberikan manfaat yang berbeda-beda. Meskipun kandungan inti dari teh adalah sama yaitu teofilin, antioksidan dan kafein. Namun pengolahan yang berbeda akan membuat kandungan teh akan bekerja dengan cara berbeda pula.

Adapun teh hijau didapatkan melalui pemrosesan langsung dari petikan daunnya dengan cara dipanaskan. Tujuannya adalah menghentikan proses oksidasi secepatnya. Inilah yang membuat warna daun teh lebih hijau dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Cara ini dimaksudkan untuk menjaga kandungannya tetap terjaga. Tidak heran jika biasanya teh hijau digadang-gadang menjadi salah satu minuman untuk menghambat proses penuaan dan juga berfungsi sebagai alat untuk melancarkan metabolisme tubuh melalui kandungan kafein dalam teh. (BP)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Napak Tilas 22 Tahun LPM Equator Kalbar, Memberi Dampak Perubahan Signifikan bagi Daerah

10 Januari 2022 - 08:57 WIB

LPM Equator Kalbar

8 Manfaat Penggunaan Obat Bioplacenton di Area Kulit

8 Januari 2022 - 23:00 WIB

Pertolongan Pertama pada Kecelakaan

Sejarah Tahun Baru Masehi Menurut The World Book Encyclopedia

31 Desember 2021 - 17:48 WIB

Sejarah Tahun Baru Masehi

3 Perbedaan Kelas Balap Motor Internasional MotoGP, Moto2, dan Moto3

22 Desember 2021 - 00:45 WIB

Kelas Balap Motor

All That You Need to Know While Choosing Patio Table Covers

21 Desember 2021 - 19:36 WIB

High Quality Patio Furniture

Moon Chicken by Hangry Berikan 3 ROG Phone 5 Series bagi Pelanggan di Akhir Tahun

18 Desember 2021 - 20:09 WIB

Moon Chicken by Hangry
Trending di Serbaneka