BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

Daftar 10 Negara dengan Akses Internet Tercepat di Dunia Per Februari 2022

Jika dulu kebutuhan hidup manusia terbagi menjadi 3 (tiga) kategori utama, yaitu: Pangan, Sandang, dan Papan, maka di era teknologi informasi saat sekarang ini menambah lagi satu kategori yaitu Paket Data Internet.

Negara dengan Akses Internet Tercepat

Melihat perkembangan teknologi informasi khususnya online yang terus bergerak cepat, harus diimbangi dengan kecepatan internet yang digunakan karena akan sangat berpengaruh terhadap proses komunikasi dan transfer data antar pengguna.

Setiap waktu masing-masing negara di dunia saling berlomba untuk dapat menyediakan akses internet dengan kecepatan diatas rata-rata, apalagi bagi negara-negara maju faktor ini menjadi salah satu yang diprioritaskan karena semua aspek kehidupan sudah serba online.

Sekarang bagaimana dengan Indonesia yang jika dilihat dari jumlah penduduk sudah mencapai sekitar 260-an juta orang dengan tingkat penetrasi akses internet sebenarnya sudah mencapai hingga 70%, apakah masuk dalam daftar negara dengan akses internet tercepat di dunia?

Tentu saja untuk mengetahui jawabannya, Blogger Borneo harus mencari informasi terbaru mengenai daftar negara dengan akses internet tercepat di dunia dimana menjadi salah satu referensi adalah data Speedtest Global Index.

SpeedTest Global Index

Speedtest.Net mengeluarkan data yang berisikan perbandingan kecepatan internet dari seluruh dunia, data inilah yang dinamakan Speedtest Global Index. Data index ini didapatkan dari akumulasi ratusan juta tes orang yang menggunakan website Speedtest setiap bulannya.

Sistem akan mencatat setiap kali para pengguna mengakses Speedtest untuk mendapatkan informasi mengenai berapa kecepatan akses internet dari lokasi mereka. Semua snapshot dari hasil pengukuran tersebut akan dikumpulkan sehingga bisa diketahui rata-rata kecepatan dari setiap negara.

Speedtest memanfaatkan infrastruktur pengujian yang luas dengan lebih dari 10.000 server di lebih dari 190 negara, memastikan pengguna akan selalu dapat menguji ke server lokal di mana pun mereka berada. Dengan memiliki banyak server di setiap negara dan kota besar, Speedtest memastikan tampilan kinerja yang akurat tanpa memerlukan waktu lama.

Mulai 1 Januari 2019 dan seterusnya, negara harus memiliki setidaknya 300 hasil tes pengguna unik untuk mobile atau fixed broadband di bulan yang dilaporkan untuk dimasukkan dalam Indeks. Sebelum 1 Januari 2019, Speedtest mewajibkan negara untuk memiliki setidaknya 3.333 hasil pengujian pengguna unik untuk broadband tetap.

Kecepatan Internet Mobile

Berdasarkan data dari Speedtest Global Index per Februari 2022, daftar 10 negara dengan akses internet mobile tercepat, antara lain:

  1. Uni Emirat Arab: 133.51 Mbps
  2. Norwegia: 118.58 Mbps
  3. Korea Selatan: 116.51 Mbps
  4. Qatar: 113 Mbps
  5. Belanda: 107.81 Mbps
  6. Saudi Arabia: 94.64 Mbps
  7. Bulgaria: 94.32 Mbps
  8. Denmark: 94.17 Mbps
  9. China: 87.76 Mbps
  10. Kuwait: 81.02 Mbps

Secara rata-rata, kecepatan internet di dunia untuk jaringan mobile adalah sebagai berikut:

  • Download 29.92 Mbps
  • Upload 8.54 Mbps

Sedangkan untuk Indonesia sendiri berada pada peringkat 101 dunia dengan kecepatan internet ada di angka 17.24 Mpbs.

Kecepatan Internet Broadband

Untuk kecepatan internet menggunakan jaringan fixed broadband, Speedtest Global Indek mengurutkan 10 negara dengan akses internet tercepat sebagai berikut:

  1. Chili: 197.59 Mbps
  2. Singapura: 194.07 Mbps
  3. Monaco: 188.66 Mbps
  4. Thailand: 182.96 Mbps
  5. Denmark: 164.14 Mbps
  6. Hong Kong: 163.37 Mbps
  7. Macau: 159.89 Mbps
  8. China: 155.87 Mbps
  9. Amerika Serikat: 146.17 Mbps
  10. Romania: 136.46 Mbps

Secara rata-rata, kecepatan internet di dunia untuk jaringan fixed broadband adalah sebagai berikut:

  • Download 60.76 Mbps
  • Upload 25.95 Mbps

Sedangkan untuk Indonesia sendiri berada pada peringkat 112 dunia dengan kecepatan internet ada di angka 20.57 Mpbs.

Kesimpulan

Melihat data dari Speedtest Global Index dapat diketahui data mengenai kecepatan akses internet yang diambil dari akumulasi setiap bulan untuk hasil penggunaan websitenya oleh orang-orang yang ingin mengetahui berapa kecepatan internet di lokasinya.

Kecepatan akses internet bagi beberapa negara menjadi salah satu faktor penting karena berkaitan dengan proses transfer informasi dan data serta teknologi yang digunakan.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia masih belum masuk dalam urutan 100 besar negara dengan akses internet tercepat di dunia.

Bagi kawan-kawan yang ingin mengetahui berapa kecepatan akses internet di lokasinya bisa langsung melalui link uji kecepatan internet. Dan jika ingin mendapatkan data berdasarkan provider yang digunakan bisa melalui link CBN. (DW)

Sumber Speedtest Global Index

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More