Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Para Siswa Antusias Ikuti Pelatihan Menulis di Desa Teluk Empening Kubu Raya

Pemerintah Desa Teluk Empening dengan Ikatan Mahasiswa dan Alumni Kecamatan Terentang (IMATER) menyelenggarakan pelatihan menulis berita untuk warga desa. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 6-7 Agustus ini dilaksanakan di Balai Keserasian Sosial Desa Teluk Empening, Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya.

Berdasarkan pantauan korespondensi Blogger Borneo di lapangan, kegiatan Pelatihan Jurnalistik Warga Desa Teluk Empening diikuti oleh sekitar 24 orang dimana sebagian besar merupakan pelajar dari SMA Negeri 1 Terentang. Meski pada mulanya kegiatan ini bersifat internal kecamatan saja, namun pada saat pelaksanaan tampak juga beberapa peserta berasal dari desa tetangga sekitar.

Dengan berbentuk lingkaran, para peserta kegiatan jurnalistik warga desa duduk di kursi-kursi yang telah disediakan pihak panitia penyelenggara. Mereka bertanya bagaimana cara membuat berita yang baik dan benar kepada sejumlah pemateri. Selain itu, para peserta juga dilatih bagaimana teknik melakukan wawancara narasumber dengan terjun langsung ke lapangan.

Menurut salah seorang peserta, Nurlaila mengatakah bahwa kegiatan pelatihan menulis berita bagi warga desa ini sangat bermanfaat karena nantinya dapat menyebarluaskan informasi mengenai potensi-potensi apa saja yang dimiliki oleh Desa Teluk Empening.

Para Peserta Pelatihan Jurnalistik Warga Desa Teluk Empening Kabupaten Kubu Raya Tahun 2016
Para Peserta Pelatihan Jurnalistik Warga Desa Teluk Empening Kabupaten Kubu Raya Tahun 2016 (Sumber: Muhammad Firdaus)

“Pelatihan jurnalistik ini sangat membantu bagi kemajuan desa yang lebih baik. Dan orang lain yang mungkin dulu tidak tahu Desa Teluk Empening, baik itu dalam bentuk potensi maupun pembangunan desa sekarang sudah bisa tahu melalui karya tulis pemuda atau pemudi Desa Teluk Empening ini”, demikian tambahnya.

Dalam melakukan wawancara kepada narasumber yang umumnya merupakan warga desa Teluk Empening sendiri, bak jurnalis media mainstream atau media arus bawah para peserta menggunakan telepon genggam sebagai alat perekam. Tidak cukup sampai disitu, mereka juga tidak lupa mengambil foto dan video yang akan digunakan sebagai bahan pendukung berita.

Di saat bersamaan, Kepala Desa Teluk Empening, Muhammad Firdaus menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan menulis berita bagi warga desa ini diselenggarakan dengan harapan akan muncul para relawan jurnalis warga nantinya.

“Dengan kegiatan ini para warga khususnya pelajar Desa Teluk Empening diharapkan mampu atau bisa mem-posting potensi, kejadian, dan proses pembangunan desanya sendiri khususnya melalui media sosial. Karya yang baik tentunya akan membawa nama baik desa juga karena pena lebih tajam dari pedang”, ujar Kepala Desa Teluk Empening, Muhammad Firdaus ketika sedang berada di tempat pelaksanaan kegiatan.

Bang Daus, demikian Kepala Desa Teluk Empening ini akrab dipanggil menambahkan bahwa banyak informasi-informasi terkait potensi maupun perkembangan kemajuan Desa Teluk Empening tidak tersebar di media sosial. Beberapa potensi yang dimiliki desa ini, antara lain: Penghasil Jahe, Jeruk Purut, Singkong, dan Padi. Selain itu, disini juga terdapat spot-spot mancing ikan gabus yang banyak didatangi oleh para pemancing dari luar desa. Biasanya dalam sekali memancing mereka bisa mendapatkan ikan gabus dalam jumlah banyak. Tentunya kondisi ini dapat menjadi salah satu daya tarik yang bisa dimanfaatkan untuk membuat orang tertarik datang ke Desa Teluk Empening Kubu Raya. (CJ)

Penulis: Deki Wahyudi (Tim Jurnalisme Desa Teluk Empening)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
No Comments
  1. Veniy Andriyani says

    mancaps, boleh di tiru ni ..

  2. ali shodiqin says

    Wahhhh harus ditiru nih, program yang bagus untuk anak2 di sana…

  3. alya says

    wahhh cerah nih Indonesia kalo semua wilayah bisa ke gini generasinya..aamiin

Leave A Reply

Your email address will not be published.