Home Event Pelatihan Mendongeng, Belajar Meracik Obat untuk Anak yang Kecanduan Gadget

Pelatihan Mendongeng, Belajar Meracik Obat untuk Anak yang Kecanduan Gadget

Pelatihan Mendongeng Pontianak Sinergi Mulia
Image: Sinergi Mulia

”Anak saya sudah kecanduan gadget, setiap harinya selalu bermain game sampai lupa waktu. Bagaimana cara mengatasinya?”

Ayah Bunda juga mengalami hal seperti diatas?

Jika iya, maka Mendongenglah!

Ya, Mendongenglah! Mulai luangkan waktu untuk mendongeng, bercerita, atau sekadar membacakan buku untuk buah hati AyBun. Jadikan Aybun sebagai dunia baru bagi mereka, dunia yang selama ini belum pernah mereka lihat. Dunia yang selama ini belum pernah mereka masuki. Dunia yang ternyata jauh lebih indah, lebih menyenangkan, lebih cerdas dari gadget mereka.

MANFAAT MENDONGENG

Dahulu dongeng menjadi tradisi pengantar tidur Ayah Bunda untuk buah hatinya. Dan nyaris semua cerita itu melekat dalam ingatan kita.
Ingatkah?

Ternyata dongeng sangat bermanfaat:

1. Membantu Anak untuk Berimajinasi dan Mengasah Kreatifitas

Imajinasi sangat penting bagi perkembangan daya pikir anak. Imajinasi akan membantu anak untuk berpikir kreatif dalam menghadapi dan merencanakan penyelesaian masalah yang ia hadapi. Imajinasi juga akan membuat anak terampil berkomunikasi dengan orang lain.

Pada saat mendengarkan dongeng, pikiran anak akan terangsang untuk menggambarkan situasi seperti yang ia dengar. Kosakata yang ia dengar akan memperkaya “tabungan” kata yang ia miliki. Kosa kata ini yang nantinya akan membantu putra-putri kita untuk mudah mengekspresikan perasaan atau apa pun yang ia pikirkan. Hasilnya, ia akan lebih terampil berkomunikasi dengan orang di sekitarnya.

2. Sarana untuk Menanamkan Etika dan Nilai-Nilai Kehidupan

Melalui karakter yang ada pada dongeng, putra-putri kita dapat belajar nilai-nilai kejujuran, rendah hati, rasa empati, juga sikap tolong-menolong. Saat mendongeng, pesan-pesan moral dan pelajaran etika yang hendak kita beri, dinilai tidak akan terlalu membebani perasaan anak.

3. Merangsang Minat Baca Anak

Setelah mendengar satu dongeng, seringkali anak kemudian tertarik untuk mendengar dongeng yang lain. Kita dapat menggunakan kesempatan ini untuk memperkenalkan buku sebagai salah satu “teman” yang mengasyikkan.

Dan yang pasti..

4. Menjalin Kedekatan Orang Tua dan Anak

Agenda mendongeng dapat menjadi sarana berkumpul anak dan orang tua setelah seharian disibukkan oleh aktivitas masing-masing. Pengalaman membaca dongeng bersama akan menjadi tanda bagi anak bahwa mereka disayangi dan diperhatikan oleh orang tua mereka.

Pelatihan Mendongeng Pontianak
Image: Sinergi Mulia

Mau Mendongeng tapi bingung memulai?

Yuk BELAJAR MENDONGENG bersama KAK IMAN SURAHMAN. Seorang Pendongeng Nasional, Pemerhati Anak, dan Mitra Strategis KPAI yang akan membersamai Ayah Bunda untuk mengasah kemampuan mendongeng.

Kak Iman akan berikan Ayah Bunda tentang:

1. Pengenalan Dasar Dongeng;

2. Kiat Praktis Mendongeng;

3. Teknik Bercerita yang Menyenangkan;

4. Teknik Mendongeng Seru Dengan Boneka;

5. Membuat Cerita Dongeng Sendiri; dan

6. Praktik Mendongeng.

Info detail ada di poster digital dibawah ini ya…

Pelatihan ini didukung oleh: MuliaHati, Dongeng Ceria Management Jakarta, Madu Borneo, Rumah Zakat Cabang Pontianak, dan Harian Rakyat Kalbar.

Present By: Sinergi Mulia

FB & IG : sinergimulia.id

Contact: 0823-6290-0077