BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Produk Mayora Menjadi Favorit Konsumsi Generasi Milenial Dunia

Bagi para generasi yang lahir di awal tahun 1990-an, nama Mayora sepertinya sudah cukup tidak asing terdengar di telinga mereka. Beberapa produk Mayora baik dalam bentuk camilan atau minuman telah sering mereka konsumsi hampir setiap hari.

Mayora merupakan sebuah brand perusahaan makanan ternama di Indonesia, telah lama berdiri sejak tahun 1977 dan telah memproduksi beraneka ragam jenis camilan dan minuman yang banyak digemari oleh semua kalangan.

Profil Singkat Mayora

PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) didirikan 44 tahun lalu dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang untuk target market wilayah Jakarta dan sekitarnya. Diawali memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, seiring perjalanan waktu akhirnya pada tahun 1990 Perseroan melakukan Penawaran Umum Perdana dan menjadi perusahaan publik.

Konsumen ASEAN menjadi target awal pada saat perusahaan publik dibentuk. Setelah tercapai target pasarnya melebar ke negara negara di Asia. Dan hingga saat ini produk Mayora telah tersebar beberapa negara di 5 (lima) benua di dunia, antara lain: Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Hongkong, Australia, Saudi Arabia, Italia, Amerika Serikat, dan Afrika.

Penghargaan Perusahaan

Sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods Companies yang cukup berkembang di Indonesia, PT. Mayora Indah Tbk telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan telah mendapatkan banyak penghargaan, beberapa diantaranya antara lain:

  • Top Five Best Managed Companies in Indonesia dari Asia Money;
  • Top 100 Exporter Companies in Indonesia dari majalah Swa;
  • Top 100 Public Listed Companies dari majalah Investor Indonesia;
  • Best Manufacturer of Halal Products dari Majelis Ulama Indonesia Best Listed Company dari Berita Satu;
  • Indonesia’s Corporate Secretary Award, Top 5 Good Corporate Governance Issues in Consumer Goods Sector dari Warta Ekonomi;
  • dan masih banyak lagi penghargaan lainnya.

Produk Mayora

Di Indonesia, PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) tidak hanya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman olahan, tetapi juga dikenal sebagai market leader yang sukses menghasilkan produk-produk pelopor untuk kategorinya masing masing.

Beberapa produk Mayora yang dibuat dari hasil inovasi perusahaan, antara lain:

  • Permen Kopiko, pelopor permen kopi;
  • Astor, pelopor stik wafer;
  • Beng Beng, pelopor wafer karamel berlapis coklat;
  • Choki-Choki, pelopor coklat pasta;
  • Energen, pelopor minuman sereal;
  • Kopi Torabika Duo dan Duo Susu, pelopor coffee mix;
  • Kopiko Brown Coffee, pelopor racikan kopi dengan gula aren; dan
  • Torabika Creamy Latte, pelopor kopi Latte dengan sajian gula terpisah.

Jika dilihat daftar produk Mayora diatas, beberapa diantaranya sudah sering Blogger Borneo konsumsi sejak masih usia kecil dulu.

Terus Berinovasi

Memasuki tahun 2021, PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) tidak berhenti untuk menghasilkan produk-produk baru. Menurut informasi dikutip dari laman ekonomi.bisnis.com, Rabu (23/12/2020) diberitakan bahwa Direktur Keuangan Mayora Indah Hendrik Polisar mengatakan selain melihat pasar, pihaknya tentu juga melihat penerimaan pada masyarakat.

Dalam paparan publik virtual pada saat itu, Hendrik menjelaskan bahwa pada prinsipnya perseroan tidak akan pernah selesai dengan produk baru. Ini berarti perusahaan masih akan terus melakukan investasi dan ekspansi.

“Tahun ini kami telah merilis sepuluh produk baru yang diharapkan akan berkontribusi pada pertumbuhan kinerja penjualan 5-10 persen,” demikian ujarnya singkat.

Beberapa produk baru yang dirilis Mayor sepanjang tahun 2020 adalah biskuit Malkist Roma dengan varian rasa cappuccino, dan kelapa coklat, wafer Kalpa, Energen dengan varian rasa kurma, dan Kopi Gilus Mix.

Tetap Optimis

Meskipun dengan hadirnya para produsen lokal lain dan produk impor yang tentu saja akan memberikan dampak terhadap pergerakan perusahaan, namun bagi manajemen hal ini menjadi bagian dari sebuah tantangan. Oleh karena itu inovasi tetap harus dilakukan.

Selain itu, melihat dari tren penjualan yang terus meningkat di sepanjang tahun 2020, PT. Mayora Indah Tbk. (Perseroan) masih percaya diri kinerja perseroan akan terus tumbuh pesat di tahun 2021 Tren kenaikan penjualan dan respon positif masyarakat terhadap produk baru menjadi sejumlah faktor penopang.

“Dengan kinerja produk baru yang menggembirakan, kami optimistis 2021 mendatang pertumbuhan top line dan bottom line kami bisa double digit.” demikian katanya menutup tulisan ini. (DW)

Referensi:

  • https://www.mayoraindah.co.id/content/Riwayat-Singkat-Perusahaan-33
  • https://www.mayoraindah.co.id/content/Kegiatan-Usaha-Serta-Jenis-Produk-Yang-Dihasilkan-37
  • https://ekonomi.bisnis.com/read/20201223/257/1334787/rilis-10-produk-baru-mayora-makin-percaya-diri

Advertisement

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Indonesia Website Awards