BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

LPPOM MUI Kalbar Rilis Website Resmi untuk Update Info Proses Sertifikasi Halal Terbaru

LPPOM MUI Kalbar didirikan pada tanggal 12 Juli 2007 bertepatan dengan 12 Jumadil Akhir 1428 H berdasarkan SK Dewan Pimpinan MUI Provinsi Kalimantan Barat No. Kep-50/MUI-KB/VII/207 tentang pembentukan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Makanan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Barat periode 2007-2012.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Alhamdulillahirabbil ‘alamin, kini LPPOM MUI Provinsi Kalimantan Barat sudah meluncurkan website www.halalmuikalbar.or.id. Bagi sahabat halal yang ingin mencari referensi makanan halal (rumah makan, kedai, restoran dan produk halal industri pengolahan) yang telah disertifikasi ataupun ingin info seputar pendaftaran produk halal dapat langsung mengunjungi link tersebut ya.

Kalimat diatas Blogger Borneo baca di grup WhatsApp yang dibentuk oleh LPPOM MUI Kalbar tahun lalu. Alhamdulillah setelah sekian lama menanti kehadiran media online yang bisa dijadikan sumber rujukan resmi mengenai proses sertifikasi halal di Kalimantan Barat, akhirnya website ini pun dirilis secara resmi.

LPPOM MUI Kalbar

Menurut informasi yang pernah Blogger Borneo terima dari pihak LPPOM MUI Kalbar ketika sedang mengurus proses sertifikasi halal untuk produk Bakso Frozen Borneofood tahun lalu, sebenarnya website resmi sudah pernah dibuat. Namun dikarenakan keterbatasan SDM, website tersebut tidak update hingga pada akhirnya expired.

Melihat tampilan website LPPOM Halal MUI Kalimantan Barat untuk pertama kali, dapat dilihat beberapa informasi sudah terpublikasikan dengan baik. Salah satu diantara informasi yang paling sering dicari oleh para pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kalimantan Barat adalah alur proses sertifikasi halal dari awal hingga selesai.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi lembaga sertifikasi halal terpercaya di Indonesia dan dunia untuk memberikan ketenteraman bagi umat Islam serta menjadi pusat halal dunia yang memberikan informasi, solusi dan standar halal yang diakui secara nasional dan internasional.

Misi
  • Menetapkan dan mengembangkan standar halal dan standar audit halal
  • Melakukan sertifikasi produk pangan, obat dan kosmetika yang beredar dan dikonsumsi masyarakat.
  • Melakukan edukasi halal dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa mengkonsumsi produk halal.
  • Menyediakan informasi tentang kehalalan produk dari berbagai aspek secara menyeluruh.

Alur Proses Sertifikasi Halal

Secara keseluruhan, proses sertifikasi halal MUI secara umum dapat dilihat melalui diagram alur dibawah ini:

Alur Proses Sertifikasi Halal
Image: HalalMUIKalbar.Or.Id

Susunan Pengurus

Berdasarkan SK30/Dir/LPPOM MUI/VII/2017 Tentang Pengangkatan Kepengurusan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Masa Khidmat 2017-2022.

1. Pelindung

Ketua Umum MUI Provinsi Kalimantan Barat

2. Dewan Pembina
  • KH.M.Bachit Nawawi, SH
  • Nora Idiawati, S.Si.,M.Si
  • Direktur LPPOM MUI Pusat
3.  Dewan Pelaksana
  • Direktur: Dr. M. Agus Wibowo, M.Si
  • Asisten Direktur Bidang Administrasi dan Keuangan : Asmawati, SE
  • Asisten Direktur Bidang Sertifikasi dan Sosialisasi : Rieka Dessy Diana, S.Sos

Anggota:

    • Drh. Supriyono
    • Titis Khulyatun P., S.Far.Apt,
    • Puji Ardiningsih ,S.Si.,M.Si,
    • H. Bachtiar Fauzi,SH.
    • Dra. Yanuarti,M.Kes,
    • Novitasari,S.Si
    • Khairunnisa Pasaribu

Agenda Kegiatan

Demi mewujudkan misinya, LPPOM MUI Kalbar pada tahun 2020 telah menyelenggarakan beberapa pelatihan, antara lain: Pelatihan Juru Sembelih Halal dan Pelatihan Penyelia Halal. Kedua pelatihan ini lebih bersifat internal.

Sedangkan untuk eksternal, LPPOM Halal MUI Kalimantan Barat menerima permintaan kerjasama dari pihak ketiga seperti instansi pemerintahan maupun swasta. Salah satu contohnya Pelatihan Penyelia Halal UMKM dari Kubu Raya yang pada saat itu difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

Pelatihan penyelia halal ini diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 3-4 November 2020, diikuti oleh para  penyelia halal UMKM dari Kubu Raya. Pelatihan ini difasilitasi pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam mengembangkan pengusaha UMKM.

Pelatihan Penyelia Halal UMKM Kubu Raya
Image: HalalMUIKalbar.Or.Id

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua MUI Provinsi Kalimantan Barat HM Basri HAR. Jumlah penyelia halal hadir pada hari pertama sebanyak 16 orang. Materi pelatihan ini tentang Kriteria Sistem Jaminan Halal (HAS 23000) (Kriteria HAS No. 1-11) dan Pengantar dan Praktek Penggunaan Cerol SS 23000.

Pemateri pelatihan ini direktur LPPOM MUI Kalbar Dr. M. Agus Wibowo, M.Si, auditor nasional Puji Ardiningsih,S.Si, M.Si dan staff LPPOM MUI Kalimantan Barat Syaiful Yusuf, S.Si.

Alamat Sekretariat

Jl. D.A.Hadi, Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat

HP. 0821-5463-7971

Email: [email protected]

Fanspage: LPPOM MUI Kalimantan Barat

Instagram: lppommui_kalbar

Advertisement

Referensi LPPOM Halal MUI Kalbar
Indonesia Website Awards