Proton Saga 2022, Model Mobil Facelift Malaysia Terbaru

Image: SoyaCincau.Com

Di pertengahan bulan ini, Proton Holding Berhad meluncurkan model mobil facelift terbaru Proton Saga 2022. Ini merupakan penyegaran kedua Proton Saga generasi ke-3 yang diluncurkan pada 2016. Model 2022 masih mempertahankan opsi manual standar dan kini ada tiga varian otomatis.

Proton Saga 2022

Proton Holdings Berhad sendiri merupakan perusahaan otomotif dan perusahaan otomotif di Malaysia yang aktif dalam desain, manufaktur, distribusi, dan penjualan mobil. Proton didirikan pada tahun 1985 sebagai satu-satunya perusahaan mobil berlencana nasional Malaysia sampai munculnya Perodua pada tahun 1993.

Dilihat dari bentuk desain, Saga facelift baru terlihat hampir sama dengan Proton Saga 2019. Perbedaannya terletak pada grill depan dimana Proton Saga 2022 mengusung logo baru Proton yang membulat.

Selain itu model terbaru mobil Malaysia ini memiliki fitur busur halus pada strip gril bawah dan jika Anda memilih varian Premium S top-of-the-line baru, ia hadir dalam warna merah yang terlihat mirip dengan Proton X50. Sedangkan untuk varian lainnya, haluan halus dicat perak.

Model Premium dan Premium S

Proton Saga 2022 Model Premium dan Premium S mendapatkan desain velg 15 inci yang baru tetapi Premium S tertinggi mendapatkan perlakuan nada ganda. Velg baru menggantikan desain palang lima kembar sebelumnya untuk model Proton Saga 2019 Premium. Velg 14 inci untuk model standar tetap tidak berubah.

Premium S juga mendapatkan bodykit tambahan untuk tampilan yang lebih sporty tetapi hanya mendapat bumper depan dan side skirt, yang membuat bagian belakang agak terbuka. Juga eksklusif untuk Premium S adalah kaca spion hitam dan bahkan panel di atas plat nomor dengan merek “PROTON” juga dicat hitam.

Baca Juga:   Dibuka Pendaftaran Calon Anggota Komnas HAM Periode 2017-2022

Sayangnya, mobil baru ini masih menggunakan lampu depan halogen di seluruh jajaran tetapi masih memiliki lampu LED daytime running untuk varian Premium dan Premium S.

Interior Kelas Atas di Premium S

Secara keseluruhan Proton tidak membuat perubahan desain radikal di bagian dalam. Sama seperti grill depan, Proton juga telah memperbarui lingkar kemudi dengan mengusung logo Proton bulat baru. Penutup klakson telah disegarkan dengan tonjolan yang mencolok dan tidak lagi terlihat seperti telah dilepas dari Proton Exora.

Proton Saga 2022 Interior
Image: SoyaCincau.Com

Untuk varian Premium S, Anda akan mendapatkan banyak sorotan merah pada ventilasi AC, kluster instrumen, tombol audio roda kemudi, dan bahkan pada lapisan karpet lantai. Pada dasarnya, ini adalah perlakuan yang sama dengan Saga peringatan 35 tahun tetapi Anda mendapatkan warna merah, bukan oranye.

Untuk tampilan yang lebih premium, Premium S juga mendapatkan semi-leatherette dengan fabric seat dan leatherette steering yang dilengkapi dengan jahitan merah. Selain itu, atap di bagian dalam mendapat headlining hitam.

Sistem Infotainment yang Diperbarui

Di departemen hiburan, Proton Saga 2022 masih mempertahankan sistem infortainment layar sentuh 7 inci tetapi berjalan pada sistem operasi yang ditingkatkan. Menurut Proton, sistem operasi baru ini menyediakan kualitas musik Bluetooth yang ditingkatkan dan sekarang memiliki dukungan pencerminan layar untuk iOS dan Android. Saat Anda mematikan mesin, layar akan menampilkan pengingat keselamatan untuk memberi tahu Anda agar tidak melupakan anak atau barang bawaan Anda di dalam mobil.

Sistem Infotainment Proton Saga 2022
Image: SoyaCincau.Com

Jika Anda memilih model Premium yang lebih rendah, Anda masih mendapatkan sistem infotainment 7 inci yang sama dengan sistem operasi lama yang hanya mendukung pencerminan layar dengan Android. Premium dan Premium S mendapatkan empat speaker, sedangkan Standar mendapatkan dua speaker yang dipasangkan ke sistem audio standar yang tidak dilengkapi dengan layar sentuh.

Baca Juga:   Mengenal Kimbap Ara, Kuliner Khas Korea Halal di Kota Malang

Turun ke konsol dasbor tengah, Proton juga memperbarui kontrol AC manualnya agar terlihat lebih modern. Alih-alih tiga dial chunky, model baru memiliki dua kenop putar yang lebih kecil untuk mengontrol suhu dan kecepatan kipas, sementara mode resirkulasi udara sekarang diaktifkan dengan satu tombol.

Kaca Spion Lipat Otomatis dan Tombol Pelepas Boot baru

Di semua varian, Saga baru mendapatkan kaca spion elektrik dengan lampu sein terintegrasi. Namun, Premium S mendapatkan fitur lipat otomatis tambahan yang merupakan kenyamanan tambahan.

Mirip dengan pendahulunya, ada juga fitur pelepasan bagasi jarak jauh di mana Anda dapat membuka boot menggunakan remote. Namun, Proton telah menambahkan satu fitur tambahan untuk Premium S di mana Anda dapat membuka boot melalui tombol Boot Release tersembunyi di atas plat nomor belakang.

Model Spion Samping Proton Saga 2022
Image: SoyaCincau.Com

Entri Tanpa Kunci dan Tekan Tombol Mulai

Mengikuti perkembangan zaman modern, Proton akhirnya menambahkan tombol Intelligent Entry dan Push Start untuk Saga tetapi hanya tersedia di Premium S. Tombol Intelligent Entry hanya tersedia di pegangan pintu sisi pengemudi.

Tidak Ada Kemajuan dalam Fitur Keselamatan

Satu hal yang cukup disayangkan adalah Proton belum memperkenalkan fitur keselamatan canggih baru ke Saga yang diperbarui untuk tahun 2022. Proton masih tertinggal dari saingan langsungnya, Perodua Bezza, yang dilengkapi dengan fitur Advanced Safety Assist 2.0 termasuk Autonomous Emergency Braking (AEB).

Proton Saga 2022 baru masih mendapat dua airbag depan, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) di seluruh rentang. Satu-satunya perbedaan penting adalah bahwa Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS) dan Hill Hold Assist (HHA) sekarang ditawarkan untuk semua model otomatis termasuk standar. Sebelumnya, ESC, TCS, dan HHA eksklusif untuk Premium Auto spesifikasi teratas.

Baca Juga:   Rahasia Cara Alami Menguruskan Badan yang Efektif Terbukti
Fitur Keselamatan Proton Saga 2022
Image: SoyaCincau.Com

Mesin dan Transmisi Sama

Di bawah kap, Saga yang diperbarui masih mempertahankan mesin 1,3 liter empat silinder yang sama yang menghasilkan 95hp dan torsi 120Nm dan masih dikawinkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan yang bersumber dari Hyundai-KIA.

Selama peluncuran, Proton mengklaim bahwa mobil yang diperbarui dapat melaju lebih baik karena menggunakan ban yang ditingkatkan untuk menawarkan cengkeraman yang lebih baik dan kebisingan jalan yang lebih sedikit. Mereka juga telah mengubah tingkat redaman yang dioptimalkan untuk meningkatkan kenyamanan dan penanganan berkendara.

Proton Saga 2022 MC2 masih mendapatkan MacPherson Strut biasa Anda dengan stabilizer bar dan torsion beam combo. Itu juga mendapat cakram berventilasi untuk roda depan dan tromol untuk belakang. Dalam hal penghematan bahan bakar, kami rasa itu harus serupa dengan model 2019 yang kami berhasil memeras jarak tempuh 655,6 km dari tangki bensin 40 liternya.

Harga Proton Saga 2022

Harga Terbaru Proton Saga 2022
Image: SoyaCincau.Com

Berikut harga resmi Proton Saga 2022 MC2:

  • Manual Standar Proton Saga 1.3L : RM34,400
  • Proton Saga 1.3L Standar Otomatis : RM38,300
  • Proton Saga 1.3L Premium Otomatis : RM41,300
  • Proton Saga 1.3L Premium S Otomatis : RM44,300

Harga di atas adalah on the road tidak termasuk asuransi untuk Semenanjung Malaysia, termasuk dengan pembebasan pajak penjualan yang ditawarkan hingga 30 Juni 2022. Ada kenaikan harga RM2,000-RM3,000 dibandingkan dengan Saga yang keluar termasuk dengan pembebasan SST harga. Sebagai referensi, model 2019 mulai dari RM32.400 untuk model Manual Standar tidak termasuk SST.

Jika Anda ingin menikmati pembaruan dan fitur gaya baru, Anda harus memilih Proton Saga 2022 model Premium S yang harganya RM3.000 lebih mahal daripada model Premium. Jika tidak, Anda akan mendapatkan mobil yang sama seperti sebelumnya.

Di antara varian, peningkatan yang paling menonjol mungkin adalah varian Auto Standar karena sekarang hadir dengan ESC dan TSC sebagai standar. (SY)

Sumber Soya Cincau
Don`t copy text!