BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

MakCik Travels, Jasa Layanan Transportasi Khusus Wanita di Malaysia

Mendapat kesempatan berkunjung ke negeri orang untuk pertama kali tentu saja akan menjadi pengalaman yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Blogger Borneo sendiri merasakan hal ini ketika pertama kali berkunjung ke Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia satu dasawarsa lalu.

Mungkin banyak yang mengira jika ingin keluar negeri itu cukup susah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, padahal jika dicermati sebenarnya ada beberapa negara tujuan yang bisa dikunjungi dengan cukup mudah dan murah.

MakCik Travels

Salah satu negara tujuan yang paling mudah dikunjungi dan berbiaya murah jika ingin kesana adalah Kuala Lumpur Malaysia. Dari Pontianak, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit saja menggunakan maskapai murah meriah Air Asia.

Blogger Borneo sendiri masih ingat di tahun 2017 lalu ketika mengikuti kegiatan Sepetang Bersama Blogger, total biaya yang dikeluarkan selama berada di Kuala Lumpur selama 3 hari adalah 1,5 juta rupiah (sudah termasuk tiket pesawat Air Asia Pontianak – Kuala Lumpur PP).

Ya memang pada saat itu Air Asia lagi gencar-gencarnya memberikan harga tiket murah ke Kuala Lumpur jika terbang dari Bandar Udara Internasional Supadio Kubu Raya. Jika ditotal kurang lebih 800-an ribu biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tiket PP.

Layanan Transportasi Umum

Bicara mengenai layanan transportasi publik, Blogger Borneo menganggap sudah sesuai standar dengan tingkat keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung yang baru datang untuk pertama kalinya.

Meskipun sempat bingung ketika kaki ini pertama kali menginjakkan kakinya di Kuala Lumpur Airport Internasional 2 di Penang, pada akhirnya Blogger Borneo menggunakan jasa layanan kereta api listrik yang langsung menghubungkan bandara di Malaysia dengan Kuala Lumpur (KL) Sentral.

KL Sentral Malaysia
Image: Wikipedia

Dibutuhkan waktu hanya sekitar 30 menit saja Blogger Borneo sudah sampai di KL Sentral. Sebenarnya masih bisa menggunakan opsi lebih murah lagi yaitu menggunakan bus eksekutif, hanya saja karena pada saat itu tidak ingin mengambil resiko maka memiliki layanan transportasi yang cepat meskipun harus membayar sedikit lebih mahal.

Layanan Transportasi Khusus Wanita

Selama berada di Kuala Lumpur, Blogger Borneo mencoba untuk mengeksplorasi tempat-tempat istimewa apa saja yang ada di Malaysia. Dan karena pada saat itu tujuan kunjungan adalah memenuhi undangan oleh owner DenaiHati Network, Cik Amir Hassan, maka tidak begitu banyak lokasi dapat dikunjungi karena waktunya cukup terbatas.

Jalan kaki dan menggunakan monorail, hanya metode ini yang Blogger Borneo gunakan selama berada di negara Melayu dengan etnis budaya masyarakat cukup beraneka ragam ini. Sebenarnya ada layanan Grab dan angkutan dalam kota seperti bus dan taksi biasa bisa digunakan, akan tetapi karena masih merasa cukup asing maka Blogger Borneo tidak berani ambil resiko.

Nah, baru-baru ini Blogger Borneo mendapatkan informasi dari salah seorang sahabat di Malaysia bahwa sekarang sudah ada tersedia jasa layanan transportasi khusus wanita disana yaitu MakCik Travels.

Profil MakCik Travels

MakCik Travels, didirikan oleh Dr. Sazlina Kamaralzaman dan putrinya, Miss Siti Sarah Anuar dibawah bendera Auntie Wanders Enterprise. Layanan MakCik Travels justru dimulai pertama kali di kampung halaman mereka sendiri di Bangi, Selangor. setelah melakukan survei pasar sederhana di Facebook.

Dr. Sazlina lulus dengan gelar kedokteran dari Irlandia dan memiliki gelar Magister Ilmu Rehabilitasi. Saat ini Beliau bekerja di Universitas Kebangsaan Malaysia sebagai dosen dan pelatih terapis yang bekerja dengan orang-orang berkebutuhan khusus.

Auntie Wander Enterprise didirikan pada bulan November 2018. MakCik Travels mulai beroperasional menggunakan modal berasal dari tabungan sendiri. Berawal dari survei sederhana melalui Facebook, Sazlina dan Sarah mulai menerima pemesanan menggunakan nomor WhatsApp pribadi.

Tak lama berjalan, mereka mulai berpikir untuk mengembangkan panggilan platform digital BooMs (Sistem Manajemen Pemesanan) sebagai salah satu bentuk investasi mereka memaksimalkan layanan yang diberikan selama ini.

Layanan AdiNita

MakCik Travels pada awal mula menjalani usaha hanya menyediakan jasa layanan transportasi khusus wanita, akan tetapi di bulan April 2019 mereka memutuskan untuk mengubah model bisnis menjadi layanan pendamping.

Dan pada bulan Desember 2020, Auntie Wanders Enterprise menjalani restrukturisasi dengan Nona Siti Sarah sebagai CEO MakCik Travels yang baru dan Dr. Sazlina diangkat sebagai penasihat.

Jasa Pendamping ini dinamakan AdiNita, wanita yang bekerja secara freelance (pekerja bebas) dan terdaftar secara resmi di MakCik Travels. AdiNita melakukan tugas sebagai pemandu atau pendamping kepada pelanggan wanita dan individu yang membutuhkan layanan khusus.

Untuk menjadi seorang AdiNita tidak dikenakan biaya pendaftaran alias GRATIS. Info lengkap mengenai cara mendaftar menjadi AdiNita MakCik Travels bisa dilihat melalui laman FAQ AdiNita.

Kesimpulan

MakCik Travels memberikan layanan kepada para penumpang wanita dalam bentuk jasa transportasi dan jasa pendamping. Dengan adanya jasa ini, maka para pengunjung yang datang ke Malaysia tidak perlu kuatir lagi jika ingin berjalan-jalan dan berkeliling sesuai keinginan tujuan.

Alamat Kantor MakCik Travels

M5D5, Jalan Pandan Indan 4/1A Pandan Indah Ampang, 51000 Kuala Lumpur, Malaysia

Telepon: +60 10-228 4020

Artikel Terkait
Leave A Reply

Your email address will not be published.