Rawon Nganjuk Rumah Makan Simpang Rajawali Adisucipto Kubu Raya

Ingin mencicipi sajian kuliner khas Jawa Timur di Pontianak, kita bisa langsung menuju Rumah Makan Simpang Rajawali yang terletak di Jalan Adisucipto, Sungai Raya, Kubu Raya.

Diantara begitu banyak merchant kuliner yang bisa dipesan melalui aplikasi Gojek, rumah makan ini bisa menjadi salah satu pilihan. Bagi para pecinta kuliner, begitu mendengar kata Rawon maka yang akan langsung terbayang di benak pikiran adalah semangkuk  sup daging berkuah hitam yang dicampur dengan campuran bumbu khas bernama kluwek.

Sajian kuliner ini meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, namun juga dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah bagian Timur yaitu Surakarta. Daging yang dimasukkan dalam Rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil dimana bagian yang biasa digunakan adalah bagian Sandung Lamur.

Rawon Nganjuk

Bumbu Rawon memiliki citarasa cukup khas, terdiri atas campuran Bawang Merah, Bawang Putih, Lengkuas (Laos), Ketumbar, Serai, Kunir, Lombok, Kluwek, Garam, dan Minyak Nabati.

Untuk membuat Rawon, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghaluskan semua bumbu tersebut diatas. Setelah itu baru ditumis hingga harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging.

Jika diperhatikan, kuah Rawon akan berwarna kehitaman. Hal ini dikarenakan Rawon menggunakan bumbu khas yaitu Kluwek. Kluwek membuat kuah Rawon menjadi hitam pekat. Meski begitu, beberapa jenis Rawon ada yang tidak terlalu hitam. Kembali lagi kepada selera masing-masing.

Cara Pembuatan

Asal mula Rawon dibuat dari daging sandung lamur atau dalam dunia kuliner dikenal sebagai brisket, bagian daging sapi yang sedikit berlemak dan akan terasa lebih enak jika dimasak lama. Akan tetapi, belakangan ini Rawon dibuat dengan campuran bahan baku daging iga dan ayam. Bahkan, ada juga yang menambahkan labu siam kedalammya.

Isian rawon yang berupa daging sapi semakin membuat gurih rawon. Di luar negeri, Rawon disebut sebagai black soup. Rawon disajikan bersama nasi, ditambahkan dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng bagian empal, dan sambal.

Order via Go Food

Untuk dapat mencicipi kuliner khas Jawa Timur ini, kita dapat langsung melakukan pemesanan via aplikasi Go Food karena nama RM Simpang Rajawali, Adisucipto sudah ada dalam daftar outlet merchant Go-Jek. Kita tinggal membuka aplikasi Gojek dan pilih menu Go-Food. Ketik kata kunci di kolom pencarian “RM Simpang Rajawali” dan nama brand kuliner ini akan langsung muncul.

RM Simpang Rajawali, Adisucipto tidak memiliki cabang. Memang jika dilihat lokasinya, salah satu merchant Go-Food Pontianak ini terletak di daerah pinggiran kota, tepatnya sudah masuk dalam kawasan Kabupaten Kubu Raya. Meskipun begitu, menu Rawon Nganjuk nya patut untuk dicoba.

Menu Pilihan

Jika dilihat melalui aplikasi Go-Food, RM Simpang Rajawali, Adisucipto ini masuk dalam kategori Restoran Aneka Nasi. Jadi, pilihan menu makanannya bersifat umum. Hanya Rawon Nganjuk yang bersifat khas kuliner dari Jawa Timur.

Rawon Nganjuk masuk dalam daftar best sellers di aplikasi Go-Food, harga jualnya hanya Rp. 15.000,- saja belum termasuk ongkos pengantaran. Selain Rawon Nganjuk, RM Simpang Rajawali, Adisucipto menyediakan menu Bakso Urat yang dijual dengan harga Rp. 15.000,-, Ayam Bakar Rp. 12.000,-, Pecel Lele Rp. 12.000,-, dan Sop Tulang Rp. 15.000,-.

Gunakan sistem pembayaran melalui Go Pay untuk mendapatkan promo potongan untuk ongkos pengantaran. (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More