Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Serunya Suasana Kompetisi Desain Blog Makumpala 2011

Suasana hujan dan petir menyertai penyelenggaraan kompetisi desain blog 2011 yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Hukum Pecinta Alam (MAKUMPALA). Saya sendiri baru bisa hadir di lokasi pada jam 12.30 WIB, disitu para peserta sudah pada kelihatan sibuk mendesain, menyiapkan postingan, dan mempublishnya ke dalam blog mereka. Terlihat ruangan video conference Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura dipenuhi oleh 19 tim yang ikut bertanding dimana setiap timnya terdiri atas 3 orang. Seperti yang telah saya tuliskan di postingan sebelumnya bahwa terjadi perubahan jadwal penyelenggaraan lomba dikarenakan adanya kendala teknis di lapangan. Kebetulan dibawah ini adalah rekaman video yang menggambarkan suasana selama lomba berlangsung.

httpv://youtu.be/Fd246-thods

Sistem perlombaan yang diterapkan adalah sistem on the spot sehingga semua proses pembuatan, pengeditan, hingga publish tulisan dilakukan pada hari yang sama. Dengan jangka waktu yang diberikan hanya sekitar 3 jam saja, masing-masing peserta harus dapat membagi-bagi tugas antar sesama tim agar semuanya bisa selesai tepat pada waktunya. Bukan sebuah pekerjaan yang mudah menurut saya, jika hanya dilakukan satu orang saja waktu yang dibutuhkan untuk melakukan semua itu tentulah melebihi tenggat waktu yang diberikan. Jadi kerjasama tim sangat memegang peranan disini.

Waktu terus berjalan, semua peserta yang hadir masih tampak sibuk mengutak-atik blognya agar dapat sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. Tidak terasa batas waktu yang diberikan sudah memasuki menit-menit terakhir, jika dilihat sepintas masih ada beberapa tim yang baru bisa menyelesaikan setengah dari seluruh persyaratan lomba. Semoga saja di detik-detik terakhir mereka dapat mengejar ketertinggalannya.

Ting Tong, akhirnya waktu yang diberikan telah selesai. Suara riuh terdengar dari para peserta begitu mendengar panitia memutuskan waktu lomba telah selesai, memang waktu 3 jam yang diberikan masih dirasa kurang. Tapi karena sudah menjadi ketentuan lomba, maka mau tidak mau bagi para peserta lomba yang tidak bisa menyelesaikan secara keseluruhan tidak akan mendapat nilai yang maksimal. Sesi selanjutnya diberikan kepada saya, pemaparan singkat mengenai apa itu blog serta seluk beluknya menjadi bahan sharing dan diskusi saya kepada para peserta. Mungkin satu hal yang saya tekankan kepada mereka adalah JIKA INGIN MENDAPAT KESEMPATAN UNTUK JALAN-JALAN GRATIS, CUKUP NGEBLOG AJA. Dan konsistensi menjadi kunci dari sukses tidaknya kita menjadi seorang blogger, banyak juga diantara para blogger yang saat ini tidak mampu lagi mengurus blognya dikarenakan terlalu sibuk dengan aktivitasnya. Sama juga seperti ungkapan yang mengatakan bahwa memulai sesuatu itu lebih mudah ketimbang mempertahankannya, lebih mudah membuat blog daripada mempertahankannya untuk tetap eksis.

Nah, sekarang adalah sesi yang paling mendebarkan yaitu sesi penjurian. Saya bersama dengan dua orang juri lainnya berkeliling dan berhenti disetiap meja peserta, sesekali melihat-lihat blog yang dihasilkan secara seksama. Secara garis besar, gaya tulisan mereka pada umumnya masih sama. Hanya beberapa diantaranya saja yang tampak lebih fokus dan terarah dalam menyajikan tulisan di blognya. Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk memberikan penilaian secara keseluruhan, suasana terasa semakin tegang karena pastinya setiap peserta sangat berharap timnya bisa menjadi juara. Dan setelah hasil rekap nilai telah terkumpul, kembali saya dipercaya untuk mengumumkan keputusan para pemenang.

Dan akhirnya setelah melalui proses penilaian yang cukup alot dikarenakan ada 2 peserta memiliki jumlah nilai sama, kami memutuskan bahwa yang menjadi pemenang dalam Makumpala Blog Design Competition 2011 adalah:

Sebagai hadiah utama, diberikan Piala Bergilir dari Bupati Kabupaten Kubu Raya, Piala Tetap, dan Uang Pembinaan sebesar 2 juta rupiah, untuk juara kedua dan ketiga masing-masing diberikan Piala Tetap dan Uang Pembinaan sebesar 1,5 juta dan 1 juta rupiah.

Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama antara panitia, pemenang, dan para peserta. Saya sendiri secara pribadi turut mengucapkan selamat kepada para pemenang, semoga semangat yang kalian tunjukkan pada hari ini dapat terus dipertahankan sampai kapanpun. Bagi yang belum terpilih menjadi pemenang, jangan cepat patah semangat. Masih ada kesempatan lain yang bisa didapat selama kalian tetap eksis dengan semangat ngeblog kalian. Buat para panitia, ucapan terima kasih banyak saya ucapkan karena semua agenda kegiatan hari ini tidak akan bisa berjalan lancar tanpa jerih payah kalian. Tetap semangat semuanya dan sampai ketemu lagi di MAKUMPALA BLOG DESIGN COMPETITION 2012. Aminnn… (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #
7 Comments
  1. ndop says

    3 jam menurut saya tidak mungkin… aku buka blognya pemenang.. waaah kok bisa jadi ya.. HEBAT!!!!!

    1. Dwi Wahyudi says

      Nah, blogger pontianak itu sebenarnya jago-jago kan. Kebayang ngga membuat 10 postingan dalam waktu 3 jam. Saya aja puyeng mikirkannya, palingan 2-3 tulisan aja tuh bisanya.

  2. Blog's Teguh says

    Klo boleh kopas 1 jam sya bsa om…
    ckckckc…

  3. sman6 says

    kak ..
    kenapa juara 3 sman mujahidin ..
    padahalkan sman kami ..
    kami harap ada perbaikan di tulisannya kak ..
    terima kasih .

    1. Dwi Wahyudi says

      Oke, thanks buat revisinya. TOPPPP…

      1. rian says

        oke kak .
        sama2 ..
        smoga sukses ..
        kak situs beleter.org itu kok tertutup susah mau join ..
        kenapa yah !! ..

        1. Dwi Wahyudi says

          Aminnn… Btw, situs beleter.org memang masih belum difungsikan krn masih dalam tahap pengerjaan. Insya Allah awal tahun 2012 sudah bisa launching, aminnn… Thanks yach

Leave A Reply

Your email address will not be published.