Home Opini Oh Tidak, Blogger Borneo di Hack…

Oh Tidak, Blogger Borneo di Hack…

SHARE
Tampilan Blogger Borneo Ketika Dideface
Image: Dok. Pribadi

Maksud hati ingin melihat update perkembangan blog, eh ternyata pemandangan aneh yang muncul di halaman blog milik sendiri. Dalam hati saya langsung merespon, wah kena hack nih blog. Langsung berinisiatif memeriksa wp-admin dan cpanel hostingnya, Alhamdulillah password masuknya tidak diubah dan semua file database yang tersimpan didalamnya masih lengkap tanpa kurang satupun.

Mulai mencari solusi dengan menghubungi teman-teman via facebook dimana langkah pertama yang harus diambil adalah menghubungi pihak penyedia jasa hostingnya. Klarifikasi kasus via Yahoo Messenger dengan teknisinya dan dalam waktu kurang dari 10 menit tampilan blog saya sudah kembali seperti semula.

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan saya adalah siapa sih yang iseng mengubah tampilan blog saya yang tampak “tidak berdosa” itu?. Diantara blog-blog yang cukup terkenal kenapa mesti blog saya yang harus menjadi korban?. Mengutip kalimat yang biasa diucapkan oleh Bang Rhoma Irama, TERR..LALUU… Hehehe…

Kebetulan punya seorang sahabat yang paham dengan security web, konfirmasi via handphone untuk meminta bantuan mengatasinya dan selang beberapa jam kemudian review kasus yang menimpa Blogger Borneo sudah saya terima via email. Hhmm… dari jejak yang ditinggalkan dapat diketahui link alamat cracker nya adalah . Sebenarnya masih ada link lain yang diindikasikan sebagai penyusupnya, cuma sengaja tidak saya ungkapkan disini karena tingkat kerusakan yang dihasilkan tidak terlalu fatal.

Ternyata selama bulan Agustus 2011, sudah sekitar puluhan blog yang disusupinya. Saya sendiri ada beberapa blog yang juga ikut menjadi korban, tapi Alhamdulillah saat ini semuanya sudah clear. Setelah itu saatnya berbenah dengan mengganti semua password yang selama ini dipakai, mungkin pengalaman yang saya alami dapat menjadi pelajaran bagi rekan-rekan semuanya. Finally, thanks’s very much for my best friend. Nice job bro… (DW)