4 Tips Meminta Naik Gaji ke Bos Saat Era Pandemi

Image: Google.Com

Saat terjadi pandemi, kita memang dihadapkan pada situasi yang sulit. Dari sini seringkali sulit bagi kita untuk menentukan sikap kita, termasuk ketika ingin mengajukan kenaikan gaji. Seperti kita ketahui bersama bahwa pandemi ini membuat perekonomian nasional bergerak lamban.

Dari sini, banyak pelaku bisnis dan perusahaan yang terkena imbas perlambatan ekonomi. Oleh karena itu, banyak pekerja atau karyawan yang kemudian ragu-ragu untuk mengajukan kenaikan gaji kepada atasannya. Tapi benarkah kita tidak bisa mengajukan kenaikan gaji saat pandemi seperti ini? Tentu bisa, selama kita bisa menerapkan tips berikut ini.

Kenali Kondisi Perusahaan

Tips pertama untuk mengajukan kenaikan gaji saat terjadi pandemi adalah mengenali dan memahami kondisi perusahaan. Jadi sebelum berbicara dengan atasan Anda, pastikan untuk mengetahui kondisi perusahaan selama pandemi ini.

Lalu jawab pertanyaan apakah perusahaan dalam keadaan untung atau rugi? Jika perusahaan sedang terpengaruh oleh penurunan omset, pertama-tama tunda keinginan Anda untuk menaikkan gaji Anda. Namun jika perusahaan tidak terpengaruh dan terus meraup untung selama pandemi, maka Anda bisa mendatangi atasan Anda untuk mengajukan kenaikan gaji.

Baca Juga:   Streamline Your Projects with Effective Project Management Software

“Jika ada pembekuan perekrutan, atau jika perusahaan benar-benar berjuang secara finansial, itu membuat Anda lebih sulit untuk mendapatkan kenaikan gaji,” kata Joel Garfinkle

Tunjukkan Value Anda

Jika perusahaan tempat Anda bekerja masih menguntungkan, maka Anda bisa mengajukan kenaikan gaji. Tetapi sebelum datang ke atasan Anda, Anda perlu mengetahui nilai Anda. Jangan “mempermalukan” diri sendiri saat Anda datang ke atasan tanpa nilai-nilai Anda.

Kenaikan gaji harus berbanding lurus dengan nilai Anda sebagai karyawan. Jika Anda merasa belum bisa memberikan kontribusi yang banyak untuk perusahaan, ada baiknya jika Anda tidak ingin mengajukan kenaikan gaji. Namun jika Anda benar-benar sudah berkontribusi banyak, bahkan melebihi tugas dan deskripsi pekerjaan, maka Anda bisa mengajukan kenaikan gaji.

Selain mengukur harga diri, spesialis karier di Ama La Vida Shari Santoriello menasihati siapa pun yang akan mengajukan kenaikan gaji selama pandemi, mereka perlu memberikan pandangan tentang program atau visi untuk mendukung perusahaan agar terus berjalan. dan berkembang.

Jangan lupa juga untuk mengukur waktu kontribusi Anda kepada perusahaan. Jika Anda telah lama bertugas dan nilai Anda bagus, itu artinya Anda telah memenuhi persyaratan Anda.

Baca Juga:   Manfaat Teknologi Informasi dan Digitalisasi bagi Pelaku Bisnis UMKM

Putuskan Apa yang Anda Inginkan

Jika kedua syarat di atas sudah Anda penuhi yaitu perusahaan yang menguntungkan dan memiliki harga diri yang baik, maka saatnya datang ke atasan Anda untuk melamar. Dalam pengajuan kenaikan gaji ini harus Anda sampaikan dengan jelas.

Tentukan jumlah gaji yang Anda inginkan dari atasan Anda. Jika Anda bingung jumlah yang sesuai untuk diajukan, Anda bisa mengetahui gaji standar sesuai posisi Anda di beberapa situs online seperti Glassdoor, Indeed dan Salary.com.

Jangan lupa, menurut founder APEX Career Services, Nadine Franz, saat mengajukan kenaikan gaji ini menyampaikan alasannya dengan cara yang baik dan di waktu yang tepat.

“Cobalah sesuatu seperti: ‘Saya telah sukses dalam enam bulan atau tahun terakhir, saya merasa kenaikan gaji sekarang dijamin mengingat seberapa besar saya telah berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan dan saya ingin mendapatkan kenaikan gaji. XYZ “,” kata Nadine.

Follow Up

Terakhir, tips mengajukan kenaikan gaji saat terjadi pandemi adalah tindak lanjut. Intinya di sini adalah ketika permintaan Anda ditolak, Anda tidak boleh menyerah begitu saja. Tetapi tunjukkan lagi kinerja Anda yang baik karena Anda akan lebih diawasi oleh atasan Anda. Sekarang, persiapkan pengajuan Anda lagi di lain waktu sambil terus membuka diri kepada atasan Anda untuk peluang mendapatkan kenaikan gaji yang layak atau memenuhi syarat. (CW)

Don`t copy text!