Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Topologi Jaringan Ini Membuat Manusia Saling Terhubung Satu Sama Lain

Saling terhubung satu sama lain dalam sebuah jaringan atau lebih dikenal sebagai network membuat jarak komunikasi antar sesama manusia semakin dekat dan cepat. Tidak perlu menunggu lama, dalam hitungan sekejap mata saja sebuah informasi sudah dapat diterima.

3 Jenis Jaringan Komputer
Image: Storify.Com

Kecanggihan teknologi informasi yang terus berkembang setiap saat membuat batas antara ruang dan waktu tidak lagi berjarak. Ketika sumber informasi bermula dari lingkungan terkecil, maka dalam waktu singkat informasi tersebut dapat secara cepat menyebar melalui jaringan komunikasi yang sudah terbentuk sebelumnya. Hampir sama dengan konsep jaringan komunikasi diatas, jaringan komputer juga menerapkan hal yang sama.

Dalam definisi sederhana, yang dimaksud dengan jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komputer dimana dalam aktivitas operasionalnya dapat berperan sekaligus sebagai sumber daya (Printer dan CPU), alat komunikasi (Email dan Pesan Instan), dan sumber akses informasi (Browser). Disini setiap bagian dapat saling meminta dan memberikan layanan (service). Untuk bagian yang meminta disebut sebagai client, sedangkan bagian yang memberikan layanan disebut sebagai server.

Jika diperhatikan pada gambar diatas, dapat dilihat bagaimana topologi sebuah jaringan terbentuk dari lingkungan terkecil hingga sampai lingkungan lebih luas (worldwide). Secara garis besar, terdapat 3 jenis jaringan yang masing-masing memiliki fungsi dan kinerja sesuai kapasitasnya, antara lain: LAN, MAN, dan WAN.

LAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, suatu jaringan komputer yang cakupan koneksinya masih dalam lingkungan kecil, seperti: jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Untuk menghubungkan semua komputer dalam jaringan ini digunakanlah Kabel LAN.

Selama ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch dengan kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Dibandingkan dengan MAN dan WAN, LAN memiliki karakter tersendiri, antara lain:

  • Mempunyai pesat data yang lebih tinggi.
  • Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit.
  • Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi.

Pada LAN, setiap komputer dapat mengakses perangkat-perangkat yang terhubung, seperti: Printer, Scanner, dan lain sebagainya dengan batasan akses penggunaan yang telah diatur sebelumnya. Selain itu, antar pengguna juga bisa saling berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi, seperti: Chat, FTP, dan lain-lain.

Karena jaringan ini bersifat client-server, maka diantara komputer yang saling terhubung ada salah satunya dijadikan sebagai server untuk mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. Komputer server harus memiliki spesifikasi minimal yang lebih tinggi diantara komputer lainnya. Sistem operasi terpasang khusus untuk network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan.

MAN

MAN merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network, suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang dapat menghubungkan berbagai lokasi, seperti: Kampus, Perkantoran, Pemerintahan, dan sebagainya. MAN dibentuk dari beberapa LAN yang digabungkan dan memiliki jarak jangkauan dari 10 hingga 50 kilometer. MAN biasa digunakan untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota, antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

WAN

WAN merupakan singkatan dari Wide Area Network, suatu jaringan komputer yang mencakup area yang besar dibanding LAN dan MAN. Jika LAN jangkauannya masih sebatas kota atau wilayah dengan radius 50 kilometer, maka WAN bisa lebih jauh dari itu. Dalam proses operasionalnya, jaringan komputer ini membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain. (DW)

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.