Menikmati Wisata Sungai Kapuas di Taman Alun Kapuas

Wisata Sungai Kapuas merupakan salah satu jenis wisata yang paling sering dicari oleh para pengunjung dari dalam maupun luar negeri. Jika ingin berwisata menyusuri sepanjang Sungai Kapuas, maka para pengunjung harus datang terlebih dahulu ke sebuah lokasi yang diberi nama Taman Alun Kapuas.

Taman Alun Kapuas terletak tepat di pinggiran Sungai Kapuas menjadikan lokasi ini cukup asyik dikunjungi karena dapat melihat pemandangan langsung sungai yang dikenal terpanjang di Indonesia ini. Untuk mencapai lokasi ini cukup mudah karena berada di kawasan tengah kota, bisa menggunakan jasa angkutan transportasi khusus seperti ojek ataupun taksi online yang sekarang sudah beroperasional di kota Pontianak.

TAMAN ALUN KAPUAS

Blogger Borneo sendiri sudah beberapa kali ke Taman Alun Kapuas Pontianak. Disaat Blogger Borneo ingin menikmati suasana tepi Sungai Kapuas yang cukup indah, disinilah tempat yang sangat tepat. Disarankan untuk datang pada jam 4 sore keatas karena suasana sudah tampak begitu ramai dan para pedagang makanan dan minuman pun sudah terlihat standby di posisinya masing-masing.

Sesuai namanya, di kawasan ini cukup teduh dan rimbun karena banyak ditumbuhi oleh tanaman-tanaman jenis pohon dan bunga. Disediakan juga kursi-kursi yang terletak dibawah pohon sehingga para pengunjung dapat duduk dengan santai sambil sesekali bercengkerama bersama keluarga.

Taman Alun Kapuas Pontianak berada di lokasi yang cukup strategis karena berada tepat diseberang Kantor Wali Kota Pontianak. Bagi yang berasal dari luar kota dapat menginap di hotel Kartika Dharma, letaknya tepat berada disamping Taman Alun Kapuas. Sesekali disini juga diselenggarakan pertunjukkan musik dan pagelaran budaya pada momen-momen tertentu.

WISATA SUNGAI KAPUAS

Selain bisa menikmati suasana tepian Sungai Kapuas, para pengunjung juga bisa merasakan suasana berkeliling Sungai Kapuas dengan menaiki kapal motor yang didesain khusus dapat membawa para penumpang. Terdapat dua bagian yaitu atas dan bawah. Setiap 30 menit sekali, kapal motor ini secara bergantian beroperasional. Untuk menggunakan jasa Wisata Sungai Kapuas ini biayanya hanya 15 ribu rupiah saja per orang per sekali jalan.

Rute perjalanannya dimulai dari Taman Alun Kapuas Pontianak, terus menyusuri sepanjang tepian sungai hingga sampai ke bawah Jembatan Kapuas I, kemudian menyeberang dan memutar balik hingga kembali ke titik keberangkatan awal. Di sepanjang perjalanan Blogger Borneo dapat melihat aktivitas masyarakat kota Pontianak yang tinggal di kawasan sepanjang tepian Sungai Kapuas.

SEKILAS MENGENAI SUNGAI KAPUAS

Sungai Kapuas membentang dari Provinsi Kalimantan Barat hingga Kalimantan Selatan. Panjangnya mencapai 1.143 km dan merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Di antara kebudayaan-kebudayaan yang ada di sepanjang Sungai Kapuas, aliran sungai ini melewati Kota Pontianak. Meskipun sepenggal namun aliran Sungai Kapuas adalah urat nadi dari Kota Pontianak.

Sungai Kapuas Pontianak adalah  pusat jalur perdagangan dan transportasi. Sehari-harinya berbagai jenis moda transportasi air tumpah ruah di sungai ini. Kapal motor, perahu-perahu tradisional serta kapal-kapal pengangkut hasil bumi hilir mudik menghiasi sungai. Bagi siapa pun yang pertama kali berkunjung ke Sungai Kapuas Pontianak, pemandangan hilir mudik kapal-kapal tersebut pasti akan membuat decak kagum bahwa ternyata kapal-kapal tersebut mengapung di atas sebuah sungai.

Wisata Sungai Kapuas

Panjang Sungai ini memang mencolok mata, begitu pun lebarnya. Tercatat rata-rata lebar Sungai Kapuas Pontianak adalah 400-700 meter. Jika dibandingkan dengan jalan di darat, di belahan bumi mana pun tidak ada jalan raya selebar itu. Secara keseluruhan aliran Sungai Kapuas yang dapat dilayari oleh kapal besar seukuran ferry adalah sepanjang 800 km atau hingga ke Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Jarak tersebut hampir sama dengan jarak antara Kota Surabaya-Jakarta.

SUNGAI KAPUAS DENGAN DUA ANAK SUNGAINYA

Sungai Kapuas Pontianak dengan percabangan dua anak sungainya yakni Sungai Kapuas Kecil dan Sungai Landak, membelah Kota Pontianak menjadi 3 bagian. Yakni Pontianak Barat dan Selatan, Pontianak Timur, dan Pontianak Utara. Ada dua jembatan yang membentang di atas Sungai Kapuas Pontianak dan anak sungainya. Yang pertama adalah Jembatan Kapuas sepanjang 410 meter dibangun tahun 1983, menghubungkan Pontianak Selatan dengan Timur. Sedangkan Jembatan Landak sepanjang 319 meter menghubungkan  Pontianak Timur dengan Utara.

Selain pembagian di atas, ada juga pembagian yang lazim dipakai oleh warga. Yang pertama adalah kawasan kota,  kawasan yang terdiri dari perkebunan dan sedikit kota serta, yang terakhir adalah kawasan kota lama. Dengan pembagian ini bisa ditunjukkan kilas sejarah dan perkembangan warga di sekitar sungai.

Nah, bagi masyarakat kota Pontianak yang ingin bersantai bersama keluarga sepertinya Taman Alun Kapuas dapat menjadi salah satu tempat tujuan. Sedangkan bagi yang berasal dari luar kota dapat memanfaatkan jasa City Tour Package yang disediakan.

Info lengkap mengenai paket Wisata Sungai Kapuas dapat langsung menghubungi: 0811-56-1982 (Telp/WA). Tidak lengkap rasanya jika tidak melihat langsung pemandangan Sungai Kapuas ketika berada di Pontianak. (DW)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More