Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

13 Tips Menghemat Baterai BlackBerry Z10

BLOGGERBORNEO.COM – BlackBerry Z10 BB (BB Z10) merupakan salah satu versi yang dikeluarkan oleh BlackBerry Ltd. pada pertengahan tahun 2013. Di tahun 2014, BB Z10 mampu memproduksi hingga 10,7 juta  unit yang disebar ke seluruh dunia.

Dilihat dari spesifikasi umum, bisa dibilang BB Z10 memiliki beberapa kelebihan dibanding versi-versi sebelumnya. BB Z10 telah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu BlackBerry OS (Upgradable). Jika sebelumnya BB hanya bisa diinstal dengan aplikasi-aplikasi khusus, tidak demikian dengan BB Z10. Sekarang BB Z10 sudah bisa diinstal aplikasi-aplikasi umum yang biasa digunakan, seperti: Facebook Messenger, WhatsApp, Line, dan lain sebagainya.

Tidak ada produk yang sempurna, perumpamaan ini cocok disandang oleh BB Z10 ketika diketahui kapasitas baterai yang dimiliki hanya 1.800 mAh. Bagi sebuah gadget dengan fasilitas layanan tambahan cukup banyak, sepertinya kapasitas tersebut bisa dianggap cukup minim. Belum lagi fasilitas-fasilitas bawaan BB lainnya ikutan aktif juga, tentunya ini akan semakin membuat energi baterai BB Z10 cepat terkuras.

BlackBerry Z10 White
Ilustrasi BlackBerry Z10 White (Sumber: YouTube.Com)

Akan tetapi, bagi pengguna setia BB Z10 hal ini bukanlah menjadi sebuah masalah karena sejak awal mereka sudah tahu bahwa kapasitas baterai yang dimiliki hanya 1.800 mAh saja. Sebenarnya ada beberapa tips bisa dilakukan untuk meminimalisir penggunaan energi baterai sehingga masa standby BB Z10 bisa lebih lama. Apakah kawan-kawan ingin tahu apa saja tips-tipsnya? Berikut tips menghemat baterai BlackBerry Z10:

Maksimalkan HUB

BB Hub itu tidak sekedar dibuat oleh BB agar simple, tapi juga untuk menghemat baterai karena tidak perlu membuka aplikasi masing-masing. Kita bisa buka, balas BBM, Email, SMS. Kemudian cek notifikasi dari FB, Twitter, Linkedln serta cek Call Log. Coba hindari buka aplikasi dan update media sosial hanya dari HUB, perhatikan bagaimana perbedaan konsumsi baterainya?

Blokir Update Status BBM

Sebagai makhluk sosial, tentu kita ingin selalu terhubung dengan orang-orang terdekat. Oleh karena itu update status dari mereka terus akan terpantau di BBM kita. Yang menjadi permasalahan sekarang adalah ternyata hal ini berlaku juga untuk semua contact kita, sekarang bagaimana seandainya kita memiliki lebih dari 1.000 contact yang aktif update status setiap 5 menit sekali. Selain mengganggu, tentu saja juga akan membuat energi baterai cepat terkuras

Jika kita tidak ingin menerima status dari contact yang tidak terlalu dikenal bisa lakukan hal sebagai berikut:

Open BBM -> Updates -> Sentuh Contact dan Tahan Agak Lama -> Muncul Menu di Kanan -> Pilih Gambar Paling Bawah Orang dan Tanda Garis Miring

Sekarang bagaimana untuk mengaktifkannya kembali update status contactnya? Cukup lakukan hal berikut:

Buka Aplikasi -> Swipe dari Atas ke Bawah -> Pilih Settings -> Pilih Paling Bawah Blocked Contacts -> Pilih Updates -> Bebaskan Contact yang Akan Diaktifkan Kembali

Pengaturan Waktu Interval Sinkronisasi Email

Waktu standar sinkronisasi email adalah 30 menit, nah jika kita tidak ingin terlalu sering menerima update email cukup dengan mengubahnya dengan cara:

Masuk Menu Edit Account Email – > Matikan Fitur “Use Push If Supported” dan Ubah Menjadi 1 Jam Sekali atau Lebih.

Power Saving Mode (Tingkat Kecerahan Layar)

Teknologi layar BB Z10 memang masih agak tertinggal dalam efisiensi penggunaan daya. Oleh karena dalam keadaan normal saja sudah terlihat agak redup, biasanya para pengguna menaikkan tingkat kecerahannya sehingga tampak lebih terang. Nah ini bisa mempengaruhi penggunaan energi baterai yang digunakan. Jadi kesimpulannya adalah gunakan saja tingkat kecerahan layar secukupnya. 🙂

Kamera

Semakin sering memotret akan membuat baterai cepat habis, apalagi sampai menggunakan flash. Gunakan kamera sesuai kebutuhan aja yach…

Browser

Fitur HTML 5 Z10 akan membuat kecanduan untuk berselancar di dunia maya. Ini yang membuat konsumsi energi baterai meningkat, apalagi jika yang dibuka adalah portal-portal berita. Khusus untuk situs kategori portal berita, gunakan fitur Reader Mode untuk “menghalangi” iklan atau pop up muncul.

Kontrol Suara

Menurut BB, salah satu tips agar hemat baterai adalah dengan mengecilkan volume ringtone. Meskipun tidak terlalu signifikan, namun patut dicoba.

GPS

Secara default BB Z10 akan mengaktifkan fitur Autonomous Positioning, demi menghemat baterai kita perlu mematikannya. Biasakan ketika selesai menggunakan fitur ini atau fitur sejenis seperti Google Maps atau FourSquare langsung Log Out.

Setting Sinyal

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki kualitas sinyal telekomunikasi berbeda, oleh karena itu atur network setting BB Z1o di jalur yang tersedia.

Selalu Update BlackBerry Device Software

Meski masih selalu dibayang-bayangi dengan isu “baterai boros”, pihak BB tetap akan terus melakukan update untuk sistem operasinya. Jangan pernah ketinggalan untuk selalu update OS terbaru.

Hindari Lingkungan Bersuhu Panas

Hindari meletakkan BB Z10 dibawah sinar matahari langsung karena akan berpengaruh pada penggunaan energi baterainya. Sebenarnya faktor ini berlaku secara universal untuk semua jenis peralatan elektronik yang menggunakan baterai.

Pelihara Baterai dengan Baik

Standarnya baterai Lithium Ion (Li-Ion) memiliki kemampuan re-charge tidak lebih dari 500 kali, jadi jangan terlalu sering ngecas. Ingat.. setiap waktu kemampuan baterai akan turun secara proposional. Jangan diperparah dengan tidak merawatnya dengan baik.

Active Application on Frame

Usahakan apabila selesai menggunakan aplikasi, jangan biarkan terus aktif di frame. Apabila sudah selesai digunakan, langsung saja ditutup.

Entertainment

Jangan terlalu sering bermain game atau memutar film.

Wireless Connection

Jangan lupa mematikan NFC, Bluetooth, Hotspot Tethering dan Wifi apabila selesai digunakan.

Demikian tulisan mengenai tips menghemat baterai BlackBerry Z10, semoga bermanfaat. 🙂 (DW)

Sumber Referensi:
http://forumdukungan.blackberry.com/t5/Fitur-dan-Fungsi-Ponsel-Pintar/TIP-hemat-Baterai-Khusus-pengguna-BB-z10-BB-Ze-TEN/td-p/144088

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.