Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

4 Cara Melindungi Data Pribadi Anda dari Kehilangan

Seberapa banyak data penting yang anda miliki? Bila anda seorang pekerja yang selalu berhubungan dengan komputer, seorang pengusaha yang memiliki banyak catatan penting, seorang mahasiswa yang memiliki segudang kumpulan foto selfie yang diselipi dengan tugas kampus atau ibu rumah tangga yang aktif berjualan online dan mengumpulkan banyak foto model pakaian atau aksesoris terbaru maka sudah waktunya anda memikirkan keamanan data yang anda miliki. Lho kan semuanya sudah aman dalam laptop saya? Komputer saya? Smartphone saya yang canggih? Iya, benar. Semuanya sudah tersimpan dengan baik dalam perangkat anda. Tapi apakah yang akan anda lakukan bila perangkat anda hilang? Komputer anda Hardisknya Rusak, Laptop anda erkena tumpahan makanan atau minuman atau nasib paling apes yang menghampiri smartphone anda yang jatuh ke dalam lubang WC?

Penelitian menunjukkan bahwa data menjadi bagian paling penting dalam diri seorang manusia. Sejajar dengan cinta dan kesejahteraan hidup. Wah, kalau sudah sedemikian pentingnya, ada baiknya kita sama-sama membaca hal apa sih yang bisa kita lakukan dengan data-data berharga yang anda miliki

1. Antivirus Wajib Update

Pastikanlah anda memiliki antivirus yang update pada perangkat anda. Untuk anda yang sering bekerja dengan menggunakan internet, tentu anda harus rajin memeriksa antivirus yang anda gunakan karena seperti yang kita ketahui, internet menjadi sarang dari banyaknya virus komputer yang bisa berakibat fatal apabila perangkat kita terinfeksi dari file yang hilang, rusak, bahkan disembunyikan oleh sang virus. Pada sebagian smartphone sudah terdapat beberap antivirus yang terpasang bersamaan dengan pembersih RAM seperti yang dimiliki oleh CleanMaster, dan DuBooster. Bila anda menggunakan PC/Laptop anda bisa memasang antivirus lokal seperti SMADAV, dan antivirus internasional seperti Avast, Avira, dan lainnya.

Personal Data Protection

2. Backup Perangkat atau Data Anda

Setiap anda membeli perangkat smartphone biasanya akan disertakan sebuah paket berisi disc yang berisi aplikasi untuk melakukan backup data anda perangkat anda ke dalam laptop/PC. Jangan sia-siakan disc ini, segera install dan backup data anda secara berkala ke dalam laptop. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas backup data yang dimiliki oleh Dropbox, GoogleDrive, SugarSync secara online. Anda bisa mem-backup data anda baik dalam bentuk gambar, suara, foto, bahkan hingga file microsoft word sekalipun. Jadi ketika tiba-tiba anda membutuhkan data dalam keadaan mendadak, anda bisa membuka data yang anda miliki secara online. Wah.. tak perlu membawa sebundel laporan lagi ya, tinggal Klik.

3. Simpan di Beberapa Lokasi

Kita bisa bernapas lega bila ketika data hilang dan sudah melakukan backup di perangkat lain. Tapi bagaimana bila ternyata anda lupa atau perangkat backup anda mengalami kerusakan? Nampaknya anda perlu menyimpan data backup anda di lebih dari satu tempat seperti USB flashdisk ataupun external harddisk, atau apabila data anda berupa video maupun rekaman suara anda bisa menyimpannya di piringan DVD. Jangan membeli perangkat yang kurang berkualitas, pilihlah yang mereknya sudah kita kenal atau bahkan direkomendasikan oleh penjual. Perhatikan pula garansi perangkat backup ini bila suatu saat terjadi kerusakan.

4. Cetak dan Arsipkan

Cara ini agak terkesan kuno, namun tidak barbar 😀 Ya, cetak dokumen anda yang penting dan arsipkan. Tentunya anda tetap harus memilah milih mana dokumen yang perlu dan tidak perlu untuk dicetak. Meskipun mengeluarkan biaya yang lebih banyak terutama dari sisi kertas dan printer, namun harus diakui cara ini cukup efektif untuk mencegah anda yang sering melupakan dimana posisi data anda.

Kini anda bisa memilih cara apa yang akan anda ambil dalam mengamankan dan membuka kembali data anda secara mudah dan fleksibel kapanpun dan dimanapun. Jadilah Pengguna Teknologi yang Cerdas 😀

DAPATKAN INFO TERBARU SHARING BLOG
Masukkan Alamat Email Anda untuk Dapatkan Info Terbaru Mengenai Sharing Blog
# Data Email Anda Tidak Akan Disebarluaskan #

Leave A Reply

Your email address will not be published.