5 Besar Aplikasi eWallet di Indonesia

Sebagian besar konsumen yang ada di daerah perkotaan ini terbiasa menggunakan dompet digital. Kebiasaan bertransaksi secara non tunai ini juga mulai menular ke konsumen yang ada di daerah perdesaan dan usaha skala kecil hingga menengah.

5 Besar Aplikasi eWallet di Indonesia – Bukan suatu hal yang mengherankan, Berdasarkan data dari bank indonesia, ada sekitar 38 layanan dompet digital yang mendapatkan lisensi resmi. Pada tahun 2018 lalu, Transaksi dompet digital di indonesia sanggup mencapai angka USD 1,5 miliar dan diprediksi akan terus meningkat hingga USD 25 miliar pada tahun 2023.

Pertanyaannya adalah, Dompet digital yang mana yang paling popular di Indonesia? iPrice group bekerjasama dengan perusahaan analisa data App Annie, memberikan rangkuman mengenai 5 aplikasi dompet digital paling populer di indonesia sebagai berikut.

5 Besar Aplikasi eWallet di Indonesia Menurut Analisa App Anie & iPrice Group

5 Besar Aplikasi eWallet di Indonesia – Merupakan aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh para pelanggan dalam melakukan pembayaran non tunai, tentunya dengan menggunakan aplikasi ini lebih mempermudah dalam pembayaran non tunai, apa saja aplikasi tersebut? simak ulasannya dibawah ini.

1. GoPay

5 Besar Aplikasi eWallet di Indonesia

Diurutan pertama adalah GoPay yang merupakan salah satu produk dari startup decacorn pertama di indonesia yaitu Gojek yang menjadi primadona dengan pengguna aktif terbanyak di Indonesia. Menurut informasi dari Medium, 30 persen total transaksi di Indonesia berasal dari aplikasi Go-Pay.

Pada bulan Februari 2019, Go-Pay ini mencapai angka transaksi yang cukup fantastis, yaitu sebesar USD 6,3 Miliar atau Rp 89 Triliun. Sekitar 70% didapatkan dari transaksi Go-Jek yang menggunakan metode aplikasi Go-Pay sebagai sebuah metode pembayaran.

2. Ovo

5 Besar Aplikasi eWallet di Indonesia

Berlanjut ke aplikasi Dompet Elektronik selanjutnya diduduki oleh Aplikasi Ovo, yang merupakan aplikasi dompet digital milik Lippo Group. Untuk menambah kualitasnya, Ovo melakukan kerjasama dengan grab indonesia. Selain itu, Ovo juga melakukan kerjasama dengan perusahaan unicorn yaitu Tokopedia.

Berdasarkan data yang didapatkan, Tokopedia menduduki peringkat pertama pada platform iOs dan Android. Namun, jumlah unggahan aplikasi Ovo menurun, akan tetapi, Ovo tetap mengalahkan LinkAja untuk pengguna aktif bulanan.

3. Dana

5 Besar Aplikasi eWallet di Indonesia

Diposisi berikutnya ada aplikasi Dana, yang merupakan pendatang baru dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Berdasarkan riset yang dilakukan iPrice Group, Aplikasi ini berhasil naik peringkat menggeserkan LinkAja di posisi ketiga.

Dana ini merupakan hasil kerjasama antara Emtek Group dan Ant Financial yang sempat turun satu peringkat ke posisi ketiga. Inovasi terbarunya adalah menghadirkan program Dana Protection. Dimana program ini merupakan jaminan proteksi 100% untuk kenyamanan dan keamanan pengguna dana dan hanya bisa digunakan oleh pengguna premium.

4. LinkAja

5 Besar Aplikasi eWallet di Indonesia

Selanjutnya adalah Link Aja yang merupakan aplikasi serupa seperti Go-Jek yang menyediakan layanan servis bagi pengguna dompet digital. LinkAja memiliki beberapa versi layanan yang sama seperti aplikasi Go-Jek hanya saja tidak memiliki akses untuk pembayaran ride hailing. Saat ini Link Aja diketahui mulai bekerja sama dengan Go-Jek sehingga Go-Jek sekarang memiliki variasi pembayaran selain Go-Pay.

5, Jenius

Dan yang terakhir adalah Aplikasi digital bank Jenius yang mencatat pertumbuhan positif di tengah masyarakat indonesia. Sepanjang 2018, produk BTPN tersebut sudah memiliki 1,2 juta pengguna yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun Jenius menyediakan beberapa fitur yang menguntungkan, yaitu bebas biaya tarik tunai serta transfer antar bank masing-masing hingga 25 kali perbulan, bebas biaya administrasi, biaya pembukaan rekening dan penutupan rekening, saldo pertama, saldo minimum dan maximum, biaya transfer, dan biaya pembuatan kartu.

Nah, banyaknya pemain lokal di industri fintench indonesia menjadikan aplikasi lokal masih menjadi primadona untuk solusi cashless di indonesia. Berdasarkan data Q2 2019 dari App Annie, 5 besar aplikasi e wallet diatas dengan pengguna aktif bulanan terbanyak masih diduduki oleh mereka yang telah disebutkan tadi.

Sama aja seperti kita download aplikasi, Dompet digital lokal berhasil menduduki peringkat 5 teratas dengan Go-Pay di urutan pertama, Ovo di posisi kedua, diikuti Dana di peringkat ketiga, LinkAja peringkat Keempat dan yang terakhir adalah Jenius di peringkat kelima.

Dengan begini, sekarang Anda sudah mengetahui mengenai 5 Besar Aplikasi eWallet di Indonesia dan semua ini pastinya akan terus berkembang dan meningkat, dan tidak diketahui aplikasi mana yang akan menggeser peringkat dari urutan dompet digital terbaik dan paling banyak pengguna dari yang telah disebutkan diatas, tentunya ini akan terus berlanjut dan saling bersaing di era dompet digital.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More