BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

6 Rekomendasi Destinasi Wisata di Tawangmangu

Jika menyukai berwisata dengan udara pegunungan yang dingin, Anda bisa pilih Jawa tengah tepatnya di Kabupaten Tawangmangu. Tempat ini menyuguhkan banyak pilihan wisata dengan area perbukitan dan hutan, serta letaknya yang ada di lereng barat Gunung Lawu.

Rekomendasi Destinasi Wisata di Tawangmangu

Untuk tempat menginap, Anda juga tidak perlu khawatir karena terdapat banyak pilihan hotel di Tawangmangu untuk kebutuhan akomodasi.

Meski tidak sepopuler tempat-tempat wisata yang ada di Jawa, ternyata Tawangmangu punya banyak pilihan tempat wisata yang yang bernuansa keindahan alam. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di dataran tinggi ini.

1. Gunung Lawu

Rekomendasi pertama tentu saja ada Gunung Lawu yang tempatnya berada di tiga kabupaten sekaligus yaitu Karanganyar, Ngawi dan juga Magetan. Gunung ini berada di ketinggian 3.265 mdpl dan terdapat tiga gunung di dalamnya yakni hargo dalem, hargo dumilah dan hargo dumiling.

Gunung Lawu di bagian lerengnya memiliki beberapa pilihan tempat wisata seperti Telaga Sarangan. Selain itu, ketika naik ke puncak gunung Anda bisa menikmati pemandangan selayaknya terbang diatas awan. Namun pastikan saat mendaki gunung Lawu Anda sudah siap secara fisik dan mental, karena trek yang dilalui lebih sulit.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Jika menginginkan wisata di air terjun, Anda bisa mengunjungi air terjun Grojogan yang ada di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu ini memiliki beberapa titik air terjun di sekitaran grojogan namun yang tertinggi memiliki ketinggian 81 meter.

Di sekitaran air terjun, Anda juga bisa menikmati beberapa aktivitas seperti mandi di kolam renang dan mengunjungi taman satwa. Selain itu terdapat pula flying fox dan jembatan gantung. Dan jangan lupa untuk menikmati makanan khas Grojogan Sewu yakni sate kelinci dan sate ayam.

3. Air Terjun Pringgodani

Selain ke Grojogan Sewu jangan lupa mengunjungi air terjun Pringgodani. Tempat wisata ini berada di Desa Blumbang yang jaraknya 4 km dari Tawangmangu. Tempat ini selain menjadi tempat wisata juga sering digunakan oleh orang-orang untuk bertanya makannya juga dikenal dengan sebutan pertapa Pringgondani.

Tapi perlu diketahui untuk mencapai air terjun Anda harus berjalan kaki dulu sejauh 2 km dengan rute hutan dan jalan yang cukup curam. Selain menikmati air terjun Anda juga bisa melihat perkebunan wortel, kubis dan bawang disini. Anda juga bisa melihat desa-desa Karanganyar dan gunung berapi di sebelah barat air terjun.

4. Taman Wisata Balekambang

Taman wisata ini cukup populer di Tawangmangu. Salah satu keunikannya yaitu terdapat banyak miniatur keajaiban dunia sebagai latar berfoto yang keren. Untuk bisa berfoto di miniatur keajaiban dunia tersebut umumnya Anda harus membayar biaya tiket dengan harga terjangkau terlebih dahulu.

Anda juga bisa menikmati aktivitas berenang dan piknik bersama keluarga di Taman Wisata Balekambang ini. Untuk yang membawa anak-anak tersedia juga area playground. Lokasi wisata ini berada di Jalan Balaikambang, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu.

5. Kebun Teh Kemuning

Kalau Anda ingin menikmati wisata kebun teh, maka Tawangmangu punya Kebun Teh Kemuning. Tempat wisata ini gratis jadi sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata namun minim budget. Tapi tidak perlu khawatir masalah fasilitas yang ada di kebun teh karena cukup lengkap.

Seperti misalnya flying fox, paintball, berwisata sambil menyusuri sungai, menunggang kuda dan juga berenang. Lokasi wisata nya berada di Sumbersari, Kemuning Ngargoyoso.

6. Candi Sukuh

Wisata candi juga menjadi alternatif saat berkunjung ke Tawangmangu. Candi Sukuh merupakan sebuah candi Hindu yang dibangun pada akhir abad ke-15 Masehi. Candi Sukuh terletak di atas lahan seluas 5500 m2 yang terdiri dari tiga teras.

Dari luar, Anda bisa menemukan pintu masuk yang mengarah ke teras dan bangunan utama menghadap ke barat, candi ini memang cukup berbeda dengan candi khas Jawa tengah yang menghadap ke timur. Lokasi candi ada di Tambak, Berjo kecamatan Ngargoyoso.

Penutup

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di daerah Tawangmangu. Untuk yang ingin mengeksplorasi Tawangmangu dalam beberapa hari, dapatkan penawaran hotel terbaik hanya di Traveloka. Traveloka menghadirkan pilihan akomodasi terbaik di berbagai daerah di Indonesia.

Misalnya Anda sedang di Lembang, terdapat pula berbagai pilihan hotel di Lembang untuk Anda menginap baik sendirian, bersama pasangan maupun bersama keluarga. Traveloka, #TemanHidup untuk lifestyle-mu yang menyediakan clean accommodation, bisa bayar saat check-in, dan hotel online check-in. (ADV)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More