BloggerBorneo.Com
Blog ini membahas mengenai bisnis online, digital marketing, personal branding, dan akuntansi keuangan. Info kerjasama: 0811561982 (WA)

5 Alasan Menggunakan iPad untuk Mendukung Aktivitas Harian Anda

Pengalaman setahun menggunakan produk Apple yaitu laptop MacBook Air memberikan bukti nyata bahwa memang semua produk keluaran perusahaan berlambang buah apel keroak ini adalah produk berkualitas di kelasnya.

Alasan Menggunakan iPad

Selain produk kategori laptop, Apple juga memiliki produk untuk kategori smartphone dengan brand name iPhone dan tablet dengan brand name iPad. Blogger Borneo sendiri sudah pernah menggunakan iPhone 4S jauh hari sebelum merasakan keistimewaan MacBook Air.

Ada harga, ada rupa. Ketika kita membeli produk Apple maka Anda tidak hanya sekedar membeli produknya namun mendapatkan keistimewaannya. Siapa yang tidak kenal dengan Apple, apalagi para generasi milenial maupun generasi Z saat ini.

Secara khusus pada kesempatan ini Blogger Borneo akan membahas mengenai produk Apple untuk kategori tablet yaitu iPad. Jujur saya, untuk iPad Blogger Borneo sendiri belum pernah menggunakannya secara langsung. Jadi artikel ini ditulis berdasarkan beberapa referensi.

Memang jika dibandingkan dengan MacBook dan iPhone, iPad dapat dianggap kurang populer. iPad diciptakan oleh Apple sebagai pelengkap antara komputer dan telepon pintar. Produk ini punya layar sebesar monitor, namun memiliki fungsi seperti telepon pintar.

Sebenarnya bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi, iPad bisa dipilih sebagai pengganti Macbook untuk kategori laptop atau iPhone untuk kategori smartphone. Namun karena fungsinya hampir sama dengan iPhone, maka pengguna akan lebih memilih iPhone sebagai perangkat hariannya.

Baca Juga:   ROG Phone 5s Series, Memberikan Pengalaman Gaming Terbaik bagi Para Penggunanya di Indonesia

Berikut ini Blogger Borneo jabarkan mengenai 5 (lima) alasan menggunakan iPad, antara lain:

1. Harga Jual Lebih Murah

Meskipun memiliki ukuran dimensi layar lebih besar, ditenagai dengan chipset sama, dan didukung dengan apple pencil, ternyata harga iPad tidak lebih mahal dari iPhone. Jika harga iPad Pro 2020 (varian tertinggi) sekitar 15,5 juta rupiah, maka untuk iPhone 11 Pro Max harganya mencapai 19 juta rupiah.

Dari sisi varian, iPad tidak seperti iPhone yang tiap tahun meluncurkan seri lebih tinggi dengan harga cukup tinggi juga. Disini diambil contoh pada tahun 2015, Apple meluncurkan varian iPad Mini 4. Empat tahun kemudian tepatnya di tahun 2019, Apple baru merilis kembali varian iPad Mini 5.

2. Alternatif Pengganti Laptop

Jika laptop membutuhkan spesifikasi tinggi untuk dapat melakukan proses grafis, maka dengan iPad Anda tidak perlu kuatir dengan kemampuannya. Tidak perlu varian tertinggi, varian terendah iPad pun sudah dapat menggantikan fungsi umum penggunaan laptop.

iPad mampu melakukan proses editing video dengan format 4K, hal ini hanya bisa dilakukan oleh beberapa jenis laptop saja. Para profesional juga cenderung memilih iPad untuk mendukung aktivitasnya, seperti: membuat ilustrasi, desain grafis, dan sebagainya.

Banner 1

Indonesia WP Theme

Untuk aplikasi pendukung, App Store menyediakan semua aplikasi penunjang yang lengkap. Berbeda dengan iPhone, aplikasi yang ada di App Store iPad hanya mendukung iPad. Aplikasi-aplikasi ini dapat digunakan sebagai pengganti laptop untuk berbagai hal.

Baca Juga:   3 Keuntungan dari HP realme 9 Pro

3. Dukungan Chipset Handal

Apple dikenal dengan chipset buatan mereka sendiri yang dikenal sangat handal. Dengan dukungan chipset ini, iPad dapat digunakan untuk bermain game. Beberapa tim e-sports menjadikan iPad sebagai perangkat utama.

Dibandingkan iPhone, iPad memberikan kenyamanan dengan layar yang lebih besar dan kualitas grafik lebih baik. iPad juga kompatibel dengan joystick PS4, tentu saja ini akan memberikan pengalaman menyenangkan para penggunanya ketika bermain game.

Selain itu, iPad memiliki kemampuan multitasking. iPad memiliki fitur split layar yang memungkinkan pengguna tidak perlu berpindah aplikasi. Beberapa aplikasi bisa digunakan sekaligus dalam satu layar. Hal ini tentunya tidak bisa dilakukan di iPhone.

4. Ketersediaan Aksesoris Tambahan

Ketersediaan aksesoris tambahan untuk iPad lebih banyak ketimbang iPhone dan MacBook. iPad Pro 2020 bahkan bisa menggunakan aksesoris magic keyboard yang akan membuat pengguna memiliki pengalaman sangat mirip dengan Macbook.

Sekarang bagaimana dengan pengguna non-Pro series? Jangan khawatir karena banyak sekali aksesoris yang bisa dibeli. Pengguna bisa memilih aksesori baik keluaran Apple maupun pihak lain. iPad mendukung keyboard bluetooth berbagai merek dan harga yang bersaing.

Selain keyboard, tersedia juga aksesoris dalam bentuk Apple Pencil. Aksesoris ini sifatnya add on, memungkinkan para pengguna untuk memaksimalkan iPad mereka. Apple Pencil sering dipakai sebagai “pena” bagi orang-orang kreatif untuk mencatat, menggambar, dan mengedit.

Baca Juga:   S Pen Samsung Galaxy S22 Ultra 5G Berikan Kemudahan yang Tidak Didapat dari Smartphone Lain

Mengenai harga setiap aksesoris bervariasi tergantung merek dan kualitasnya, jika dirasa harganya terlalu mahal Anda bisa memilih aksesoris yang kompatibel dengan serinya.

5. Menghemat Penggunaan Kertas

Dengan menggunakan iPad maka Anda mendukung gerakan paperless (mengurangi penggunaan kertas). Salah satu fungsi iPad dapat dijadikan buku catatan yang handal dengan dukungan Apple Pencil untuk menulis.

Oleh karena itu, iPad juga cocok digunakan untuk merevisi tulisan-tulisan sehingga akan memudahkan dosen dan mahasiswa untuk menghemat kertas dan pengeluaran mencetak dokumen. Mahasiswa cukup mengirim file PDF yang kemudian bisa dicorat-coret sang dosen tanpa harus membuang kertas.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan proses konversi file dokumen dari word to pdf dan sebaliknya pdf to word secara online sehingga tidak perlu ribet lagi untuk mencetaknya.

Demikian tulisan mengenai 5 alasan menggunakan iPad untuk mendukung aktivitas harian Anda, semoga bermanfaat. (DW)

Sumber Mojok

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More