Asuransi Gigi Cover Pasang Behel?

Asuransi gigi seringkali dikategorikan sebagai manfaat tambahan atau rider dari asuransi kesehatan swasta. Untuk itu, saat Anda disarankan memakai kawat gigi, maka pastikan asuransi gigi yang dimiliki menanggung biaya perawatan secara keseluruhan.

Sebab, sebagian besar asuransi tidak memberikan benefit tersebut. Salah satu cara untuk mengetahui apakah produk proteksi kesehatan memberi perawatan kawat gigi, bisa cek asuransi kesehatan AIA.

Selain itu, Anda juga bisa cek biaya pasang behel di rumah sakit, karena ketika melakukannya di klinik dan di rumah sakit berbeda-beda.

Setiap asuransi, termasuk asuransi gigi, mempunyai benefit berbeda, dan biasanya produk proteksi ini mengklasifikasi dalam beberapa jenis perawatan.

Salah satu asuransi gigi AdMedika, misalnya, memberikan beberapa perawatan berikut ini:

Perawatan Dasar

Salah satu benefit yang diberikan, perawatan dasar berupa pencabutan gigi atau ekstraksi gigi susu, gigi permanen, dan gigi yang per-sistensi. Perawatan dasar lainnya termasuk tambal gigi, tumpatan, filling dengan bahan-bahan seperti komposit dan GIC (Glass Ionomer Cement).

Perawatan Pencegahan

Perawatan pencegahan adalah pembersihan karang gigi (scaling) dan fluoridasi.

Perawatan Perbaikan

Perawatan perbaikan mencakup crown, bridge dan jacket, uplay, onlay, dan inlay.

Perbaikan Kompleks

Adapun perawatan kompleks terdiri dari kasus odontektomi, aveoloktomi, apicoectomi, apicoreseksi, dan odontoma.

Perawatan Gusi

Untuk jenis perawatan gusi terdiri dari curatege gusi atau biasa disebut gingivektomi. Perawatan ini bertujuan mengobati penyakit gusi dan menghilangkan kantong gusi yang terbentuk ketika gusi terlepas dari gigi.

Adapun gingivektomi adalah prosedur pembedahan untuk mengangkat gingiva atau jaringan gusi.

Perawatan Gigi Palsu

Untuk Anda peserta asuransi AdMedika, maka ada dua jenis gigi tiruan yang bisa diperoleh, terdiri dari gigi tiruan sebagian lepasan dan gigi tiruan penuh. Anda dapat membaca jenis-jenis gigi tiruan di artikel ini.

Alternatif Pasang Behel

Untuk pasang kawat gigi, belum tentu ditanggung asuransi. Sebab, benefit ini kembali ke asuransi yang Anda dipakai.

Karena itu, Anda harus mengetahui jelas perawatan apa saja yang bisa menggunakan asuransi Anda dan berapa yang di-cover. Meskipun tidak termasuk ke dalam perawatan yang ditanggung oleh asuransi, Anda bisa menggunakan beberapa alternatif untuk menyeleraskan gigi.

Manfaat Memakai Kawat Gigi

Setelah mengetahui apakah asuranis meng-cover biaya pasang behel, tentu saja Anda wajib ketahui manfaat memakai kawat gigi:

1. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Pemakaian kawat gigi dapat mengatasi masalah ortodontik seperti gigi tidak rata, plak, gigi tidak beraturan, pola gigitan yang tidak benar, bakteri, penyakit gusi, dan sebagainya.

Selain akan menyelaraskan struktur gig dengan cara paling tepat, behel dapat meningkatkan kebersihan gigi.

2. Lindungi Gigi dari Kerusakan

Pola gigitan yang tidak rata atau masalah ortodontik lainnya berisiko lebih tinggi memiliki dampak berbahaya pada gigi, seperti gigi depan menonjol, dan kerusakan atau masalah gigi dini.

Karena itu, orang-orang yang mengalami hal tersebut membutuhkan perisai yang kuat untuk melindungi gigi. Pemakaian behel menjadi pelindung terhadap dampak buruk tersebut, dan sekaligus menjaga kesehatan gigi.

3. Ringankan Masalah Makan

Banyak orang menghadapi kesulitan mengunyah atau menggigit makanan karena masalah gigi yang tidak rata.

Jika kondisi itu tidak diperbaiki, maka akan menyebabkan masalah gizi dan pencernaan. Karena itu, Anda dapat memakai behel untuk menyelesaikan masalah makan.

4. Meningkatkan Estetika

Ini adalah pengetahuan yang umum bahwa kawat gigi dapat meningkatkan penampilan keseluruhan gigi Anda. Setelah gigi yang tidak rata dan tidak beraturan diperbaiki, hasilnya adalah senyum yang indah.

Itulah penjelasan mengenai biaya pasang kawat gigi apakah ditanggung asuransi dan manfaat memakai behel. Semoga bermanfaat! (ADV)