Indonesia Website Awards

Baru Mau Beli Mobil Bekas? Ketahui Dulu Tips Menentukan Oli Berkualitas

Image: News.Indotrading.Com

Tips Menentukan Oli Berkualitas

Untuk memiliki kendaraan mobil tentunya butuh menyediakan banyak uang sekalipun yang menjadi target adalah mobil bekas. Memang harganya lebih murah dibanding yang ada di dealer tetapi tetap saja harga jual mobil bekas masih terbilang tinggi biasanya dimulai dari puluhan sampai ratusan juta rupiah tergantung tipe dan kondisi kendaraan.

Belum lagi, calon pembeli tidak mengetahui pemakaian serta perawatan dari pemilik sebelumnya, maka penting sekali untuk dicek semua bagian baik dari luar sampai dalam. Dengan label bekas, itu artinya setiap orang yang tertarik beli mobil bekas harus tahu tentang risiko-risiko yang bisa saja terjadi.

Jika memang kondisinya kurang bagus karena ada beberapa kerusakan maka akan mengeluarkan dana lagi untuk memperbaiki semua itu. Maka itu, ada baiknya memilih kendaraan bekas yang memang sudah siap pakai dan tidak perlu keluar uang lagi.

Saat dicek, pastikan semua komponen sudah diinspeksi dan bisa diketahui keadaannya termasuk bagian mesin. Bagian ini menjadi komponen paling penting dibanding lainnya sehingga jika ada kendala atau terjadi gangguan pada mesin maka dana yang mesti dikeluarkan bisa lebih banyak lagi.

Baca Juga:   Misteri dan Keanehan dari Angka 11: Apa yang Membuatnya Begitu Istimewa?

Jika ada kerusakan pada mesin tentunya dikarenakan beberapa faktor terutama dari penggunaan oli yang sudah melewati umur pakai. Jika sudah melewati batas pemakaian, maka oli akan cepat kotor dan bisa langsung berdampak buruk pada kerja mesin.

Mulai dari tidak ada tenaga, akselerasi berat, dan biasanya ada suara yang agak kasar berasal dari mesini. Jadi penting untuk diketahui dan ditanyakan kepada penjual apakah sudah rutin ganti oli atau tidak. Berikut ini akan dijelaskan tips dalam menentukan oli yang berkualitas dan cocok untuk kebutuhan mobil.

Disesuaikan dengan Spesifikasi Kendaraan

Jika masih awam dalam menentukan oli yang cocok, maka sebaiknya cari buku manual dan baca isinya yang membahas tentang spesifikasi dan juga oli yang benar-benar cocok dengan mesin kendaraan. Tidak perlu mempertimbangkan sebuah merek oli, hal terpenting yaitu oli yang dibeli akan cocok dengan spesifikasi mesin.

Cek Kekentalan Oli

Tips selanjutnya adalah mencoba untuk cek kekentalan oli melalui kode yang ada di belakang produk. Ada jenis kode yang diawali dengan huruf SAE dan dilanjutkan dengan kode angka 15W-50 yang menunjukkan bahwa huruf besar W berarti Winter dengan kode SAE15 yang berarti cocok dengan kondisi dingin.

Baca Juga:   Toyota Terbaru, Mobil Sport Toyota FT 86 yang Menawan

Sedangkan SAE50 menunjukkan bahwa mesin juga bisa tetap bekerja dengan kondisi panas, hal ini penting untuk mengoptimalkan kerja mesin saat suhu sedang dingin atau saat panas.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada beberapa tips lagi dalam menentukan oli terbaik untuk mobil bekas yang baru dibeli nantinya. Jika sedang cari daftar mobil bekas yang kualitas oli mobil terjamin selama pemakaian sebelumny maka kunjungi saja platform mobbi.

Dahulu mempunyai nama mo88i tetapi sekarang sudah diubah menjadi mobbi dengan pelayanan yang lebih maksimal kepada para calon pembeli. Jadi langsung cari tahu tentang mobbi dari website atau bisa dengan aplikasi yang ada. (ADV)

RajaBackLink.com
Don`t copy text!