BloggerBorneo.Com
Belajar Bisnis, Manajemen Usaha, dan Akuntansi Keuangan

Mudah Belajar Menjadi Content Creator dengan Laptop ASUS 15 Inch

Belajar Menjadi Content Creator

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang terjadi dalam satu dasawarsa terakhir memberikan dampak sekaligus peluang bagi para pengguna internet di Indonesia yang saat sekarang ini banyak didominasi oleh Generasi Milenial dan Generasi Z.

Tips Anti Nganggur di Era Milenial sengaja Blogger Borneo pilih sebagai judul materi presentasi ketika pertama kali mengisi ke beberapa daerah penyelenggaraan kegiatan webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GLDN) di sepanjang bulan Juni 2021.

Alhamdulillah Blogger Borneo dipercaya untuk menjadi salah seorang narasumber nasional dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO) dan SiberKreasi mewakili Pengurus Wilayah Relawan TIK Indonesia.

Indonesia Makin Cakap Digital menjadi tema besar yang ingin dicapai oleh KEMKOMINFO melalui program GLDN yang rencananya akan dilaksanakan mulai dari bulan Juni sampai Desember 2021 dengan menyasar hampir seluruh wilayah Kabupaten dan Kota di Indonesia.

Dalam pemaparan pertama Blogger Borneo ingin memberikan gambaran bagaimana pergeseran era dari konvensional ke digital dalam kurun waktu satu dasawarsa terakhir telah menimbulkan dampak sekaligus peluang bagi para pengguna internet yang #MakinCakapDigital.

Menjadi Narasumber Nasional

Menjadi Narasumber Nasional Gerakan Literasi Digital
Image: SiberKreasi.Com

Pada hari Jum’at, 25 Juni 2021 Blogger Borneo mendapat jadwal untuk mengisi sesi webinar GNDL 2021 di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau untuk pertama kalinya. Sesuai kesepakatan dengan pihak panitia penyelenggara bahwa per narasumber diberikan waktu presentasi selama 20 menit.

Berusaha menyampaikan materi secara singkat dan padat tentu saja memberikan tantangan tersendiri karena target dari kegiatan GNLD ini adalah berupaya memberikan edukasi mengenai #LiterasiDigital dimana terdapat 4 (empat) pilar pokok didalamnya, antara lain: Digital Skills, Digital Ethic, Digital Culture, dan Digital Safety.

Jika diantara kawan-kawan ingin mengetahui informasi lengkap mengenai Gerakan Nasional Literasi Digital Tahun 2021 bisa membacanya melalui link artikel ini. Oh iya, berikut ini Blogger Borneo juga sertakan materi presentasi yang dibawakan dengan judul Tips Anti Nganggur di Era Milenial. Silahkan disimak slide demi slide pemaparannya.

Memang jika dicermati pada pemaparan materi presentasi diatas, Blogger Borneo hanya dapat menyampaikan gambaran secara umum mengenai salah satu jenis bidang pekerjaan baru yang muncul di era milenial yaitu CONTENT CREATOR dikarenakan waktu yang diberikan sangatlah terbatas.

Content Creator, sebuah istilah yang sepertinya saat sekarang ini sudah cukup sering terdengar di telinga kita. Dalam bahasa sederhananya, sama juga dengan Pencipta Konten. Konten sendiri didefisinikan sebagai informasi yang disampaikan dalam bentuk tulisan, audio, dan visual.

Kenal dengan ASUS Indonesia

“Bang, gimana sih caranya ngeblog?”

“Bang, dari ngeblog bisa dapat duit ga sih?”

“Bang, gimane kalau saye nak belajar menjadi content creator?”

“Apa rahasia bisa tetap eksis ngeblog sampai saat ini Bang?”

Dan sebenarnya masih banyak pertanyaan-pertanyaan sejenis yang dilontarkan ketika Blogger Borneo secara khusus diminta menyampaikan sharing pengalaman dalam setiap kegiatan secara offline maupun online yang bertemakan NGEBLOG.

The Three Blogger West Kalimantan at ASUS Beyond The Edge 2017
Image: Dok. Pribadi

Nah, bicara kisah Blogger Borneo belajar menjadi seorang content creator kurang lebih 13 tahun lalu tentu saja akan menjadi menarik untuk diulas secara lengkap karena siapa yang bakal mengira dalam perjalanannya selama ini banyak pengalaman nyata didapatkan dimana salah satu diantaranya adalah kenal dengan ASUS Indonesia.

Dokumentasi foto diatas merupakan momen dimana ketiga orang blogger dari Kalimantan Barat diundang untuk hadir dalam event ASUS The Beyond of Edge Tahun 2017. Ternyata menjadi seorang content creator itu cukup menyenangkan bukan dan tidak selamanya hasil pencapaiannya harus diukur berdasarkan nilai nominal semata.

Memang jika diperhatikan sejak Blogger Borneo menjadi salah seorang anggota Komunitas Blogger ASUS (BLUS) dari Kalimantan Barat, sudah banyak pencapaian didapatkan dalam bentuk produk smartphone maupun laptop. Dan Alhamdulillah berkat eksistensi belajar menjadi content creator selama ini telah memberikan banyak peluang kepada Blogger Borneo untuk mengembangkan potensi diri.

Belajar Menjadi Content Creator
Image: Dok. Pribadi

Penampakan foto diatas merupakan momen dimana Blogger Borneo belajar menjadi content creator membuat ulasan untuk salah satu jenis produk smartphone yang diluncurkan oleh ASUS yaitu ZenFone 4 Max Pro.

Modal Awal Belajar

Belajar menjadi content creator tidak harus dimulai ketika semua fasilitas sudah mendukung, dimulai dari smartphone dan laptop apa adanya sebenarnya sudah bisa mendukung selama niat Anda kuat untuk melangkah. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin tidak terlaksana selama Anda mau mencoba.

Mulai ngeblog dari bermodalkan komputer jadul Pentium II pembelian orang tua, mengetik naskah postingan kalimat demi kalimat menjadi susunan paragraf indah. Menyimpannya dalam sekeping floppy disk 3,5 inci dan kemudian membawanya ke warnet untuk dipublikasikan di blog. Jika melihat sekarang, sungguh terkenang pada saat itu.

Perlahan namun pasti, hape lama pun mulai dapat diganti dan satu unit laptop bisa dimiliki. Alhamdulillah kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil dan jika dilihat saat ini ternyata untuk mencapai mimpi-mimpi tidaklah sesulit satu dasawarsa lalu.

Perkembangan era milenial membuat proses belajar menjadi content creator semakin mudah dan leluasa karena sumber referensi pembelajaran sudah semakin banyak dan vendor penyedia perangkat juga sudah semakin banyak, salah satu diantaranya adalah ASUS.

ASUS VivoBook 15 A516

Laptop Content Creator ASUS 15 A516
Image: ASUS.Com

Dari beberapa tipe laptop yang dikeluarkan, ASUS baru saja mengeluarkan seri terbaru VivoBook 15 A516 yang jika dilihat dari spesifikasi teknisnya sesuai dengan kebutuhan siapa saja yang ingin belajar menjadi content creator.

Ukuran layar 15,6 inci dengan dukungan grafis dari NVIDIA® GeForce® MX330,2GB GDDR5 tentu saja akan membuat Anda semakin nyaman dan leluasa memproduksi konten dalam bentuk visual seperti foto dan video.

Konten akan semakin menarik ketika disertai adanya unsur suara dari teknologi audio SonicMaster with Cortana Support yang terpasang. Untuk kecepatan akses tidak perlu kuatir karena ASUS VivoBook 15 A516 tersedia dalam 3 (tiga) pilihan tipe prosesor, yaitu:

  • Intel® Celeron® N4020 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz)
  • Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
  • Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Pilihan Warna Laptop ASUS 15 A516
Image: ASUS.Com

Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Mendukung Aktivitas Harian

ASUS VivoBook 15 A516 memiliki ruang penyimpanan lebih lega karena bisa dipasang SSD dengan kapasitas 256GB dan FHD dengan kapasitas 1TB sekaligus. Menjadikan Anda tidak perlu repot harus sering melakukan backup file data berukuran besar.

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

Untuk aktivitas pendukung harian, Anda tidak perlu pusing untuk melakukan instalasi karena ASUS telah melengkapi VivoBook 15 A516 dengan paket Sistem Operasi dan Office lengkap yang asli sehingga aman dan dapat diupgrade kapan saja.

VivoBook A516 Mendukung Aktivitas Harian
Image: ASUS.Com

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.

Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

Fitur Port Tersedia

Di sisi kanan dan kiri ASUS VivoBook 15 A516 terdapat beberapa fitur port tambahan, antara lain:

  • 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
  • 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
  • 2x USB 2.0 Type-A
  • 1x HDMI 1.4
  • 1x 3.5mm Combo Audio Jack
  • 1x DC-in
  • Micro SD card reader (on selected model)

Dan juga tersedia slot tambahan, seperti:

  • 1x DDR4 SO-DIMM slot
  • 1x M.2 2280 PCIe 3.0×2
  • 1x STD 2.5” SATA HDD
Fasilitas Port Tersedia ASUS 15 A516
Image: ASUS.Com

Spesifikasi Umum:

  • Berat Total: 1,8 Kg
  • Kamera: VGA
  • Keyboard: Backlit Chiclet Keyboard with Num-key
  • Koneksi: Wi-Fi 5(802.11ac)+Bluetooth 4.1 (Dual band) 1*1
  • Baterai: 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
  • Dimensi: 36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm (14.18″ x 9.25″ x 0.78″ ~ 0.78″)
  • Keamanan: Fingerprint sensor intergrated with Touchpad
  • Bonus Paket: Backpack

Daftar Harga

Bagi yang berminat untuk menjadikan ASUS VivoBook 15 A516 untuk mendukung proses belajar menjadi content creator dapat melihat daftar harga terbarunya dibawah ini:

  • Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020 Processor/4G/256G PCIE+housing/HD/Office Pre-installed = Rp 5.299.000,-
  • Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020 Processor/4G/256G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed = Rp 5.399.000,-
  • Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/4G/1TB+256G PCIE/HD/Office Pre-installed = Rp 7.599.000,-
  • Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/4G/1TB+256G PCIE/FHD/Office Pre-installed = Rp 7.899.000,-
  • Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/MX330/4G/256G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed = Rp 7.799.000,-
  • Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/MX330/4G/512G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed = Rp 8.199.000,-
  • Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-1035G1 Processor/MX330/4G+4G/1TB+256G PCIE/FHD/Office Pre-installed = Rp 10.999.000,-
  • Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-1035G1 Processor/MX330/8G/1TB+256G PCIE/VIPS FHD/Office Pre-installed = Rp 11.099.000,-

Keterangan:

  • Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS – 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com.

Advertisement

Indonesia Website Awards