Menjadi Sukses adalah Impian, Menjadi Blogger adalah Pilihan.

Besok, Lebih Dari 20 Ribu Orang akan Pecahkan Rekor MURI Khataman Al-Quran Massal di Pontianak

Insya Allah esok hari, Pemerintah Kota Pontianak akan menggelar Khataman Al-Quran Massal. Dengan mengambil tempat di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, rencananya kegiatan ini akan diikuti oleh sekitar 15 ribu orang dari kalangan pelajar, santri, guru ngaji, dan masyarakat umum.

Khataman Al-Quran Massal (Image: LiputanIndonesiaNews.Com)

Setelah melalui proses persiapan cukup matang, Insya Allah besok Pemerintah Kota Pontianak akan menggelar Khataman Al-Qur’an Massal. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Masjid Raya Mujahidin Pontianak dan sesuai perkiraan awal akan diikuti oleh sekitar 15 ribu peserta dari kalangan pelajar (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA), Santri Pondok Pesantren, guru ngaji serta masyarakat umum. Kegiatan rencananya akan dicatat dalam rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Menurut informasi dilansir dari laman kalbar.kemenag.go.id, Jum’at (29/09/2017), kepastian pelaksanaan kegiatan ini disampaikan langsung oleh Penyuluh Fungsional Agama Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak Syarifah Azizah Lc yang ditemui satu hari sebelumnya. Syarifah Azizah yang juga merupakan salah satu pengurus LPTQ Kota Pontianak ini juga menyampaikan bahwa panitia telah melakukan rapat bersama pada hari Selasa, 19 September 2017 lalu. Rapat itu sendiri dihadiri langsung oleh Wali Kota Pontianak, H. Sutarmidji, SH. MH.

KHATAMAN AL-QURAN MASSAL

Lebih lanjut Syarifah Azizah mengatakan, turut hadir dalam rapat yang dilaksanakan di Aula Wali Kota Pontianak tersebut Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pontianak, Dr. H. Mulyadi beserta pengurus, Kepala Sekolah (SD/SMP/SMA/SMK), Kepala Madrasah (MI/MTS/MA), Pimpinan Pondok Pesantren, serta perwakilan Guru Ngaji Kota Pontianak.

Terkait kegiatan Khataman Al-Quran tersebut, Kementerian Agama Kota Pontianak melalui Seksi Pendidikan Madrasah telah membuat dan mengirim himbauan yang ditujukan kepada Kepala Madrasah se-Kota Pontianak agar bisa mengikutsertakan anak didiknya pada kegiatan tersebut. Alhamdulillah sejak pendaftaran dibuka mulai dari tanggal 25 September – 10 Oktober 2017, sudah lebih dari 20 ribu peserta yang telah memastikan diri untuk ikut serta.

JUMLAH PESERTA MELEBIHI TARGET

Update terbaru mengenai jumlah peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti kegiatan Khataman Al-Qur’an Massal ini diperoleh dari Ketua LPTQ Kota Pontianak, Dr. H. Mulyadi dan dimuat dalam pemberitaan di laman B-OneTV.ID, Jum’at (13/10/2017). Menurut informasinya, sampai per hari ini, sebanyak 27.649 peserta sudah siap untuk ikut serta dalam kegiatan ini. Para peserta ini berasal dari siswa SD/MI, SMP/MTs,SMA/SMK/MA se-Kota Pontianak.

Jika dilihat dari jumlah peserta yang dua tahun sebelumnya dipegang oleh Kabupaten Musirawas sebanyak 12.500 orang, maka pada tahun ini Insya Allah Kota Pontianak akan bisa mencatatkan kegiatan ini dalam MURI karena jumlah peserta yang akan mengikuti hampir dua kali lipatnya. Tak hanya akan mencatatkan rekor peserta terbanyak Khataman Al-Quran, kota Pontianak juga akan mencatat sejarah sebagai pemecah rekor pokok telok terbanyak yakni 2.500 pokok telok. Jumlah ini mengalahkan rekor yang pernah dicatat oleh Kabupaten Wonogiri sebanyak 2.025 pokok telok pada tahun 2015. (DW)

Referensi:

  • https://kalbar.kemenag.go.id/id/berita/khataman-alquran-massal-se-kota-pontianak-siap-pecahkan-rekor-muri
  • http://b-onetv.id/2017/10/13/besok-khataman-quran-massal-di-pontianak-digelar-jumlah-pesertanya-mencengangkan/

Leave A Reply

Your email address will not be published.