Blogger Nusantara Inspirasi Blogpreneur Indonesia

Sebuah gebrakan baru dibuat oleh GempurMedia dan ID Blog Network dengan menyelenggarakan sebuah kegiatan yang diberi nama Kopdar 1000 Blogger Nusantara. Sesuai namanya, sekitar 1000 blogger dari seluruh perwakilan daerah di nusantara ditargetkan akan hadir dalam event akbar ini.

Berbagai macam persiapan pun semakin gencar dilakukan terkait dengan deadline pelaksanaan kegiatan yang semakin dekat. Jika tidak ada halangan, Insya Allah Kopdar 1000 Blogger Nusantara akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 28-30 Oktober 2011, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Untuk peserta yang berasal dari daerah saya yaitu Kalimantan Barat, beberapa perwakilan dari Komunitas Blogger Pontianak kemungkinan besar akan berangkat ke Sidoarjo, tempat dimana kegiatan ini akan dilaksanakan. Pertimbangan jarak tempuh yang lumayan jauh antara Pontianak dan Surabaya menyebabkan kami harus menyesuaikan waktu dan jadwal keberangkatan.

Setidaknya untuk saat ini, kami sudah harus mulai melakukan koordinasi dengan pihak panitia penyelenggara mengenai teknis kegiatannya nanti seperti apa. Demi memastikan semua rencana yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan semestinya.

KOPDAR 1000 BLOGGER NUSANTARA

Bagi saya sendiri, rencana perjalanan ke event Kopdar 1000 Blogger Nusantara ini akan menjadi rencana perjalanan saya yang kesekian kalinya. Hanya dengan bermodalkan sebuah blog, saya telah merasakan indahnya pemandangan Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, ketika mengikuti event yang diselenggarakan oleh komunitas online borneo yaitu BorneoColours.Com.

Selain itu,  suasana keakraban yang cukup kental  juga pernah rasakan ketika saya menghadiri acara Amprokan Blogger Bekasi tahun lalu. Belum lagi undangan-undangan dari pihak-pihak lain seperti ICT Watch dan Relawan TIK Indonesia semakin menambah panjang daftar manfaat langsung yang saya peroleh dari aktivitas blogging selama ini.

Tidak terasa sudah tiga tahun berjalan, cukup banyak pengalaman yang saya dapatkan sejak menjadi seorang blogger. Mengawali aktivitas dengan masih berstatus sebagai blogger penulis pemula, saya terus belajar, belajar, dan belajar bagaimana cara menulis yang baik dan menarik. Proses panjang pun harus saya lewati demi mengejar sebuah tujuan yaitu menjadi Blogpreneur Indonesia.

Satu nilai penting yang saya dapatkan disini adalah untuk menjadi sukses, tidak bisa diperoleh secara instan. Tetap dibutuhkan sebuah proses yang terkadang waktunya tidak bisa kita tentukan cepat atau lambat, dan semuanya sangat dipengaruhi oleh konsistensi kita dalam mengerjakan sesuatu. Dan sudah menjadi hukum alam bahwa kesuksesan yang didapat secara instan, maka proses hilangnya juga akan terjadi secara instan juga.

Mungkin disini saya hanya ingin menunjukkan kepada teman-teman khususnya yang berasal dari daerah saya bahwa blogging sebenarnya dapat menjadi aktivitas alternatif yang dapat dilakukan, jadi tidak hanya sekedar facebook-an, gaming, chatting, dan lain-lain. Setidaknya dengan menjadi blogger mereka dapat lebih berkreasi dan berinovasi melalui sebuah tulisan atau apapun itu.

Dan seiring pemanfaatan media blog yang terus berkembang mengakibatkan saat ini terjadi perubahan fungsi blog dari yang awalnya hanya untuk menulis secara online, sekarang telah menjadi media promosi, publikasi, hiburan, dan lain-lain.

JUMLAH BLOGGER INDONESIA TAHUN 2011

Menurut data yang dapat dilihat melalui video #linimassa ICT Watch, sampai pertengahan tahun 2011 jumlah blogger di Indonesia sudah mencapai angka 2,7 juta. Dan saya kira untuk saat ini jumlah tersebut akan terus meningkat, seiring dengan edukasi-edukasi yang terus diberikan secara rutin oleh komunitas-komunitas online di Indonesia.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa sebenarnya dunia perbloggeran Indonesia terus bergerak secara positif, searah dengan pergerakan tren pengguna internet yang juga terus meningkat. Oleh karena itu, pembentukan sebuah wadah besar bagi tempat para blogger Indonesia berkumpul sudah menjadi keharusan. Dan jika dilihat, wacana pembentukan Blogger Nusantara adalah satu langkah yang tepat. Salut buat GempurMedia, salut buat ID Blog Network, dan salut buat para blogger Indonesia…

Di sisi lain, perkenalan saya dengan ID Blog Network (IBN) telah membuat perjalanan ngeblog saya mulai berubah kearah yang lebih profesional. Istilah kerennya biasa disebut sebagai BLOGPRENEUR yang merupakan kependekan dari  blogger entrepreneur. Ternyata usaha saya untuk terus belajar menulis melalui media blog selama tiga tahun terakhir mendapat respon yang positif dari IBN.

Buktinya sampai saat ini saya telah dua kali dipercaya  untuk mengerjakan tugas job review produk-produk terbaru klien mereka. Ya bisa dibilang ini kali pertama saya memperoleh penghasilan yang benar-benar berasal dari hasil tulisan saya sendiri. Sungguh beda sekali rasanya, sesuatu banget ya…

PENGHASILAN DARI NGEBLOG

Sebenarnya selain dari menulis, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan para blogger Indonesia untuk memperoleh penghasilan secara online. Beberapa diantaranya meliputi: Google Adsense, Paid to Click (PTC), Pay Per Action (PPA), Pay Per Click (PPC), Marketing Affiliates, Articles Review, dan lain-lain. Untuk definisi teknis mengenai masing-masing jenis aktivitas diatas, Mbah Google dengan senang hati akan membantu.

Ternyata ngeblog itu banyak sekali manfaatnya ya, mulai dari manfaat sosial hingga manfaat bisnis. Kalau dulu ada ungkapan yang mengatakan bahwa pendapatan hanya bisa diperoleh jika kita keluar rumah, sekarang ungkapan itu tidak berlaku lagi. Banyak kok blogger-blogger Indonesia yang penghasilannya diatas rata-rata, hanya dengan duduk didepan komputer dan tidak perlu keluar rumah. Cuma harus dipastikan juga jaringan internetnya terkoneksi dengan baik karena semua aktivitas online tetap dipengaruhi oleh hal itu.

Di akhir tulisan, saya ingin hanya ingin menegaskan bahwa sesuatu yang besar pastinya dimulai dari sebuah hal yang kecil. Sama seperti konsep Blogger Nusantara yang sedang disuarakan sekarang, secara jumlah 1000 itu adalah angka yang besar. Namun jika dibandingkan dengan jumlah blogger di Indonesia, angka tersebut belum ada apa-apanya.

Untuk sekarang mungkin hanya 1000 orang yang akan menjadi bagian dari Blogger Nusantara, namun jika ini terus dikembangkan dan dipertahankan bukan tidak mungkin seluruh blogger di Indonesia akan menjadi bagian dari Blogger Nusantara. Tetap semangat kawan-kawan, jalan panjang masih terbentang didepan kita. Salam sukses bagi seluruh Blogger Indonesia, keep spirit for blogging(DW)

You might also like
38 Komentar
  1. Natalius says

    Semoga menang kontes SEO nya bang…

    1. Dwi Wahyudi says

      Sip bro, aminnn…

  2. jarwadi says

    sukses deh buat blogpreneur indonesia dan blogger nusantara, salam yah buat kawan kawan blogger borneo 🙂

    1. Dwi Wahyudi says

      Oke bro, salam Insya Allah disampaikan. Salam sukses juga buat teman2 disana, keep spirit for blogging…

  3. jarwadi says

    eh iya semoga menang kontes seo dan mudah mudahan kita bisa bertemu di sidoarjo kelak di kopdar 1000 blogger 🙂

  4. giewahyudi says

    Kopdar blogger memang selalu istimewa, sampai jumpa ya..

  5. Borneo Adventurer says

    Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah kepulauan paling luas di dunia, dan itu juga yang menjadi alasan kenapa istilah Nusantara yang digunakan. Btw, kalau ada yang mau berpetualang di kawasan hutan Kalimantan atau Borneo bisa langsung menghubungi kami.

  6. muhammad azamsyah says

    salam kenal oom… dwi
    aku blogger baru neh

    1. Dwi Wahyudi says

      Iya dek azam, lam kenal balik juga yach… Btw, kok namanya mirip dengan pemain Ketika Cinta Bertasbih sih, hehehe… Trims

  7. gaptek says

    SMoga kita bisa bertemu,, sesama Blogger kalimantan

    1. Dwi Wahyudi says

      Wah, justru itu yang saya tunggu2 bro. Bs bertemu dgn sesama blogger kalimantan adalah sebuah pengalaman menarik yang paling saya impikan dari dulu. Insya Allah akan terwujud pada saat Kopdar 1000 Blogger Nusantara nanti di Sidoarjo. Trims…

  8. Nurul Imam says

    Semoga sukses di kontes Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia nya

  9. Ovcio says

    Wah keren juga nih blogger dari kalimanta, salam kenal aja dari sumatra…. 🙂

    1. Dwi Wahyudi says

      Salam kenal balik juga ya bro…

  10. Agus Roma says

    Informasi yang sangat berguna, salam dari blogger Makassar

  11. attayaya-nasikuning says

    iya yaaa kok mirip
    hihihihiii…
    Attayaya Zam = AZAM

    1. Dwi Wahyudi says

      Ooo… rupanya kepanjangannya itu to, hehehe…

  12. bisnis mahasisawa says

    salam kenal ya gan,ana dari bandung…mantap

    1. Dwi Wahyudi says

      Salam kenal balik bro, thanks udah berkunjung ya…

  13. irhamna says

    Wah… Kopdar 1000 Blogger Nusantara di sidoarjo
    Mudah2an banyak menginspirasi banyak orang ya… pastinya diri sendiri dan banyak orang
    suskes bang yudi…

  14. obinhut says

    kontes ya ?? semoga menang…. kalau bisa ajari saya bisnis online dong Pak !

  15. Eel Pecidasase says

    Menjadi Seorang blogger mempunyai kepuasan tersendiri.. selain itu juga mempunyai nilai tambah terutama dari segi ekonomi yah seperti di ketahui bahwa melalui blog bisa menjadi seorang berbisnis online. Selain itu ngeblog juga melatih seseorang untuk menulis begitu kata mas dwi ketika pertama kali saya mengikuti diskusi BELETER 🙂 selain itu ngeblog itu menjadi media utk promosi daerah kita sendiri. Banyak nya event yg di selenggarakan komunitas dari jakarta yg bekerja sama dg BELETER secara tdk lansung mengenalkan kota pontianak

    1. Dwi Wahyudi says

      Sip bro, perlahan namun pasti jaringan itu akan terbentuk dengan sendirinya. Asalkan kita tetap focus dan concern dengan apa yang sudah ditargetkan sejak awal.

  16. honeylizious says

    Semoga menang kontesny bang :). ngeblog memang tidak memberikan manfaat secara langsung dan instant. Apalagi jika niat awalny pengen mendapatkan uang tanpa ada kemauan untuk menulis. Padahal ngeblog bukan hanya soal uangnya. Masih banyak manfaat lain yang nilainya lebih besar dari uang. Tapi memang kita membutuhkan uang juga untuk ngeblog.

    Tapi ketika menjalankan kegiatan ini dengan niat yang tulus tnpa sadar byk hal2 berharga lain yang kita dapatkan. Peningkatan yang kita tak sadar seperti keterampilan menulis. Dapat banyak temen. Terkenal di dunia maya.

    Masih banyak manfaat lain yang tak bisa hani sebutkan satu-persatu.

    Salam jak buat Sidoarjo dan pemenang kopdarnya. 🙂

    1. Dwi Wahyudi says

      Nah ini dia jawaban seorang blogger sejati, tidak semata2 menjadikan uang sebagai target untuk menjadi seorang blogger. Kebutuhan materi itu manusiawi, cuma kalau harus berpatokan kepada materi dikuatirkan nantinya blognya malah jadi terbengkalai lagi. Sudah banyak kok contohnya, bener ngga? 🙂

  17. kodok says

    segala aktifitas blogging sangat mengasyikkan dan menyenangkan..maju terus blogger indonesia
    tuangkan kreatifitas yang ada dan positif

  18. Blog's Teguh says

    wooow perjalan ngeblognya begitu panjang ya…
    mari majukan blogger borneo khusus nya pontianak 😀
    sukses terus untuk kontes nya 😀

    1. Dwi Wahyudi says

      Amin bro, Komunitas Blogger Pontianak YESSS…

  19. Viapuccino says

    “Hanya dengan bermodalkan sebuah blog,…. ”

    sedikit COPAS mas, hehehe,
    kata2 ini nih, bikin oliv ingat pernah buat satus di FB,
    tentang pengen keliling indonesia,
    mas dgn enteng ny bilang nyuruh jd blogger aja,
    well kebukti kata2 itu,
    dengan blog….hanya blog, mas bisa kemana-mana…gratis…
    dan semakin ke sini, jadi makin semangat nge-blognya,
    wish…
    I can like you, be a great blogger….
    wait it!!!
    hehehe….
    semangat nge-blog semua :d

    1. Dwi Wahyudi says

      Itulah hukum tarik menarik sis, lebih dikenal dengan istilah The Law of Attraction. Satu hal yang harus ditekankan disini adalah PIKIRAN = AWAL MULA PERKATAAN dan PERKATAAN = AWAL MULA PERBUATAN. Jadi kalau memang mindset itu sudah ditanamkan sejak awal, Insya Allah suatu saat mindset itu akan terwujud dengan sendirinya.

  20. Farhan Bjm says

    semoga menang bro kontesnya, salam dr blogger banua (blogger banjarmasin) 🙂

    1. Dwi Wahyudi says

      Amin bro, salam kenal juga dari Blogger Pontianak…

  21. jack says

    ijin mengunjungi nih om…salam kenal…
    suatu kehormatan uda dikunjungi ama om Dwi nih selaku ketua Blogger Pontianak…
    sukses ya om….

    1. Dwi Wahyudi says

      Sama2 bro, tetap semangat ngeblog yach…

  22. Niee says

    Haiiii banggg… wah ini neh anggota beleter? Wah, aku udah lama ngeblog gak pernah ketemu sama blogger semama pontianak loh >.<

    Kalau ada kegiatan ikutan dong bang.. mau kenalan juga dengan anak2 blogger pontianak 😀
    titip twitter aku @iirni 😀

    1. Dwi Wahyudi says

      Hai juga, salam kenal yach… Btw, asli mana nih? Oh iya, kalau mau update info komunitas kita gabung aja di grup facebook Komunitas BELETER. Bakalan dapat kenalan banyak deh, hehehe… Trims

  23. fardan says

    pengen juga jadi blogpreneur .

    masih newbie ni kk

    1. Dwi Wahyudi says

      Insya Allah bisa, saya juga masih pemula kok jadi sama2 bisa belajar kan 🙂

Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More