Home Opini Blogger Nusantara Inspirasi Blogpreneur Indonesia

Blogger Nusantara Inspirasi Blogpreneur Indonesia

SHARE
Blogger Borneo Sedang Memberikan Pelatihan Blog di FAPERTA UNTAN 2015
Image: Dok. Pribadi

Berbagai macam persiapan pun semakin gencar dilakukan terkait dengan deadline pelaksanaan kegiatan yang semakin dekat. Jika tidak ada halangan, Insya Allah Kopdar 1000 Blogger Nusantara akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 28-30 Oktober 2011, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Untuk peserta yang berasal dari daerah saya yaitu Kalimantan Barat, beberapa perwakilan dari Komunitas Blogger Pontianak kemungkinan besar akan berangkat ke Sidoarjo, tempat dimana kegiatan ini akan dilaksanakan. Pertimbangan jarak tempuh yang lumayan jauh antara Pontianak dan Surabaya menyebabkan kami harus menyesuaikan waktu dan jadwal keberangkatan.

Setidaknya untuk saat ini, kami sudah harus mulai melakukan koordinasi dengan pihak panitia penyelenggara mengenai teknis kegiatannya nanti seperti apa. Demi memastikan semua rencana yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan semestinya.

KOPDAR 1000 BLOGGER NUSANTARA

Bagi saya sendiri, rencana perjalanan ke event Kopdar 1000 Blogger Nusantara ini akan menjadi rencana perjalanan saya yang kesekian kalinya. Hanya dengan bermodalkan sebuah blog, saya telah merasakan indahnya pemandangan Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, ketika mengikuti event yang diselenggarakan oleh komunitas online borneo yaitu BorneoColours.Com.

Selain itu,  suasana keakraban yang cukup kental  juga pernah rasakan ketika saya menghadiri acara Amprokan Blogger Bekasi tahun lalu. Belum lagi undangan-undangan dari pihak-pihak lain seperti ICT Watch dan Relawan TIK Indonesia semakin menambah panjang daftar manfaat langsung yang saya peroleh dari aktivitas blogging selama ini.

Tidak terasa sudah tiga tahun berjalan, cukup banyak pengalaman yang saya dapatkan sejak menjadi seorang blogger. Mengawali aktivitas dengan masih berstatus sebagai blogger penulis pemula, saya terus belajar, belajar, dan belajar bagaimana cara menulis yang baik dan menarik. Proses panjang pun harus saya lewati demi mengejar sebuah tujuan yaitu menjadi Blogpreneur Indonesia.

Satu nilai penting yang saya dapatkan disini adalah untuk menjadi sukses, tidak bisa diperoleh secara instan. Tetap dibutuhkan sebuah proses yang terkadang waktunya tidak bisa kita tentukan cepat atau lambat, dan semuanya sangat dipengaruhi oleh konsistensi kita dalam mengerjakan sesuatu. Dan sudah menjadi hukum alam bahwa kesuksesan yang didapat secara instan, maka proses hilangnya juga akan terjadi secara instan juga.

Mungkin disini saya hanya ingin menunjukkan kepada teman-teman khususnya yang berasal dari daerah saya bahwa blogging sebenarnya dapat menjadi aktivitas alternatif yang dapat dilakukan, jadi tidak hanya sekedar facebook-an, gaming, chatting, dan lain-lain. Setidaknya dengan menjadi blogger mereka dapat lebih berkreasi dan berinovasi melalui sebuah tulisan atau apapun itu.

Dan seiring pemanfaatan media blog yang terus berkembang mengakibatkan saat ini terjadi perubahan fungsi blog dari yang awalnya hanya untuk menulis secara online, sekarang telah menjadi media promosi, publikasi, hiburan, dan lain-lain.

JUMLAH BLOGGER INDONESIA TAHUN 2011

Menurut data yang dapat dilihat melalui video #linimassa ICT Watch, sampai pertengahan tahun 2011 jumlah blogger di Indonesia sudah mencapai angka 2,7 juta. Dan saya kira untuk saat ini jumlah tersebut akan terus meningkat, seiring dengan edukasi-edukasi yang terus diberikan secara rutin oleh komunitas-komunitas online di Indonesia.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa sebenarnya dunia perbloggeran Indonesia terus bergerak secara positif, searah dengan pergerakan tren pengguna internet yang juga terus meningkat. Oleh karena itu, pembentukan sebuah wadah besar bagi tempat para blogger Indonesia berkumpul sudah menjadi keharusan. Dan jika dilihat, wacana pembentukan Blogger Nusantara adalah satu langkah yang tepat. Salut buat GempurMedia, salut buat ID Blog Network, dan salut buat para blogger Indonesia…

Di sisi lain, perkenalan saya dengan ID Blog Network (IBN) telah membuat perjalanan ngeblog saya mulai berubah kearah yang lebih profesional. Istilah kerennya biasa disebut sebagai BLOGPRENEUR yang merupakan kependekan dari  blogger entrepreneur. Ternyata usaha saya untuk terus belajar menulis melalui media blog selama tiga tahun terakhir mendapat respon yang positif dari IBN.

Buktinya sampai saat ini saya telah dua kali dipercaya  untuk mengerjakan tugas job review produk-produk terbaru klien mereka. Ya bisa dibilang ini kali pertama saya memperoleh penghasilan yang benar-benar berasal dari hasil tulisan saya sendiri. Sungguh beda sekali rasanya, sesuatu banget ya…

PENGHASILAN DARI NGEBLOG

Sebenarnya selain dari menulis, masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan para blogger Indonesia untuk memperoleh penghasilan secara online. Beberapa diantaranya meliputi: Google Adsense, Paid to Click (PTC), Pay Per Action (PPA), Pay Per Click (PPC), Marketing Affiliates, Articles Review, dan lain-lain. Untuk definisi teknis mengenai masing-masing jenis aktivitas diatas, Mbah Google dengan senang hati akan membantu.

Ternyata ngeblog itu banyak sekali manfaatnya ya, mulai dari manfaat sosial hingga manfaat bisnis. Kalau dulu ada ungkapan yang mengatakan bahwa pendapatan hanya bisa diperoleh jika kita keluar rumah, sekarang ungkapan itu tidak berlaku lagi. Banyak kok blogger-blogger Indonesia yang penghasilannya diatas rata-rata, hanya dengan duduk didepan komputer dan tidak perlu keluar rumah. Cuma harus dipastikan juga jaringan internetnya terkoneksi dengan baik karena semua aktivitas online tetap dipengaruhi oleh hal itu.

Di akhir tulisan, saya ingin hanya ingin menegaskan bahwa sesuatu yang besar pastinya dimulai dari sebuah hal yang kecil. Sama seperti konsep Blogger Nusantara yang sedang disuarakan sekarang, secara jumlah 1000 itu adalah angka yang besar. Namun jika dibandingkan dengan jumlah blogger di Indonesia, angka tersebut belum ada apa-apanya.

Untuk sekarang mungkin hanya 1000 orang yang akan menjadi bagian dari Blogger Nusantara, namun jika ini terus dikembangkan dan dipertahankan bukan tidak mungkin seluruh blogger di Indonesia akan menjadi bagian dari Blogger Nusantara. Tetap semangat kawan-kawan, jalan panjang masih terbentang didepan kita. Salam sukses bagi seluruh Blogger Indonesia, keep spirit for blogging(DW)