Home Artikel Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine

Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine

Membuat blog jadi terkenal adalah impian setiap blogger yang ada dimuka bumi ini. Menjadi kebanggaan tersendiri jika bisa melihat blog kita dikunjungi oleh banyak orang, untuk itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Setelah sebelumnya saya menulis mengenai Cara Sederhana Menaikkan Trafik Blog dengan Blogwalking, kali ini saya akan menulis mengenai Cara Mendaftarkan Blog ke Search Engine (mesin pencari).  Hal ini dimaksudkan agar blog kita bisa terindeks dan terdaftar di beberapa search engine terkenal seperti Google, Yahoo, dan MSN karena pada umumnya para pengguna internet akan menggunakan jasa search engine tersebut untuk mencari informasi yang ingin diketahui. Jadi tunggu apalagi, mari kita buat blog kita menjadi terkenal.

Untuk dapat mendaftarkan blog kita pada search engine dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :

Search Engine Google

Nama search engine Google tentu sudah tidak asing lagi.  Google merupakan mesin pencari (search engine) terbesar dan terbaik saat ini. Agar blog kita muncul di mesin pencari ini, kita cukup melakukan pendaftaran dengan mengunjungi http://www.google.com/addurl. Selanjutnya silahkan isi form-form yang disediakan sesuai dengan data blog anda.

Search Engine Yahoo

Selain Google, nama search engine lain yang juga tidak asing lagi adalah Yahoo. Agar blog kita bisa terdaftar dan terindeks di mesin pencari ini, kita dapat mengunjungi . Silahkan lengkapi data-datanya sama seperti ketika kita mendaftarkan blog kita pada search engine Google tadi.

Search Engine BING

Search Engine BING ! Mungkin agak sedikit asing namanya karena dulu search engine ini bernama MSN. Search Engine Microsoft ini  cukup terbilang besar. Lakukan proses pendaftaran blog kita dialamat http://www.bing.com/docs/submit.aspx, lalu isi text sesuai gambar (untuk menghindari spam) kemudian masukan url/alamat blog anda.

Setelah proses pendaftaran selesai, lakukan ping ke blog Anda. Caranya cukup mudah, masuk saja ke Ping O Matic. Isikan data-data yang dibutuhkan seperti Blog Name, Blog Home Page, dan RSS URL (Optional). Beri tanda centang pada semua jenis layanan yang ada, kemudian klik Send Ping. Sekarang blog Anda sudah terdaftar dalam database search engine. (DW)